Kuliner

Ini 10 Jenis Kopi Termahal yang Ada di Dunia

Sebagai minuman yang paling digemari di dunia, kenikmatan secangkir kopi di pagi dan sore hari memang tak tergantikan dengan apapun. Bahan baku minuman kopi berasal dari biji kopi pilihan yang memiliki keunikan berdasarkan kondisi daerah masing-masing. Tak heran jika kopi dari masing-masing negara berbeda satu dengan yang lain. Dari banyaknya kopi di dunia, berikut ini terangkum 10 jenis kopi termahal di dunia yang diakui kenikmatannya.


10Kopi Yauco Selecto AA dari Puerto Rico

kopitermahal10

Memiliki tekstur rasa yang ringan dan nikmat, kopi ini memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemar kopi. Harga yang ditawarkan pun cukup masuk akal untuk kopi senikmat ini yaitu $ 24/pon atau Rp 598 ribu/kg.


9Kopi Starbucks Rwanda Blue Bourbon dari Rwanda

kopitermahal9

Starbucks memperkenalkan jenis kopi ini ke berbagai negara ketika sedang berkunjung ke stasiun pencucian kopi tahun 2004 lalu. Harga komoditi kopi ini adalah $ 24/pon atau sekitar Rp 598 ribu/kg.


8Kopi Hawaii Kona dari Hawaii

kopitermahal8

Kopi ini digemari para wisatawan dan penduduk lokal di Hawaii. Tumbuh dan dibudidayakan di Mauna Loa dan lereng Hualalai, kopi ini memiliki rasa yang lembut dan sangat nikmat. Harga yang ditawarkan pun sesuai dengan kualitasnya yaitu $ 34/pon atau Rp 884 ribu/kg.


7Kopi Los Planes dari Citala, El Salvador

kopitermahal7

Kopi Los Planes menduduki peringkat kedua dalam penghargaan Excellence of Grand Prize tahun 2006 setelah kopi El Injerto. Kopi yang terkenal kenikmatannya ini dibanderol seharga $ 40/pon atau sekitar Rp 1 juta/kg. Harga yang normal mengingat kualitas dan rasa yang ditawarkan kopi spesial ini.


6Kopi Blue Mountain dari Wallenford Estate, Jamaika

kopitermahal6

Kopi ini tumbuh subur di daerah Blue Mountain, Jamaika. Kopi ini juga dikenal dengan rasanya yang ringan dan tingkat kepahitan cukup rendah. Lebih dari 80% kopi Blue Mountain diekspor hingga ke Jepang. Untuk bisa menikmatinya kamu harus membayar senilai $ 49/pon atau Rp 1,2 juta/kg.


5Kopi Fazenda Santa Ines dari Minas Gerais, Brasil

kopitermahal5

Kopi ini tumbuh subur dan dibudidayakan di daerah Minas Gerais, Brasil. Karena budidayanya yang masih mengusung konsep tradisional, tak heran jika kopi ini dinilai sebagai kopi paling mahal di dunia. Untuk menikmatinya kamu harus merogoh kocek senilai $ 50/pon atau sekitar Rp 1,3 juta/kg.


4Kopi El Injerto dari Huehuetenango, Guatemala

kopitermahal4

Kopi spesial ini berhasil mendapat penghargaan Excellence of Grand Prize pada tahun 2006. Sehingga rasa nikmat kopi ini sudah tidak diragukan lagi. Kopi dibanderol dengan harga $ 50/pon atau Rp 1,3 juta/kg.


3Kopi Pulau St. Helena dari St. Helena

kopitermahal3

Tumbuh di pulau St. Helena sekitar 1.200 km dari pantai Afrika, kopi ini sangat populer di tempat asalnya. Alasannya adalah karena Napoleon Bonaparte lah yang mengenalkan dan menaburkan benih kopi hingga tumbuh subur seperti saat ini. Kopi ini dijual seharga $ 79/pon atau Rp 2 juta/kg.


2Kopi Hacienda La Esmeralda dari Boquette, Panama

kopitermahal2

Ini adalah salah satu kopi yang khusus ditanam di daerah Boquette, Panama. Rasanya yang unik membuat banyak orang menyukainya. Keunikan lainnya adalah budidaya tanaman kopi yang ditanam di bawah pohon jambu tua. Kopi ini dibanderol dengan harga $ 104/pon atau sekitar Rp 2,7 juta/kg.


1Kopi Luwak Indonesia

kopitermahal1

Kopi luwak menempati urutan pertama sebagai kopi termahal di dunia. Hal ini tentu sebanding dengan kualitas kopi serta proses produknya yang memakan waktu lama dan dengan cara yang tidak biasa. Keunikan kopi ini adalah biji kopi yang sudah masak di pohon akan dimakan oleh hewan luwak, sedangkan luwak hanya mencari kopi yang memiliki kualitas terbaik.

Selanjutnya luwak akan mengeluarkan biji-biji kopi tersebut dari perutnya bersamaan dengan kotoran. Nah biji kopi inilah yang nanti akan dibersihkan dan diolah menjadi kopi luwak. Umumnya kopi luwak dibanderol dengan harga $ 160/pon atau sekitar Rp 4,1 juta/kg.


Itulah 10 jenis kopi termahal di dunia yang dikenal di berbagai belahan dunia. Lalu, jenis kopi apakah yang menjadi favoritmu?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
sahabat pelajar Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
sahabat pelajar
Guest
sahabat pelajar

kalau masalah kopi, indonesia nggak ada lawan, tapi anehnya untuk sertifikat peminum kopi malah amerika yang mengeluarkan.

error: Sorry