Olah Raga

Inilah 10 Atlet Terkaya di Indonesia. Dari Badminton Hingga Tinju.

Menjadi atlet adalah kebanggaan tersendiri. Apalagi kalau bisa membawa nama Indonesia ke level internasional. Selain itu, penghasilan yang bisa didapatkan juga sangat besar, terutama bagi atlet berprestasi. Tidak hanya mendapatkan hadiah dari kejuaraan yang dimenangkan, tapi juga ada bonus dari negara. Berikut 10 atlet terkaya di Indonesia.


10Meiliana Jauhari

Meski namanya tak terlalu terkenal, namun pebulu tangkis putri Indonesia ini juga punya sederet prestasi, salah satunya medali emas Asian Games 2005. Wanita bertinggi badan 168 cm ini pun punya banyak pengalaman bertanding dalam sejumlah kejuaraan ternama dunia. Makanya, tak heran jika kekayaannya mencapai 900 ribu dolar AS atau sekitar Rp 12 miliar.


9Sony Dwi Kuncoro

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia ini dilaporkan memiliki kekayaan sekitar 1,1 juta dolar AS atau Rp 14,6 miliar. Sony Dwi Kuncoro memang dikenal sebagai salah seorang atlet berprestasi dari Tanah Air. Pada Olimpiade Athena 2004 silam, dia berhasil merebut medali perunggu pada kategori tunggal putra setelah mengalahkan Boonsak Ponsana dari Thailand.


8Tony Gunawan

Masih dari bulu tangkis, ada pula nama Tony Gunawan. Berkat medali emas yang diraihnya dalam Olimpiade Sydney 2000 silam, dia pun dinilai sebagai salah seorang pebulu tangkis terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Berkat prestasinya itu, makanya kekayaannya pun dilaporkan sudah mencapai sekitar 1,3 juta dolar AS, atau setara dengan Rp 17,3 miliar.


7Markis Kido

Markis Kido jadi pebulu tangkis putra lain yang masuk daftar 10 atlet terkaya di Indonesia versi Toprichests.com ini. Kekayaannya mencapai 1,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 20 miliar. Beberapa prestasinya adalah jadi juara dunia pada 2007 dan meraih medali emas dalam Olimpiade Beijing 2008, bersama rekannya Hendra Setiawan dalam nomor ganda putra.


6Bambang Pamungkas

Lebih akrab dengan nama Bepe, Bambang Pamungkas merupakan pesepakbola Indonesia yang hingga saat ini masih bermain bersama klub Persija Jakarta. Dia juga pernah menjadi andalan tim nasional sepakbola Indonesia, meski selalu gagal meraih gelar juara. Meski pun begitu, kekayaannya tercatat bisa mencapai 5,4 juta dolar AS, atau setara Rp 72 miliar.


5Alan Budikusuma

Suami dari atlet bulu tangkis putri kenamaan Indonesia, Susi Susanti ini juga merupakan seorang pebulu tangkis Tanah Air. Alan Budikusuma meraih medali emas dalam Olimpiade Barcelona 1992 pada nomor tunggal putri, sedang sang istri di tunggal putri dengan prestasi yang sama. Kekayaannya saat ini diperkirakan sekitar 8,5 juta dolar AS atau Rp 113 miliar.


4Ellyas Pical

Pria kelahiran Saparua, Ambon, 24 Maret 1960 ini adalah seorang petinju. Berkat prestasinya merebut gelar juara IBF Kelas Bantam Yunior atau kelas super terbang, dunia tinju Indonesia pun mulai diperhitungkan dunia. Rekornya berupa 20 kali menang dengan 11 kemenangan knock out (KO). Kekayaannya sendiri dilaporkan mencapai 9 juta dolar AS atau Rp 120 miliar.


3Muhammad Rachman

Masih dari cabang olahraga tinju, ada nama Muchammad Rachman sebagai salah seorang atlet terkaya di Indonesia versi Toprichests.com, dengan kekayaan sekitar 10,5 juta dolar AS atau Rp 140 miliar. Prestasinya, meraih gelar juara nasional kelas terbang mini pada 1991. Dia pun juga berhasil merebut gelar juara IBF Intercontinental (level Asia Pasifik) pada 2000.


2Taufik Hidayat

Satu lagi pebulu tangkis Indonesia yang tercatat punya prestasi dan kekayaan selangit. Dia adalah Taufik Hidayat, pebulu tangkis tunggal putra dengan pukulan smash tercepat, 305 km/jam pada semifinal Kejuaraan Dunia 2006 di Spanyol, dan pukulan backhand smash tercepat, 206 km/jam. Sedang kekayaannya mencapai 11 juta dolar AS atau Rp 146,6 miliar.


1Chris John

Inilah atlet terkaya di Indonesia versi Toprichests.com, dengan kekayaan 15 juta dolar AS, atau Rp 200 miliar. Yakni, Yohannes Christian John, atau lebih dikenal dengan nama Chris John, petinju berprestasi di Tanah Air. Dia tercatat sebagai juara dunia kelas bulu pertama di Indonesia, dengan rekor kedua terlama sebagai juara dunia kelas bulu sepanjang masa.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry