Flora & Fauna

Inilah 10 Anjing yang Menjadi Objek Penelitian Ilmiah

Anjing adalah sahabat manusia. Kedekatan antara kedua makhluk ini bisa dibilang tak terlukiskan. Namun, untuk memuaskan keinginan manusia terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, anjing sering digunakan untuk menjadi objek penelitian. Anjing-anjing ini mengalami berbagai perlakuan yang mengubah mereka, terkadang menjadi sangat menakutkan. Berikut sepuluh anjing yang menjadi objek penelitian ilmiah.


10Xinxiang, Mutan Anjing-Babi

anjingeksperimen10

Xinxiang adalah anjing keturunan tanpa rambut dari China. Anjing ini adalah mutan anjing-babi yang dipastikan melarikan diri dari laboratorium. Anjing berwarna pink dan tanpa rambut ini sering terlihat di Kota Xinxiang dan menakuti warga. Selain anjing Xinxiang ini, pernah adalah juga anjing bernama Yoda yang memenangkan kontes anjing terjelek pada 2011. Sebelumnya, Yoda ditemukan di jalanan dan terlihat seperti tikus raksasa.


9Mira, Anjing Kloningan Pertama

foto: mirror.co.uk

foto: mirror.co.uk

Kita saat ini sudah berada dalam masa yang sangat modern. Pada era 90-an, muncul sebuah makhluk peliharaan yang disebut-sebut sebagai hasil Frankenstein pertama di dunia bernama Mira. Anjing ini terlihat seperti anjing biasa. Namun, ia adalah bagian dari Husky, Border Collie, dan Rottweiler. Untuk menciptakan Mira dibutuhkan jutaan dolar. Telah ada sekitar 200 anjing hasil kloning dengan melalui ilmu pengetahuan. Anjing-anjing ini adalah hasil karya Hawthorne.


8Dead Zone Dogs

anjingeksperimen8

Para peneliti berspekulasi bahwa generasi anjing selanjutnya yang tinggal di sekitar Fukushima Daiichi, wilayah terjadinya bencana nuklir adalah anjing-anjing mutan. Pemerintah Jepang menganggap bahwa berita ini harus diperhatikan dengan serius dan menangkap ratusan anjing-anjing liar di daerah itu meskipun belum semuanya. Anjing-anjing ini dikabarkan menjadi ganas karena berada dalam zona tanpa manusia. Seorang peneliti mengatakan bahwa jika anjing-anjing ini keluar dan menggigit manusia maka akan ada penyakit yang menyebar.


7Texas Blue Dogs

anjingeksperimen7

Anjing selanjutnya yang menjadi objek penelitian adalah Texas Blue Dog. Blue Dog dari Texas ini tidak terlihat seperti anjing-anjing lainnya. Anjing ini tanpa bulu dan berwarna kebiru-biruan. Seorang saksi mata mengatakan melihat anjing ini ketika melihat ayam-ayam miliknya mati dan tanpa darah. Kemudian, ia menguplod videonya ke YouTube. Pada Juli 2007, tampak anjing lain yang memiliki ciri-ciri yang sama dan terlihat sangat aneh. Anjing ini memiliki telinga dan gigi yang tak biasa.


6Demikhov’s Two-Headed Dog

foto: life

foto: life

Anjing yang menjadi objek penelitian Vladimir Demikhov ini memiliki dua kepala. Demikhov berhasil mencangkok kepala dan kaki depan anjing kecil ke sebuah anjing yang lebih besar. Kedua kepala anjing ini bergerak sendiri. Operasi ini berhasil dan anjing berkepala dua ini hidup hingga 4 hari. Penelitian ini dilakukan berkali-kali. Penelitian Demikhov ini menjadi dasar dari teori transplantasi organ. Meskipun ada protes karena perlakuan yang tidak etis atas binatang, Demikhov mendapat penghargaan Order of Merit for the Fatherland prize atas kontribusinya pada ilmu bedah.


5Laika, Anjing Luar Angkasa

foto: spaceanswers.com

foto: spaceanswers.com

Laika adalah anjing yang menjadi penumpang pesawat luar angkasa Sputnik 2 milik Soviet. Anjing berusia 3 tahun ini dipilih karena kemampuannya untuk menahan dingin dan rasa lapar. Gen Laika tidak pernah dipastikan, tetapi ia terlihat seperti campuran terrier, husky, dan mungkin keturuan nordic. Sebelum ia menjalani misi tersebut, ia beradaptasi di kandang yang lebih kecil. Laika mendarat dengan aman, tetapi diberitakan mati pada hari keenam. Banyak yang mengatakan bahwa Laika kekurangan oksigen atau dibunuh dengan makanan beracun. Namun, kebenarannya adalah Laika meninggal karena terlalu kepanasan.


4Naki’o, Anjing Bionic

foto: dailymail.co.uk

foto: dailymail.co.uk

Perkenalkan anjing bionic bernama Naki’o. Anjing ini kehilangan cakar karena dingin. Ia dibuang di Nebraska dan ditemukan sendirian di atas es. Dia juga kehilangan ujung ekornya sebelum diselamatkan dan dibawa ke pusat penyelamatan hewan. Anjing ini begitu menyedihkan karena tidak bisa berdiri dan bermain seperti anjing lainnya dan hanya bisa bergerak dengan perutnya. Kemudian, ada seorang yang membuatkannya kaki palsu sehingga Naki’o bisa menjadi seperti anjing lainnya.


3Phantom Black Dogs

foto: phantomsandmonsters.com

foto: phantomsandmonsters.com

Ada lagi dugaan anjing yang menjadi objek penelitian, yaitu Phantom Black. Phantom Black Dog terlihat di beberapa tempat seperti Inggris, Skotlandia, Irlandia, dan Amerika Latin. Orang yang melihat anjing ini mengatakan bahwa mereka lebih besar daripada anjing normal bahkan hampir seukuran sapi. Area yang diberitakan sebagai tempat phantom black dog adalah tempat-tempat kuno, badai, atau di tempat eksekusi. Banyak saksi mata yang melihat anjing ini dari 1800-an hingga sekarang. Penjelasan yang paling diterima mengenai keberadaan Phantom Black Dog ini adalah pembiakan silang dengan jenis yang berbeda.


2Hitler’s Talking Dogs

foto: warhistoryonline.com

foto: warhistoryonline.com

Dr. Jan Bondeson dari Cardiff University School of Medicine di Wales menulis sebuah buku mengenai ambisi Nazi dalam melakukan eksperimen terhadap anjing. Dalam buku ini disebutkan bahwa Hitler menyokong sekolah di Jerman yang mengajar anjing untuk berbicara. Dari berita yang terdengar, anjing-anjing tersebut dilatih untuk menjawab pertanyaan seperti, “Siapa Adolf Hitler?” dengan, “Mein Fuhrer!” Bahkan ada juga anjing lain yang belajar alfabet. Konspirasi Nazi ini adalah untuk menciptakan anjing super cerdas untuk mendukung perang mereka.


1The Russian Zombie Dog

anjingeksperimen1

Dr. Sergei Bryukhonenko berhasil membangkitkan anjing yang mati menggunakan sebuah mesin yang disebut autojector dan menciptakan anjing zombie pertama. Untuk membuktikan bahwa anjing tersebut benar-benar hidup dan bukan hanya dioperasikan oleh mesin, para peneliti melakukan sejumlah aksi. Peristiwa ini terjadi pada 1928 dan hanya bisa dilihat melalui dokumentasi video. Inilah salah satu anjing yang menjadi objek penelitian para peneliti.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry