Dunia Medis

Ini 10 Obat Batuk Tradisional Paling Manjur yang Bisa Dicoba

Batuk merupakan salah satu penyakit umum yang paling sering menyerang siapa saja, baik anak kecil, remaja, maupun orang dewasa. Terutama jika kamu sedang mengalami musim pancaroba maupun musim hujan, ditambah lagi dengan aktivitas yang padat. Apapun jenis batuknya, penyakit ini tentu akan mengganggu aktivitasmu. Kamu tidak akan merasa nyaman saat melakukan aktivitas, bahkan saat beristirahat juga tidak nyaman.

Secara umum, batuk terjadi karena ada sebuah benda asing seperti debu atau kuman yang merangsang selaput lendir di tenggorokan. Benda asing tersebut ingin dikeluarkan oleh tubuh, sehingga rasa gatal pun muncul, batuk pun akhirnya muncul. Untuk menghilangkan penyakit batuk, ada berbagai obat batuk yang bisa diminum. Namun sebenarnya mengobati batuk secara alami lebih baik dibandingkan meminum obat batuk, baik tablet maupun sirup. Selain lebih aman, obat batuk secara tradisional juga tidak membutuhkan biaya yang mahal. Berikut ini 10 obat batuk tradisional yang bisa kamu coba.


10Jeruk nipis

Sejak dahulu bukan rahasia lagi jika jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk. Jeruk nipis bisa menghilangkan batuk berdahak. Kamu bisa mencampurkan jeruk nipis dengan satu sendok kecap manis. Namun jika tidak suka kecap, kamu bisa menggantinya dengan madu. Supaya lebih cepat sembuh, kamu harus meminum campuran jeruk nipis dan madu ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.


9Jahe

Obat batuk tradisional yang kedua adalah jahe. Jahe mengandung zat anti-bakteri yang baik bagi tubuh, sehingga bisa mengobati batuk berdahak. Kamu bisa mengonsumsi wedang jahe, paling tidak satu kali dalam sehari. Bisa juga langsung memasukkan jahe ke dalam minuman, misalnya ke dalam teh hangat.


8Daun sirih

Daun sirih juga dikatakan mampu menyembuhkan batuk berdahak. Caranya cukup mudah, rebus daun sirih dengan beberapa irisan jahe. Kemudian minum air rebusan daun sirih dan jahe sebanyak satu kali dalam sehari.


7Belimbing wuluh

Buah yang satu ini memiliki rasa asam, sehingga biasanya dimanfaatkan sebagai bahan utama sayur asam atau manisan. Namun khasiatnya cukup ampuh menyembuhkan batuk. Kamu bisa memarut belimbing wuluh, kemudian masukkan parutan tersebut ke dalam segelas air. Tambahkan sedikit garam, lalu saring dan buang ampasnya. Minum hasil saringan tersebut sebanyak dua kali sehari.


6Kunyit

Kunyit mengandung banyak anti-biotik di dalamnya yang mampu mengatasi peradangan saluran pernafasan yang biasanya menyebabkan batuk kering. Jika ingin memanfaatkan kunyit sebagai obat batuk, kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit dan bubuk merica ke dalam air mendidih. Minum ramuan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.


5Cabai Jawa

Mungkin terdengar agak sedikit mengejutkan. Namun cabai jawa memang bisa digunakan sebagai obat batuk. Tumbuk cabai jawa keriting hingga halus, kemudian campurkan dengan madu. Minum secara rutin sebanyak satu kali dalam sehari.


4Daun kayu putih

Selain bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, ternyata kayu putih juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit batuk. Rebus daun kayu putih di dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Kemudian minum air rebusan tersebut selagi hangat.


3Jahe merah

Untuk mengobati batuk kering, kamu bisa menggunakan jahe merah. Cara membuatnya cukup mudah, kupas jahe merah hingga bersih. Kemudian kunyah jahe tersebut, telan airnya namun ampasnya dibuang.


2Asam Jawa dan Gula Merah

Selain berguna sebagai pelezat masakan, perpaduan antara asam jawa dan gula merah juga bisa mengobati sakit batuk. Persiapkan 10 daging buah asam jawa, kemudian seduh dengan segelas air panas, dan tambahkan dengan gula merah secukupnya. Campur dan aduk seluruh bahan hingga rata. Jika sudah rata, minum selagi hangat.


1Kencur

Kencur terbukti efektif menyembuhkan batuk jika dicampurkan dengan jahe. Parut kencur dan jahe hingga halus. Setelah halus, campurkan keduanya hingga merata. Rebus campuran tersebut pada segelas air mendidih. Setelah mendidih, saring dan buang ampasnya. Minum hasil rebusan tersebut selagi hangat.


Beberapa bahan-bahan tradisional di atas bisa kamu manfaatkan sebagai obat batuk. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli obat. Selain itu, cara mengolahnya pun cukup mudah. Ikuti seluruh petunjuk pengolahan di atas agar sakit batukmu cepat hilang.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!