Olah Raga

Ini nih Julukan Suporter 10 Klub Sepak Bola Eropa yang Mendunia

Setiap klub sepak bola pasti memiliki barisan pendukung setia yang selalu memenuhi stadion saat tim kesayangannya bertanding. Apalagi klub-klub Eropa yang sudah mendunia, mereka punya suporter di berbagai negara. Namun, setiap kelompok suporter pasti punya julukan sendiri. Seperti berikut ini, julukan suporter 10 klub sepakbola Eropa yang sudah mendunia.


10Gooners (Arsenal)

Suporter klub Premier League Inggris, Arsenal bisa dijuluki ‘Gooners’, yang berasal dari kata ‘The Gunners’, julukan resmi klub asal London tersebut. Sejarah mencatat, klub itu didirikan oleh para pekerja pabrik senjata di Wooldwich pada Oktober 1886. Seiring zaman, kini klub yang bermarkas di Stadion Emirates tersebut menjelma jadi salah satu klub besar Eropa.


9Citizens (Manchester City)

Rival sekota klub ini, Manchester United menjuluki suporter Manchester City dengan nama ‘tetangga berisik’. Ini mengacu pada para ‘Citizens’ atau warga; julukan resmi mereka, yang memang selalu berisik saat mendukung tim kesayangannya. Berbagai atraksi dilakukan oleh para suporter ini dalam setiap pertandingan. Julukan resmi klubnya sendiri juga ‘The Citizen’.


8Interisti (Inter Milan)

Interisti adalah julukan untuk setiap penggemar sepakbola yang mendukung klub Serie A Italia, Inter Milan. Sebenarnya ada nama banyak kelompok suporter klub yang bermarkas di kota Milan ini. Namun, Curva Nord 69 menjadi salah satu kelompok besar suporter yang paling disegani di Negeri Pizza. Di dalamnya masih ada lagi beberapa kelompok suporter.


7True Blue (Chelsea)

Fans juara Premier League Inggris musim 2016/2017 lalu ini dijuluki ‘True Blue’. Seperti juga kebanyakan klub-klub lain di Eropa, Chelsea juga memiliki suporter garis keras yang dikenal dengan nama ‘Chelsea Headhunters’. Bahkan, mereka pun cukup disegani di daratan Britania Raya. Suporter mereka di berbagai negara lain di seluruh dunia juga disebut ‘Chelsea Fans’.


6Kopites (Liverpool)

Banyak orang yang menyebut julukan suporter Liverpool adalah ‘Liverpudlian’. Padahal itu merupakan sebutan untuk warga asli kota Liverpool atau Merseyside, yang juga jadi markas klub Premier League Inggris lainnya, Everton. Julukan sebenarnya untuk para fans klub ini adalah ‘Kopites’, yang mengacu pada julukan dari klub Liverpool sendiri, yakni ‘The Kop’.


5Milanisti (AC Milan)

Para penggemar AC Milan lebih awam dikenal dengan julukan ‘Milanisti’, tak jauh berbeda dengan rival sekota mereka, Inter Milan, di mana suporternya dijuluki ‘Interisti’. Sebenarnya, klub ini punya dua suporter garis keras atau ultras, yakni Fossa Dei Leoni beraliran ekstrim kiri dan Brigate Rossoneri yang beraliran ekstrim kanan. Namun, kubu pertama sudah bubar.


4Juventini (Juventus)

Klub jawara Serie A Italia dalam enam tahun terakhir ini memiliki suporter yang tersebar di banyak negara di seluruh dunia. Juventus pun diketahui merupakan salah satu klub dengan basis pendukung terbanyak di dunia. Mereka biasanya dijuluki dengan sebutan ‘Juventini’. Sama seperti kebanyakan klub Italia, mereka juga punya ultras berjulukan ‘Drughi Juventus’.


3Mancunian (Manchester United)

Dalam beberapa tahun terakhir, klub raksasa Inggris Manchester United telah menjadi klub dengan suporter terbanyak di dunia. Mereka pun juga memiliki banyak julukan. Salah satu di antaranya adalah julukan ‘Manchunian’. Selain itu, para fans klub berjuluk ‘The Red Devils’ atau ‘Setan Merah’ ini juga disebut ‘The United’ dan ‘Red Army’ di beberapa negara dunia.


2Barcelonistas (Barcelona)

‘Barcelonistas’ menjadi julukan bagi para suporter klub besar La Liga Spanyol, Barcelona. Tak jauh berbeda, klub yang sekarang masih diperkuat oleh salah seorang pemain sepak bola terbaik dunia, Lionel Messi ini juga punya banyak suporter yang tersebar di berbagai negara. Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir prestasi klub asal Catalunya ini terus bertahan stabil.


1Madridistas (Real Madrid)

Siapa yang tidak kenal dengan Real Madrid, klub Eropa yang paling banyak memiliki koleksi trofi Liga Champions, kompetisi elit benua biru tersebut hingga saat ini. Berkat prestasinya tersebut, tidak heran pula suporter klub berjuluk ‘Los Merengues’ ini ada banyak sekali di seluruh dunia. Para fans-nya tersebut diberi julukan ‘Madridista, mengacu pada nama klub’.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry