Teknologi

Ini Dia Nenek Moyang Berbagai Situs Informasi di Internet

Hidup di era internet ini serba mudah ya, guys. Semua informasi yang dibutuhkan mulai dari kebutuhan sehari-hari, pendidikan, pengetahuan umum, sejarah, review restoran dan tempat wisata, hingga situs yang menyediakan jasa convert data pun dapat diakses dengan mudah dan gratis. Apalagi banyak spot yang menyediakan layanan free Wi-Fi untuk memenuhi kebutuhan para pengguna internet – terutama para mahasiswa.

Berbicara soal berbagai situs yang kini jumlahnya hampir bisa dikatakan tidak terhingga ini, kadang terlintas pertanyaan, pertama kali ada internet isinya apa yah? Berikut sepuluh website yang pertama kali ada setelah munculnya kehadiran internet.


10Archie

nenekmoyangdariinternet10

Merupakan mesin pencari jauh sebelum Google ada. Diciptakan oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch. Ketiganya merupakan mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer Universitas McGill, Amerika Serikat. Fungsi Archie sendiri adalah lebih kepada pencarian file, bukan dalam bentuk kata kunci seperti yang kita kenal sekarang.


9Veronica

nenekmoyangdariinternet9

Program Veronica atau Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives ini berfungsi sebagai pencari file yang tersimpan dalam sistem index Gopher serta menyediakan pencarian dengan menggunakan kata kunci pada menu judul. Disebut sebagai nenek moyang segala mesin pencari, Veronica diciptakan pada tahun 1992 oleh Steven Foster dan Fred Barrie dari Universitas Nevada.


8Jughead

nenekmoyangdariinternet8

Fungsinya hampir sama dengan Veronica, Jughead atau Jonzy’s Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display merupakan alat untuk memperoleh menu informasi dari sumbernya dari beberapa jenis Gopher server.


7Wandex

nenekmoyangdariinternet7

Merupakan mesin pencari pertama pada web yang berupa suatu nowdefunct index yang dikumpulkan World Wide Web Wanderer karya Matthew Gray yang merupakan lulusan MIT tahun 1993.


6Google

nenekmoyangdariinternet6

Siapa yang tidak tahu raksasa pencari informasi satu ini? Website-nya bahkan kerap kali dijadikan sebagai tampilan awal ketika membuka browser pada sebagian besar pengguna internet.


5Yahoo

nenekmoyangdariinternet5

Merupakan salah satu situs web terbesar dan tertua dengan fungsinya yang bermacam-macam mulai dari komunikasi, konten, perdagangan, bisnis dan periklanan, dan lini usaha lainnya.


4Wayback Machine

nenekmoyangdariinternet4

Web satu ini merupakan arsip digital dari World Wide Web dan informasi lain yang dibuat oleh Archive. Situs ini diprogram oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat, memungkinkan pengguna untuk melihat versi arsip dari halaman web sepanjang waktu.


3Bing

nenekmoyangdariinternet3

Pada awalnya bernama MSN Search, merupakan mesin pencari web yang bernaung di bawah Microsoft. Teknologi PowerSet yang membekali Bing memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat dan dilengkapi dengan kemampuan menyimpan dan membagi historis pencarian melalui beberapa web lainnya.


2NetMarket

nenekmoyangdariinternet2

Jauh sebelum munculnya Amazon.com dan eBay, situs perdagangan online sudah ada dan diberi nama NetMarket. Web satu ini merupakan direct marketing dari perusahaan bernama Cendant yang mampu menjual 95% dari kebutuhan rumah tangga sehari-hari.


1Hotwired.com

nenekmoyangdariinternet1

Merupakan web majalah komersial pertama yang diluncurkan pada tahun 1994 dan merupakan bagian dari Wired Ventures. Website ini pula lah yang memperkenalkan adanya iklan banner di dunia internet.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry