Bisnis, Fashion & Hobby

Ini 10 Startup di Indonesia yang Dipimpin Oleh Wanita!

Mungkin sebagian orang masih belum memahami apa itu startup. Startup merupakan istilah yang diserap dalam Bahasa Inggris, artinya sebuah tindakan atau proses untuk memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis. Namun startup merujuk kepada perusahaan yang belum lama didirikan alias belum lama beroperasi. Sebagian besar perusahaan-perusahaan ini berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebuah perusahaan baru yang masih berada dalam tahap pengembangan biasanya dipimpin oleh kaum adam. Bahkan sebagian besar anggota timnya banyak didominasi oleh para pria. Tapi ternyata tidak sepenuhnya posisi di startup selalu dipenuhi dengan pria. Bahkan di Indonesia saja sudah banyak sosok-sosok wanita hebat yang berhasil menembus dunia startup dengan ide-ide brilian mereka. Siapa saja wanita-wanita itu?


10Catherine Hindra Sutjahyo

enterpreneurwanitaindo10

Kamu tahu Zalora kan? Situs e-commerce fashion online yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi didengar. Catherine merupakan wanita kreatif yang ada di balik kesuksesan Zalora. Secara resmi, Zalora beroperasi di Indonesia pada tahun 2012. Demi Zalora, ia rela melepaskan pekerjaannya di McKinsey & Company.


9Claudia Wijaya dan Yenti Elizabeth

enterpreneurwanitaindo9

Wanita memang tidak pernah lepas dari urusan fashion. Selain Zalora, ada juga e-commerce fashion online lain seperti BerryBenka. Awalnya BerryBenka hanya toko online kecil-kecilan yang dirintis oleh Claudia dan Yenti pada tahun 2011. Namun setelah mengalami pengembangan yang cukup pesat, akhirnya mereka berinovasi menjadi e-commerce yang menyediakan berbagai macam kebutuhan wanita dan pria yang menunjang penampilan.


8Cynthia Tenggara

enterpreneurwanitaindo8

Sudah pernah mendengar Berrykitchen? Kalau kamu lagi butuh jasa katering untuk para karyawan, mungkin Berrykitchen bisa jadi solusinya. Berrykitchen merupakan layanan pengiriman makan siang bagi para pekerja kantoran. Katering modern ini dipimpin oleh seorang wanita muda bernama Cynthia Tenggara. Saat ini Berrykitchen telah dipercaya para investor.


7Diajeng Lestari

enterpreneurwanitaindo7

Diajang Lestari meluncurkan situs e-commerce fashion online yang berkonsentrasi pada penjualan pakaian serta aksesoris wanita muslim pada tahun 2011. E-commerce yang unik ini melangkah ke pasar internasional pada tahun 2016 ini.


6Aulia Halimatussadiah

enterpreneurwanitaindo6

Aulia Halimatussadiah atau Ollie ini mengembangkan bisnis dalam bidang literatur. Ia mendirikan Nulisbuku.com yang merupakan wadah bagi para penulis untuk mempublikasikan tulisan mereka secara mandiri. Ollie telah memulai bisnis ini sejak tahun 2006, padahal masa itu internet masih jarang digunakan oleh masyarakat awam.


5Hanifa Ambadar

enterpreneurwanitaindo5

Hanifa merupakan pendiri dari Female Daily. Awalnya ia memulai usahanya hanya dari sebuah blog pribadi di tahun 2005. Seiring berjalannya waktu, bisnisnya pun mulai bertumbuh menjadi sebuah komunitas wanita yang interaktif. Website FemaleDaily.com berisi berbagai macam ulasan produk dari anggota komunitas Female Daily. Penggunanya juga bisa menuliskan ulasan mengenai produk yang digunakan.


4Veronika Linardi

enterpreneurwanitaindo4

Qerja merupakan salah satu situs pencari kerja yang memiliki keunikan tersendiri, yaitu para karyawan bisa saling bertukar data secara anonim. Data yang disajikan berupa informasi mengenai gaji di perusahaan-perusahaan Indonesia. Veronika Linardi lah orang dibalik berdirinya website ini. Ia memiliki pengalaman dalam bidang SDM. Tak hanya itu saja, Veronikan juga mempunyai perusahaan perekrutan kerja sendiri sejak 2006, yaitu Linardi Associates.


3Nabilah Alsagoff

enterpreneurwanitaindo3

Nabilah Alsagoff merupakan wanita yang mendirikan Doku, sebuah startup yang menyediakan wadah pembayaran online secara mudah dan aman. Bisnis ini pun disambut hangat oleh banyak perusahaan di Indonesia dan Asia, seperti Sinar Mas dan Air Asia. Awal mulanya sebelum mendirikan Doku, Nabilah bekerja di Kementerian Pariwisata Indonesia. Namun ia meninggalkan pekerjaannya untuk mendirikan Doku.


2Donna Lesmana

enterpreneurwanitaindo2

Startup yang dirintis oleh Donna Lesmana merupakan sebuah e-commerce yang menjual lingerie dengan nama Lolalola. Ia merilis bisnis ini pada tahun 2014 dengan menggaet berbagai perusahaan yang ada di Hongkong.


1Grace Tahir

enterpreneurwanitaindo1

Grace Tahir merupakan direktur Rumah Sakit Mayapada yang juga mengembangkan bisnisnya dalam bentuk startup. Startup yang ia kelola tidak jauh-jauh dari dunia kesehatan, yaitu PilihDokter. PilihDokter menawarkan bantuan untuk berbagai masalah kesehatan, kemudian menjadi sebuah wadah bagi pasien dan dokter untuk bertemu maupun berdiskusi secara online.


Itu tadi 10 wanita di Indonesia yang sukses membangun dan mengembangkan startup. Saat ini memang sudah emansipasi wanita. Jadi tidak hanya pria saja yang layak membangun serta mengembangkan sebuah perusahaan, wanita pun juga mampu melakukan hal serupa.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!