Dunia Medis

Ini 10 Fobia Unik di Dunia yang Perlu Kamu Ketahui, Pernah Mengalami?

Rasa takut merupakan hal yang wajar dan dimiliki setiap manusia. Akan tetapi, ada juga orang yang memiliki ketakutan luar biasa terhadap hal-hal yang biasa. Kita sering menyebutnya dengan istilah phobia atau fobia. Mau tahu, 10 fobia unik yang perlu diketahui sekarang ini?


10Triskaidesaphobia

phobiaaneh10

Angka 13 kerap dianggap sebagai salah satu angka keramat yang diklaim banyak negara sebagai angka sial. Tak heran jika banyak hotel maupun gedung yang menghilangkan lantai 13 dari daftar lantai mereka. Selain itu banyak film yang mengangkat angka 13 sebagai judul film horor. Seseorang yang memiliki ketakutan berlebihan terhadap angka 13 disebut memiliki fobia yang dinamakan Triskaidesaphobia. Bagi orang lain, lucu untuk mengetahui orang yang takut dengan angka ini. Padahal kalau dibawa logika, angka 13 sebenarnya tidak kenapa-kenapa kan?


9Globophobia

phobiaaneh9

Fobia kedua adalah Globophobia atau ketakutan berlebihan terhadap balon. Balon yang dikenal sebagai salah satu lambang bahagia dan merupakan obyek yang disukai anak-anak ini ternyata mampu menimbulkan ketakutan bagi sebagian orang. Biasanya, orang yang mengidap Globophobia akan merasa ketakutan ketika berada di tempat yang dikelilingi cukup banyak balon dan mereka akan merasa sangat takut ketika balon itu akan meledak.


8Ombrophia

phobiaaneh8

Hujan memiliki kekuatan untuk membangkitkan kenangan seseorang. Tidak heran banyak orang yang galau ketika hujan turun. Eits. Meskipun terkesan sendu, tapi hujan juga bisa jadi bencana bagi orang yang mengidapi Ombrophia atau ketakutan berlebihan terhadap hujan.


7Catoptrophobia

phobiaaneh7

Catoptrophobia merupakan ketakutan berlebihan dan tak wajar terhadap cermin. Jadi, mereka yang mengidap Catoptrophobia ini cenderung menghindari cermin karena memiliki masa lalu pengalaman buruk terhadap cermin. Terus, bagaimana kalau mereka butuh bercermin? Biasanya, pengidap Catoptrophobia akan menggunakan air sebagai media bercermin mereka.


6Urophobia

phobiaaneh6

Salah satu kebutuhan tubuh kita adalah membuang zat sisa dan racun melalui urin dan keringat. Tapi, ada lagi nih fobia unik yang mengindikasikan ketakutan berlebihan ketika akan buang air kecil. Mereka yang mengalami hal ini bisa jadi mengidap Urophobia atau ketakutan tak wajar untuk buang air keci. Lah, bagaimana sistem dalam tubuh bisa berjalan normal, dong ya?


5Cibophobia

phobiaaneh5

Makan memang salah satu bagian dari kebutuhan primer manusia. Lantas, bagaimana jika seseorang memiliki ketakutan berlebihan pada makanan? Yang jelas, bisa jadi dia mengidap Cibophobia. Ketakutan mereka bisa jadi karena para pengidapnya memprediksi hal-hal buruk ketika mereka makan seperti teracuni atau tersedak. Kalau tidak makan, ya bagaimana tubuh mendapatkan nutrisi ya?


4Pantophobia

phobiaaneh4

Jika bergerak adalah bagian dari kehidupan manusia, lantas bagaimana dengan orang yang mengidap fobia satu ini? Pantophobia adalah ketakutan tak wajar terhadap obyek yang bergerak. Lebih ditekankan, semua obyek yang bergerak. Mereka beranggapan bahwa obyek-obyek yang bergerak ini akan mengancam dan membuat mereka menderita.


3Iatrophobia

phobiaaneh3

Kalau sakit, kita berobat ke mana? Pasti ke dokter. Nah, kalau menderita Iatrophobia bagaimana dong? Iatrophobia adalah ketakutan berlebihan pada seseorang ketika menemui dokter. Phobia satu ini bahkan sudah merenggut nyawa satu orang bernama John Dart yang memilih mengakhiri hidupnya di tahun 2007 karena merasa mengidap kanker daripada harus disembuhkan dokter.


2Rypophobia

phobiaaneh2

Selain makan, kita juga butuh mandi. Nah, kamar mandi bisa jadi masalah besar bagi orang Trypophobiakarena mereka memiliki ketakutan tak wajar terhadap kamar mandi. Hal ini cenderung memicu orang untuk tidak melakukan hal di kamar mandi seperti mandi dan buang air besar. Hmm, tidak mandi mungkin masih sedikit oke, tapi kalau tidak buang air besar?


1Somniphobia

phobiaaneh1

Somniphobia adalah ketakutan tak wajar terhadap tidur. Penderitanya biasanya akan menuturkan bahwa mereka takut terjadi hal-hal buruk ketika mereka tidur karena pada saat itu jiwa sedang tak bersama raga. Akan tetapi, kebanyakan penderita Somniphobia akan lebih takut mengenai mimpi buruk yang mungkin mereka alami.


Bagi kita yang tidak mengidap fobia, penyakit semacam ini mungkin terkesan lucu. Well, bagi penderitanya, sesuatu yang mereka takutkan itu benar-benar membuat depresi. Jadi, kalau tahu teman kita salah satu penderitanya, jangan sengaja ditakut-takuti ya.

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.