Dunia & Peristiwa

Inilah 10 Hal yang Bisa Memicu Terjadinya Perang Dunia III

Perang menjadi salah satu hal yang paling ditakuti seluruh dunia. Tidak heran banyak negara yang mulai was-was ketika isu tentang kemungkinan terjadinya Perang Dunia III mengemuka. Semua orang tentu berharap agar pertempuran dahsyat seperti Perang Dunia I dan Perang Dunia II tidak terjadi lagi. Namun, beberapa kejadian belakangan ini terus membuat isu itu semakin panas. Apalagi, ada 10 hal yang bisa memicu terjadinya Perang Dunia III. Apa saja?


10Kepercayaan

Menurut kepercayaan sejumlah kelompok agama di dunia, Perang Dunia III memang bisa terjadi. Kaum Yahudi memprediksi akan terjadinya Armageddon, yang memicu pertempuran hebat hingga menyelamatkan orang-orang dari penindasan dan mengeluarkan mereka dari persembunyian. Sementara itu, umat Muslim percaya Perang Dunia III akan terjadi, karena ada pemberontakan terhadap kaum Yahudi dan umat non Muslim lainnya di seluruh dunia.


9Hukum Alam

Seperti aturan hukum rimba, maka siapa kuat dialah yang berkuasa. Hal itu akan terjadi pula dalam kehidupan manusia. Buktinya, negara yang lebih kuat akan terus mencoba menguasai negara yang lebih lemah, dan kemudian menjajah mereka. Alhasil, rakyat di negara jajahan harus bertahan hidup dan menyesuaikan diri dengan ‘penguasa’ baru mereka. Namun, saat mereka mendapat kekuatan untuk melawan penjajah, hukum alam akan berlaku kembali.


8Penyakit

Kemunculan virus mematikan Ebola di wilayah Afrika, salah satunya, menjadi ‘alarm’ bagi banyak negara di seluruh dunia. Meski berbagai upaya telah dilakukan, seperti mencegah orang-orang Afrika keluar dari wilayah mereka, namun kekacauan bisa terjadi kapan saja saat virus semakin menyebar luas dan obat penawarnya terbatas. Langkah pemusnahan penderita Ebola yang bisa pula diambil, akan membuat dunia masuk ke peperangan besar.


7Sumber Air

Dalam beberapa tahun ke depan, tak bisa dipungkiri bahwa bumi akan semakin gersang dan kering. Meski sekitar 75 persen wilayah di planet ini memang dipenuhi air, namun hanya sekitar 3 persen saja yang merupakan air bersih. Dari persentase yang sangat sedikit itu, hanya sekitar 1 persen saja air bersih yang bisa dinikmati oleh populasi manusia di dunia ini. Wajar jika menyebut sumber air bersih ini bisa menjadi pemicu terjadinya Perang Dunia III.


6Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yang dimiliki negara-negara kecil juga dapat memicu terjadinya Perang Dunia III. Buktinya, selain ingin memperluas wilayah kekuasaannya, banyak negara-negara kuat yang mencoba untuk menjajah sejumlah negara lemah karena tergiur dengan sumber daya alamnya. Mitos atau fakta, dikabarkan Amerika Serikat dan India menginginkan Provinsi Balochistan, Pakistan di Asia Selatan, karena ingin menguasai mineral dan logam di lokasi itu.


5Kekayaan Alam

Menjajah karena kekayaan alam suatu negara juga disebabkan oleh ketamakan sejumlah negara besar. Gas alam dan minyak bumi menjadi salah satu alasannya, yang bisa memicu terjadinya Perang Dunia III. Negara-negara kuat akan terus mencari cara untuk menduduki negara ‘lemah’ demi menguasai kekayaan alam mereka. Salah satu contohnya Somalia, yang menjadi sasaran banyak negara kuat, karena memiliki sumber gas alam dan emas berlimpah.


4Senjata

Teknologi senjata yang semakin canggih pun ikut menjadi ancaman berbahaya bagi dunia dan masa depan manusia di bumi ini. Negara pengembang nuklir atau senjata pemusnah massal beralasan bahwa mereka hanya ingin ‘berjaga-jaga’ dan sebagai langkah pencegahan. Namun, kondisi ini pula yang pernah menyebabkan terjadinya perang besar di masa lalu. Kekacauan tidak akan bisa terelakkan lagi, ketika negara-negara di dunia meluncurkan rudal.


3Perluasan Wilayah Kekuasaan

Sejarah telah mencatat, Perang Dunia I bermula saat Austria menginginkan Serbia seutuhnya menjadi wilayah mereka. Pertempuran besar pun kemudian pecah, karena karena keinginan untuk memperluas wilayah kekuasaan dan memegang kontrol penuh atas wilayah tersebut. Sedangkan di zaman sekarang, Israel ingin menguasai Palestina, India mengincar Kashmir, dan China menginginkan Laut China Selatan, yang bisa memicu terjadinya Perang Dunia III.


2Konflik Ukraina

Uni Soviet; kini adalah Rusia dan beberapa negara pecahannya, menjadi salah satu kekuatan besar dalam Perang Dunia I dan II di zaman dulu. Wajar ketika sekarang ini Rusia melakukan invasi pada wilayah Krimea, para pengamat melihat hal itu sebagai ‘panggilan’ perang bagi rakyat Ukraina, negara yang menguasai wilayah Krimea. Dalam sejarah diketahui bahwa hubungan kedua negara ini memang ‘selalu tegang’, dan saat ini sedang mencapai puncak.


1Persekutuan

Hal inilah menjadi alasan utama munculnya konflik perseteruan di dunia, termasuk selama Perang Dunia I dan II. Hal ini pula yang bisa memicu terjadinya Perang Dunia III. Jika perang besar ini terjadi, maka India dan Iran kemungkinan akan menyerang Pakistan, dan China pun akan mencoba menolong hingga ikut terlibat. Sedang Amerika Serikat akan menengahinya, dan kemudian ikut membatu. Sementara negara Timur Tengah telah berada dalam konflik.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry