Dunia Medis Kuliner

Ini 10 Makanan dengan Kandungan Protein Paling Tinggi

Salah satu kandungan gizi yang diperlukan tubuh kita dan didapat dari asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi adalah protein. Protein merupakan zat yang dikenal sebagai pembangun tubuh dan pendorong metabolisme. Protein bisa berfungsi sebagai enzim yang merupakan katalisator atau mempercepat reaksi biologis dalam tubuh kita, bisa juga berperan dalam pembentukan sel darah merah, serta membantu mengangkut oksigen dalam eritrosit. Dari mana saja kita bisa mendapatkan protein? 10 makanan dengan kandungan protein paling tinggi ini kami rekomendasikan agar dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh.


10Daging (Ikan, Ayam, Sapi, Domba)

Inilah sumber makanan yang dikenal mengandung protein paling tinggi di antara bahan makanan lainnya. Di antara semua daging yang disebutkan, per 100 gram daging yang memiliki kandungan protein paling tinggi adalah daging sapi dengan kandungan 25 hingga 36 gram protein per 100 gram daging sapi. Namun perlu diingat juga bahwa dalam ukuran yang sama terkandung 7 hingga 25 gram lemak.


9Ikan tuna

Alternatif kedua untuk mencukupi kebutuhan protein adalah dengan mengonsumsi ikan tuna yang dikenal memiliki 29 gram protein per 100 gram daging ikan tuna. Ikan inilah yang disebut-sebut sebagai ikan laut terbaik karena memiliki daging berwarna merah dan putih serta sumber asam lemak omega 3 yang paling baik.


8Telur

Selain daging, telur ayam juga dikenal memiliki kandungan protein cukup tinggi. Terutama di bagian putih telurnya, kandungan protein dalam 100 gram telur bisa mencapai 12.6 gram. Kabar baiknya, kandungan protein dalam telur dikenal sebagai protein yang paling mudah dicerna dan bahkan hampir tak terdapat lemak tak jenuh di dalamnya.


7Keju

Penuhi nutrisi sambil makan enak? Coba keju! Ada 21 gram protein setiap 100 gram keju yang kamu santap setiap harinya. Selain kaya akan protein, keju yang merupakan produk olahan susu juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 200 miligram pada setiap 100 gram keju.


6Gandum

Kata siapa protein hanya bisa didapatkan dari daging dan telur? Gandum juga dikenal memiliki kandungan protein yang diperlukan tubuh, lho. Bahkan kandungan protein dalam 100 gram gandum bisa lebih tinggi daripada kandungan protein dalam 100 gram telur, yakni mencapai 16,9 gram. Tidak hanya protein, gandum juga mengandung banyak nutrisi dan gizi yang diperlukan tubuh seperti vitamin B1, B2, zat besi, fosfor, juga magnesium.


5Bayam

Sayuran yang dikenal memiliki kandungan protein tinggi adalah bayam. Makanan kesukaan Popeye ini juga wajib kamu santap setiap harinya guna memenuhi kebutuhan protein harian. Untuk setiap 100 gram bayam, ada 2.9 gram protein yang diperlukan tubuh.


4Kacang kedelai

Mengapa camilan sehat selalu menggunakan bahan utama kedelai? Karena bahan makanan satu ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, yakni mencapai 36.49 gram protein dalam 100 gram kacang kedelai. Protein yang terkandung dalam kacang kedelai bahkan diklaim lebih baik dibandingkan dengan protein dari bahan makanan hewani.


3Almond

Almond juga dikenal sebagai sumber protein yang tak kalah ampuhnya, karena di dalam 100 gram almond diketahui ada 21.22 gram protein. Jadi, bukan hanya kaya akan vitamin E dan B, almond juga dikenal kaya akan protein dan zat gizi lain seperti magnesium, kalsium, hingga kalium.


2Kacang polong

Kategori sayuran yang dikenal memiliki kandungan protein cukup tinggi selain bayam adalah kacang polong. Bahan makanan satu ini bahkan memiliki kandungan protein yang melebihi kandungan protein dalam almond, yakni sebanyak 25 gram dalam 100 gram kacang polong.


1Biji bunga matahari

Meski tak banyak dikenal dan dikonsumsi masyarakat kita, nyatanya biji bunga matahari memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yakni mencapai 20.78 gram setiap 100 gram biji bunga matahari. Hobi makan kwaci? Coba deh sekarang ganti dengan biji bunga matahari asli.


Masih banyak lagi makanan yang mengandung protein tinggi yang diperlukan tubuh. Mudah untuk mendapatkannya dan tinggal bagaimana kita menerapkan pola hidup sehat termasuk untuk mengonsumsi protein dalam jumlah cukup.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of