Budaya & Literatur Dunia & Peristiwa

Ini 10 Seragam Sekolah Terbaik di Dunia, Indonesia Masuk Nggak Ya?

Setiap sekolah di berbagai negara punya ciri khas seragamnya masing-masing. Ada negara yang memainkan warna-warna kalem, ada juga yang memiliki rancangan unik dan lucu. Hal ini memantik orang untuk mengamati seragam yang digunakan di berbagai belahan dunia. Hasilnya, dipilihlah beberapa negara dengan seragam terunik. Theverybesttop10 mengkategorikannya ke dalam 10 ranking. Negara mana saja yang masuk?


10Uzbekistan

Negara ini punya jumlah penduduk usia produktif yang besar, bahkan mendominasi. Sekitar 60 persen masyarakatnya berusia di bawah 25 tahun. Karena itu, tak heran sekolah-sekolah di sana punya murid yang sangat banyak. Jumlah anak muda yang melampaui jumlah orangtua membuat aspirasi mereka, termasuk soal warna seragam, tertampung. Akhirnya, dipilihlah warna biru atau ungu yang merepresentasikan jiwa muda.


9Mexico

Mungkin satu-satunya negara yang memilih warna hijau untuk seragam wajib hanya Mexico. Tak banyak negara yang berani “mengambil risiko” dengan memilih warna seragam yang terlalu mencolok. Bahkan seragam itu dipakai untuk perempuan dan laki-laki, tak ada bedanya.


8Ghana

Tingkat kemiskinan di Ghana cukup tinggi. Mengingat kondisi itu, sejatinya masyarakat tak perlu memaksakan memakai seragam untuk sekolah. Namun, dengan daya dan upaya, mereka mampu merancang seragam yang sederhana, tak memakan banyak biaya, tapi terlihat elegan. Orang yang memakainya tak terlihat seperti orang berkekurangan.


7Bhutan

Sederhana, indah dan kaya akan nilai budaya. Tiga kata itu adalah kata-kata terbaik yang tepat dipilih untuk menggambarkan warisan nenek moyang penduduk Bhutan ini.


6Vietnam

Kain putih-putih yang menutupi tubuh hingga mata kaki biasanya digunakan banyak orang untuk sembahyang. Namun, di Vietnam, buat sekolah. Dan ternyata itu adalah seragam yang diandalkan.


5Shanghai

Entah mengapa, warna seragam yang gelap dengan kerah unik serta rok lebar untuk perempuan dan atasan yang lucu untuk pria menngingatkan kita dengan film Boboho. Tas yang mereka gunakan juga serupa, rapi, namun tak sama.


4Jerman

Anak-anak kecil memakai blazer merah untuk sekolah. Mereka terlihat jauh lebih intelek, pandai dan eksklusif.


3Sri Lanka

Yang membikin unik adalah dasinya yang menyerupai dasi orang-orang kantoran: memiliki corak garis-garis dan berwarna ngejreng.


2Jepang

Di mana pun, seragam Jepang selalu menyedot perhatian publik. Rancangannya yang stylist, potongan yang rapi, serta aksesori yang menggenapi membikin tampilan anak sekolah selalu terlihat modis.


1Indonesia

Hanya di Indonesia seluruh penduduk dengan level pendidikan yang sama, dalam hal ini SD, mengenakan pakaian yang egaliter: warna, bentuk, dan desainnya sepadan. Warna seragamnya pun terinspirasi bendera Indonesia, merah dan putih. Baik laki-laki maupun perempuan memakai warna yang sama, bentuk yang sama, tak dibeda-bedakan.


Bagaimana menurut kalian? Mana yang terbaik? Hebat ya Indonesia menjadi salah satu negara dengan seragam sekolah terbaik di dunia.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry