Alam & Luar Angkasa

Inilah 10 Galaksi di Alam Semesta yang Sungguh Menakjubkan

Setidaknya, ada lebih dari sepuluh galaksi yang ada di alam semesta ini. Galaksi adalah sebutan bagi kelompok bintang dalam sebuah susunan tertentu. Dalam satu galaksi, ada jutaan bahkan lebih bintang dengan jarak yang sangat jauh. Karena itu, tidak salah jika kita menyebut bahwa alam semesta ini sangat luas. Berikut daftar 10 galaksi di alam semesta.


10Galaksi Bimasakti

galaksimenakjubkan10

Galaksi Bima Sakti atau dikenal juga dengan nama Milky Way adalah galaksi dimana tata surya berada. Menurut dugaan para ahli, pusat dari Bima Sakti adalah Sagitarius A yang memiliki black hole. Diperkirakan, jarak antara matahari dengan pusat galaksi adalah 27.700 tahun cahaya. Untuk menyelesaikan sekali orbit, tata surya memerlukan 225 hingga 250 juta tahun.


9Galaksi Grand Spiral

galaksimenakjubkan9

Dikenal juga sebagai NGC 123, galaksi yang menakjubkan ini didominasi oleh jutaan bintang terang dan debu gelap, terperangkap dalam pusaran gravitasi spiral yang berputar di pusatnya. Gugusan bintang-bintang biru terang dapat dilihat bersama lengan spiral ini.


8Galaksi Cartwheel

galaksimenakjubkan8

Menurut penelitian, luas galaksi Cartwheel adalah 150.000 tahun cahaya. Salah satu galaksi di alam semesta ini ditemukan oleh Fritz Zwicky dan disebut-sebut sebagai galaksi yang rumit. Dibandingkan dengan Galaksi Bima Sakti, Cartwheel memiliki ukuran yang sedikit lebih besar.


7Galaksi Andromeda

galaksimenakjubkan7

Dari Bumi, Galaksi Andromeda memiliki jarak 780 kiloparsec. Ini adalah galaksi di alam semesta yang bertetangga dengan Galaksi Bima Sakti. Oleh karena itu, kita bisa melihatnya dengan mudah pada malam hari. Ada sekitar 1 triliun bintang yang terpusat di galaksi ini.


6Galaksi Messier 81

galaksimenakjubkan6

Galaksi Messier 81 pertama kali ditemukan oleh Johann Elert Bode pada 1774. Oleh karena itu, galaksi ini juga sering disebut Galaksi Bode. Ini adalah galaksi spiral yang sering dilihat oleh para astronom amatir.


5Galaksi Sombrero

galaksimenakjubkan5

Seperti namanya, galaksi ini memiliki bentuk seperti topi sombrero. Galaksi ini ditemukan oleh Pierre Mechain pada akhir 1700-an. Galaksi ini terletak di rasi bintang Virgo dengan jarak sekitar 30 juta tahun cahaya.


4Galaksi Triangulum

galaksimenakjubkan4

Jaraknya dari bumi sekitar 3 juta tahun cahaya. Galaksi di alam semesta yang satu ini adalah bagian dari tiga galaksi lokal selain Bima Sakti dan Andromeda. Menurut penelitian para ahli, galaksi ini adalah galaksi terjauh yang bisa dilihat dengan mata telanjang.


3Galaksi Black Eye

galaksimenakjubkan3

Galaksi di alam semesta selanjutnya adalah Galaksi Black Eye. Galaksi ini ditemukan oleh Edward Pigott pada 1779. Nama Black Eye diberikan karena adalah warna gelap yang terlihat dari permukaan galaksi. Tampilan galaksi ini mudah ditemukan.


2Galaksi Centaurus A

galaksimenakjubkan2

Seperti namanya, galaksi ini berada di konstelasi Centaurus. Jaraknya adalah 11 juta tahun cahaya. Galaksi ini pun termasuk salah satu galaksi terdekat di bumi dan telah banyak dipelajari oleh para astronom profesional.


1Galaksi Whirlpool

galaksimenakjubkan1

Galaksi Whirpool berjarak 30 juta tahun cahaya dari bumi dan memiliki luas sekitar 60 ribu tahun cahaya. Galaksi ini juga salah satu galaksi yang paling terang dan indah yang bisa terlihat dari bumi.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry