Teknologi

Inilah 10 Aplikasi Smartphone Paling Hits di Tahun 2016

Fungsi smartphone memang bukan hanya sekadar untuk chatting atau ber-selfie saja. Masih banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan ponsel pintar dalam genggaman Anda. Apalagi, kini beragam aplikasi smartphone juga telah tersedia dan bisa diunduh kapan saja secara gratis atau pun tanpa biaya besar. Berikut ini adalah 10 aplikasi smartphone paling hits di tahun 2016, yang telah banyak mencuri perhatian para pengguna ponsel pintar di Indonesia.


10VSCO

Foto yang menarik menjadi salah satu faktor penting untuk bisa mendapatkan ribuan like di media sosial. Oleh karena itu, Anda tentunya harus memiliki salah satu aplikasi edit foto yang hits di tahun 2016 ini, yakni VSCO. Aplikasi edit foto yang satu ini memiliki banyak sekali fitur, tak hanya sekadar filter saja. Hanya dengan mencoba mengutak-atik worktool lengkap dari VSCO, foto Anda yang awalnya hanya biasa-biasa saja bisa diubah jadi lebih menarik.


9Prisma

Satu lagi aplikasi pengedit foto yang hits di tahun 2016. Prisma tak hanya menawarkan fitur dasar filter ala foto kuno atau tools untuk crop dan resize. Aplikasi ini menghadirkan sesuatu berbeda; menggunakan algoritma rumit untuk membuat foto Anda jadi seperti sebuah karya seni. Dengan sedikit jam terbang untuk memilah-milah foto yang bisa jadi menakjubkan usai diedit menggunakan aplikasi ini, maka keunikan karya seni ala Prisma pun akan dihasilkan.


8Periscope

Awalnya, Periscope dikembangkan untuk kegiatan citizen journalism, di mana setiap orang bisa menyiarkan segala sesuatu yang memiliki nilai berita langsung dari smartphone-nya. Belakangan, aplikasi ini juga digunakan secara luas untuk menjelajahi dunia melalui siaran real-time yang dikirimkan penggunanya. Meski kini berbagai media sosial seperti Facebook dan Instagram juga punya fitur ‘Live’, namun Periscope tetap dianggap sebagai pionirnya.


7Spotify

Aplikasi streaming musik ini memberikan banyak keunggulan dibanding aplikasi sejenis lain. Selain laman antarmukanya yang bagus dan menarik, fitur favorit dari pengguna aplikasi Spotify adalah playlist yang bisa diatur berdasarkan suasana hati atau mood masing-masing. Ini tentu saja sangat menarik bagi penggunanya saat mendengarkan musik di kala hujan atau olahraga pagi. Tidak heran jika aplikasi Spotify ini jadi ‘juara’ dan bisa diandalkan kapan saja.


6Snapchat

Snapchat memungkinkan kiriman para penggunanya, baik status, foto ataupun video, akan segera dihapus dengan sendirinya. Makanya, dengan menggunakan aplikasi media sosial yang satu ini, maka Anda tak perlu pikir panjang lagi untuk mengunggah apapun. Anda juga bisa lebih ‘gokil’ dalam mengekspresikan diri. Setelahnya, konten yang dikirim itu pun akan segera hilang, karena telah terhapus sendiri oleh sistemnya. Inilah daya tarik dari Snapchat.


5Google Now

Dengan aplikasi Google Now ini, Anda pun bisa melakukan pencarian Google hanya dengan perintah suara. Setelah menjalani debut beberapa tahun yang lalu, aplikasi ini sekarang memang telah menjelma menjadi salah satu aplikasi asisten terbaik. Bahkan, tidak salah jika menyebutnya sebagai aplikasi Android paling keren saat ini. Menggunakan kalimat perintah apapun, Google tetap bisa menerjemahkannya dengan baik, dan langsung memberikan hasil.


4Instagram

Instagram memang sudah lama hadir. Namun, tahun 2016 bisa dinilai sebagai tahun penting bagi perkembangan aplikasi sharing foto ini. Berbagai fitur baru yang sangat menarik telah tersemat pada aplikasi yang berada di bawah perusahaan yang sama dengan Facebook ini. Salah satunya adalah fitur ‘Stories’, di mana penggunanya bisa berbagi momen keseharian kepada para follower. Tidak heran jika fitur ini pun langsung meledak dalam waktu singkat.


3Smule

Bagi Anda yang punya hobi karaoke, maka bisa memanfaatkan aplikasi yang satu ini untuk menyalurkannya melalui perangkat smartphone. Smule menyediakan berbagai lagu minus-one yang bisa dinyayikan oleh penggunanya, sehingga bisa berkaraoke dengan mudah tanpa harus bayar. Hal menarik lainnya dari aplikasi unik ini adalah saat Anda membagikan hasil karaoke tersebut kepada teman-teman di media media, dan Anda pun akan jadi makin hits.


2Waze

Google Maps memang telah lama hadir sebagai aplikasi penunjuk arah. Namun, belakangan ini mereka mendapat pesaing serius, yakni Waze. Aplikasi ini dianggap lebih unggul, karena tak hanya bisa menentukan rute tercepat ke tempat tujuan, tapi para penggunanya juga bisa mendapatkan info kemacetan dan kecelakaan, hingga lokasi mini market di sepanjang jalan. Selain itu, Waze juga bisa memperkirakan waktu dan jadwal perjalanan dengan lebih akurat.


1Go-Jek

Karya anak negeri ini menjadi buah bibir dalam beberapa tahun terakhir, termasuk di tahun 2016 lalu. Kebutuhan transportasi umum yang lebih nyaman di kota-kota besar, membuat penggunaan aplikasi ride sharing Go-Jek menjadi populer dengan cepat. Meski pun pesaing semakin banyak, termasuk juga dari luar negeri, seperti Grab dan Uber, namun aplikasi Go-Jek tetap dipastikan ada di setiap smartphone warga perkotaan sebagai salah satu pilihan.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry