Budaya & Literatur

Ini 10 Majalah yang Pernah Eksis di Tahun ’90-an

Kalau boleh sombong sedikit, generasi 90an mungkin merupakan generasi yang terkeren. Bukan berarti yang lain tidak keren, namun melihat perkembangan zaman saat ini yang membuat kita terlalu fokus pada hasil pemikiran mengenai teknologi informasi dan komunikasi, sangat jarang kita tahu bahwa anak-anak, remaja, hingga dewasa tidak memegang atau menggunakan gadget mereka. Baik itu smartphone maupun laptop, semua orang kini seakan hidup dalam dunia maya, dunia yang mereka ciptakan sendiri. Interaksi dengan manusia nyata pun sangat minim. Berbeda dengan apa yang dialami oleh generasi 90an semasa sebelum tahun millennium.

Kegiatan anak dan remaja tahun 90an sangat variatif dan diisi oleh berbagai hal yang bisa dikatakan lebih bermanfaat. Acara televisi pun tidak didominasi sinetron manusia setengah hewan atau soal percintaan yang terlalu dini untuk dinikmati. Industri musik pun menyediakan space bagi penyanyi cilik untuk membawakan lagu yang ringan namun mendidik bagi anak-anak. Masih banyak lagi kegiatan yang dialami oleh generasi 90an, salah satunya adalah dengan membaca majalah. Meski generasi millennium bisa mengatakan bahwa internet yang tersambung pada gadget juga sama halnya dalam memberikan informasi secara lebih efisien dan efektif serta tidak membuang kertas, nostalgia generasi 90an terhadap sesuatu yang berbau kehidupan sebelum tahun millennium ini bisa dikatakan tidak terlupakan.

Nah, kangen dengan majalah anak generasi 90an? Untuk mengobati rasa rindu generasi 90an serta sebagai informasi bagi anak millennium, kita imak yuk daftar sepuluh majalah yang pernah eksis di tahun 90an berikut ini.


10Bobo

majalah90an10

Siapa generasi 90an yang tidak kenal dengan majalah satu ini? Mengusung kelinci sebagai tokoh utamanya, Majalah Bobo merupakan majalah edukatif yang memberikan hiburan sekaligus pendidikan yang secara implisit terdapat pada cerpen, puisi, komik, artikel, bahkan teka-teki silang. Majalah ini juga menjembatani para pembacanya yang ingin mendapat sahabat pena. Tokoh-tokoh lain yang juga terkenal dari Majalah Bobo adalah Paman Gembul, Bona, Rong-rong, Husin, Asta, Oki, dan Nirmala.


9Donal Bebek

majalah90an9

Selain Majalah Bobo, ada juga majalah anak-anak yang tidak kalah eksisnya, yaitu Majalah Donal Bebek. Majalah ini seakan menjadi bacaan wajib generasi 90an kala itu. Sama seperti Majalah Bobo, Majalah Donal Bebek juga menyimpan banyak cerita berupa komik yang ringan, menghibur, dan edukatif. Selain cerita juga ada permainan yang terdapat dalam Majalah Donal Bebek. Tokoh-tokoh lain yang ada di dalam majalah ini adalah Desi, Paman Gober, Kwak-Kwik-Kwek, Madam MicMac, Agus Angsa dan Nenek Bebek, serta masih banyak lagi tokoh lainnya.


8Mentari Putera Harapan

majalah90an8

Majalah satu ini juga terbit berkala. Bila Majalah Bobo dan Donal Bebek lebih banyak menghadirkan cerita dalam bentuk komik atau cerita bergambar, Majalah Mentari Putera Harapan lebih banyak menyodorkan cerita dalam bentuk tulisan panjang. Tidak ketinggalan majalah ini juga memberikan pengetahuan umum yang bermanfaat bagi para pembacanya. Tokoh yang terkenal dalam majalah ini adalah Abunawas dan tokoh komik Hamindalid Penyihir Kocak.


7Gadis

majalah90an7

Majalah satu ini merupakan salah satu majalah remaja kala tahun 90an. Majalah inilah yang menjadi perantara para selebriti kelas atas tanah air untuk memasuki jagad dunia hiburan. Maka tak heran bila saat itu sangat dikenal dengan sebutan Gadis Sampul yang merupakan pemilihan gadis cantik dan berbakat setiap tahunnya dan Majalah Gadis berhasil mengantarkan mereka sampai pada puncak popularitas kini. Sebut saja di antaranya ada Dian Sastro dan Astrid Tiar yang mengawali karirnya di dunia hiburan dengan menjadi Gadis Sampul.


6Hai

majalah90an6

Hampir setara dengan Majalah Gadis, Majalah Hai cukup terkenal bagi generasi 90an kala masih remaja. Majalah ini lebih banyak mengulas mengenai industri musik maupun hal yang sedang hit atau terkenal kala itu. Karena majalah lainnya sudah membahas mengenai bakat dan minat diri, maka Majalah Hai berorientasi pada pemaparan pengetahuan mengenaik musik maupun musisi. Majalah Hai ini masih bertahan hingga saat ini bahkan memiliki website untuk memajang majalah versi onlinenya. Ada yang masih berlangganan?


5Aneka Yess!

majalah90an5

Ada juga majalah lain yang tak kalah pamornya. Majalah Aneka Yess merupakan salah satu majalah yang diminati remaja 90an kala itu. Setiap ada selebriti yang sedang menjadi pembicaraan hangat, pasti akan menjadi cover Majalah Aneka Yess. Majalah ini tidak hanya memaparkan berita atau tips yang biasanya menjadi fokus industri majalah lainnya tetapi juga mengumpulkan remaja sebagai Cover Girl atau Cover Boy. Beberapa nama artis papan atas seperti Christian Sugiono, Titi Kamal, Dwi Andhika, dan Luna Maya merupakan artis didikan Aneka Yess. Wah hebat ya!


4Kawanku

majalah90an4

Tidak hanya eksis tahun 90an, majalah ini juga masih eksis hingga saat ini lho. Perbedaannya terletak pada covernya yang lebih cantik seiring dengan perkembangan teknologi yang lebih maju dan canggih. Majalah Kawanku sebenarnya terbit pertama kali tahun 1970 dan ditujukan untuk remaja putri. Dengan informasi mengenai artis dalam dan luar negeri, majalah ini sukses mencuri hati remaja generasi 90an. Ditambah bahasan lain mengenai fashion, tips cinta, bahkan terkadang memberikan bonus berupa poster artis maupun pin-up menjadikan Majalah Kawanku cukup eksis di kalangan remaja.


3Anita Cemerlang

majalah90an3

Lebih populer dengan sebutan Majalah Anita. Majalah ini terbit setiap bulan dan memberikan hiburan berupa kumpulan cerpen sejak tahun 1978. Segmen yang dirangkul oleh majalah ini adalah remaja dengan tema yang diusung menyesuaikan kehidupan mengenai remaja yakni jatuh cinta, putus, penantian, persahabatan, dan harapan. Sayangnya Majalah Anita harus berhenti terbit tahun 2000 akibat desakan kemunculan majalah baru yang mengusung tampilan yang lebih segar dan pada akhirnya minat terhadap Majalah Anita Cemerlang ini menurun.


2Mode

majalah90an2

Majalah yang satu ini mungkin agak berbeda dengan majalah lainnya yang cukup eksis tahun 90an berkat pendekatan terhadap remaja yang menyinggung kehidupan mereka. Majalah Mode lebih memberikan pendekatan konten berupa perkembangan fashion yang terjadi setiap waktu. Tak hanya untuk urusan baju, Majalah Mode juga memberikan informasi cukup lengkap mengenai model rambut yang sedang hit kala itu.


1Popular

majalah90an1

Nah, majalah satu ini mungkin bisa dikatakan tidak untuk anak-anak maupun remaja namun lebih menyinggung pada dewasa muda. Majalah Popular lebih terkenal dengan kontennya yang menyediakan informasi mengenai selebriti yang sedang menjadi pembicaraan hangat kala itu dan juga informasi pendukung mengenai musik, baik itu musisi maupun musik itu sendiri. Bila sebelumnya majalah yang eksis itu ditujukan untuk pembaca remaja putri, Majalah Popular lebih merangkul kepada pembaca putra.


Bagaimana? Sudah ingat lagi dengan kenangan era 90an? Beberapa di antaranya menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan membuka website sehingga pembaca bisa membacanya via online namun juga tak sedikit yang akhirnya berhenti terbit akibat tidak kuat menahan arus terbitnya majalah baru yang lebih segar dan diminati oleh pembaca masa kini. Anda, lebih suka yang mana?

Disclaimer: Gambar yang terdapat dalam artikel ini diambil dari berbagai sumber. Jika Anda suka artikel ini, mari dukung kami dengan like dan share ke teman Anda.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

5
Leave a Reply

avatar
3 Comment threads
2 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
4 Comment authors
FirdianTentikHoney Buns JinxMang Uguh Setiadi Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Mang Uguh Setiadi
Guest
Mang Uguh Setiadi

Mangle juga ada 😀

Tentik
Guest

Oh ya hahaha nostalgia deh

Honey Buns Jinx
Guest
Honey Buns Jinx

Bobo, donal nenek, gadis bahkan sudah eksis awal tahun 80an

Tentik
Guest

Betul sekali, makasih masukannya 🙂

Firdian
Guest
Firdian

Kawanku sdh almarhum

error: Sorry