Teknologi

Ini Dia, 10 Konsep Transportasi Tercanggih dan Tercepat Dimasa Depan

Dulu, manusia pernah memimpikan jika suatu saat nanti mereka bisa bepergian dengan terbang dan melewati awan-awan. Kemudian munculah Wright bersaudara yang berinovasi menciptakan pesawat terbang. Saat itu, konsep pesawat terbang yang mereka rancang banyak dicibir dan diremehkan. Namun sekarang, teknologi pesawat terbang benar-benar ada dan nyata.

Berkaca dari peristiwa di atas, bukan mustahil jika teknologi dan ide-ide yang dianggap aneh bisa terealisasi suatu saat nanti. Berikut adalah deretan konsep transportasi tercanggih dan tercepat dimasa depan.


10Pengurai Kemacetan Ala Ford

transportasimasadepan10

Saat berkendara di jalanan yang macet, tentu pergerakan mobil menjadi lambat. Selain itu, waktu tempuh bisa menjadi lama bahkan dua kali lipat. Kemacetan di jalanan dapat menimbulkan kerugian baik dari segi ekonomi, waktu, dan energi.

Oleh sebab itu, Ford merancang sebuah teknologi yang memungkinkan mobil untuk ‘memarkir’ dan ‘menempatkan’ dirinya sendiri dikala macet. Ford menggunakan teknologi dengan cara mengumpulkan data-data seperti mengukur seberapa jauh mobil yang berada didepannya, melihat celah yang kosong, dan tetap menjaga supaya jarak pengemudi akan aman.


9GM EN V

transportasimasadepan9

GM EN V adalah salah satu konsep transportasi masa depan yang sangat unik. GM EN V berbentuk seperti ‘mobil mini’ namun hanya memiliki dua roda disisi kiri dan kanannya. Namun, banyak yang menyebut jika GM EN V sendiri bukan mobil, melainkan ‘EN-V’(electric network vehicle). GM EN V adalah kendaraan tanpa kemudi.

GM EN V bergerak dengan menggunakan sensor untuk mendeteksi keadaan di lingkungan sekitarnya. Untuk ‘memposisikan’ dirinya dalam jalanan kota, GM EN V menggunakan sistem komunikasi nirkabel. GM EN V disebut-sebut sebagai alat transportasi masa kini yang lebih efektif dan tidak menyebabkan polusi.


8The Evacuate Tube Transport (ETT)

transportasimasadepan8

ETT adalah sistem transportasi kereta superkonduktor yang beroperasi di dalam tabung atau ‘terowongan’ dengan kecepatan yang fantastis. Kecepatannya mencapai 6500 km/per jam. Ibaratnya, anda dapat menempuh perjalanan dari New York ke Beijing dalam waktu dua jam saja. Sistem ETT juga disebut-sebut 50 kali lebih efisien dibandingkan dengan kereta listrik biasa.


7Monotracer

transportasimasadepan7

Sering kehujanan dan kepanasan saat naik sepeda motor? Jika ya, mungkin Anda dapat memilih Monotracer sebagai kendaraan impian dimasa depan. Monotracer memiliki ‘atap’ di atasnya. Monotracer memiliki kapasitas sebanyak dua orang penumpang. Monotracer menggunakan energi listrik untuk menggerakkannya. Kecepatannya mencapai 120 mil/jam. Wow!


6String Transport System

transportasimasadepan6

String Transport System adalah konsep kereta rel berkecepatan tinggi yang dinilai lebih efisien dibandingkan dengan sistem maglev. Dari segi biaya, sistem ini dinilai jauh lebih murah 10 kali lipat. Disebut-sebut transportasi ini memiliki kecepatan 250km/jam dengan kapasitas 20 orang penumpang.


5Moller Flying Car

transportasimasadepan5

Macetnya jalanan membuat banyak peneliti dibidang teknologi dan transportasi mulai memikirkan kendaraan bebas macet yang fleksibel namun cepat. Salah satunya adalah gagasan mobil terbang. Moller International sebagai penggagas mobil terbang akan merealisasikan gagasan tersebut dengan inovasi M400. Mobil terbang ini memiliki desain elegan yang mirip pesawat.


4Copterpack

transportasimasadepan4

Masih ingat dengan baling-baling bambunya Doraemon? Sebentar lagi, ‘baling-baling’ di dunia nyata bukan mustahil untuk diwujudkan. Teknologi Copterpack memungkinkan manusia untuk ‘terbang’ kesana kemari sesuai tujuan. Namun, Copterpack masih memiliki keterbatasan. Bentuknya yang kurang praktis dan berat membuat Copterpack hanya dapat terbang dalam waktu beberapa menit saja.


3Straddling Bus

transportasimasadepan3

Sering merasa sebal karena tiba-tiba bus berhenti di depan Anda? Teknologi transportasi ini dapat dikatakan out of the box. Seorang peneliti dari Asia mengembangkan teknologi transportasi ‘Straddling Bus’. Bus ini memiliki ukuran yang besar dan tinggi. Namun, dibagian bawah bus terdapat space yang luas sehingga kendaraan seperti mobil dapat melewati bawah kolong bus. Sehingga bukan tak mungkin jika bus dan mobil dapat melintas diwaktu yang bersamaan.


2Lift Luar Angkasa

transportasimasadepan2

Masih ingat dengan cerita Jack and The Beanstalk? Dalam cerita, tokoh Jack pergi ke kerajaan langit dengan memanjat pohon kacang yang menembus awan-awan. Pada tahun 2050 nanti, di Tokyo, Jepang, manusia dapat mengunjungi luar angkasa dan menembus awan dengan menggunakan lift, lho.

Teknologi lift luar angkasa ini memanfaatkan carbon nanotubes untuk menghantarkannya. Lift luar angkasa ini memiliki stasiun yang berada di bumi. Perusahaan Jepang Tokyo Obayashi Corp sendiri telah menyatakan bahwa jarak yang dapat ditempuh adalah 96.000 kilometer dengan kapasitas penumpang sebanyak 30 orang.


1Shweeb

transportasimasadepan1

Shweeb adalah alat transportasi monorel dengan prinsip seperti sepeda yang digerakkan dan dkendalikan manusia. Kecepatan Shweeb mencapai 45 km/jam. Shweeb juga alat transportasi yang ramah cuaca. Pembuatan Shweeb kabarnya didanai oleh Google sebanyak US$ 1 juta pada tahun 2010. Kabarnya, Shweeb akan dikembangkan lebih dalam lagi sebagai alat transportasi publik.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!