Horror

Inilah 10 Hantu yang Paling Menakutkan di Jepang

Cerita-cerita rakyat dan mitos yang beredar di masyarakat tentang hantu sangatlah beragam, mungkin ada ratusan cerita misteri tentang hantu dan arwah-arwah penasaran di Indonesia. Kepercayaan tentang hal tersebut sampai sekarang tidak pernah punah dimakan oleh jaman, walaupun sekarang ini semua sudah serba modern. Minat masyarakat dan budaya di Indonesia membuat cerita mistik tetap beredar di masyarakat hingga sekarang ini, namun tidak sedikit juga yang menganggap hal-hal itu hanyalah omong kosong belaka. Namun ada lagi beberapa negara yang masih kental dengan cerita mistik seperti itu, terutama negara-negara di Asia. Di Jepang sendiri contohnya, banyak cerita-cerita hantu yang terkenal menyeramkan. Apa saja sih hantu yang paling menakutkan di Jepang? Dibawah ini, akan diulas tentang sepuluh hantu yang paling menakutkan di Jepang.


10Yurei

hantujepang10

Menurut kepercayaan orang Jepang, setelah mereka mati arwah atau roh yang disebut Reikon akan keluar dari tubuh dan dan pergi ke tempat penyucian arwah, menunggu untuk dikubur dengan layak. Jika semua proses di tempat pencucian arwah lancar, arwah tersebut akan datang tiap tahunnya (Festival Obon) dan melindungi keluarga terdekatnya. Bagi orang-orang yang mati dengan tidak wajar seperti bunuh diri, dibunuh dan kecelakaan, arwah mereka akan menjadi Yurei, lalu gentayangan di dunia manusia karena rasa marah dan dendamnya. Yurei berwujud seperti manusia, menggunakan kimono berwarna putih, tidak berkaki, dan rambutnya panjang menjuntai kebawah. Yurei biasanya dikelilingi oleh Hitodama, arwah-arwah yang berbentuk api, kalian akan mengerti jika sering menonton kartun Jepang. Konon menurut mitos, pada pukul 2-3 pagi Yurei mulai bergentayangan karena itulah saat gerbang dunia roh dan dunia manusia menyatu. Karena Yurei ada banyak macamnya, mereka dikelompokkan sesuai dengan cara matinya.

– Onryo: Arwah yang memiliki rasa dendam dan akan memburu orang-orang yang telah menyakitinya.
– Goryo: Arwah yang semasa hidupnya adalah orang-orang kalangan atas, kaya raya, tersohor dan terpandang tapi mereka mempunyai dendam.
– Ubume: Arwah seorang ibu yang meninggal setelah melahirkan anaknya, mereka gentayangan karena tidak rela meninggalkan bayinya di dunia.
– Funayurei: Arwah-awrah yang meninggal di laut.
– Zashiki-warashi: Arwah anak-anak yang tidak jahat tapi suka jahil pada manusia.


9Himuro Mansion

hantujepang9

Jika kalian penggemar video game Fatal Frame, pastinya kalian tidak asing dengan kisah Himuro Mansion. Dalam permainan tersebut, ceritanya nyatanya dikutip dari cerita asli. Himuro Mansion ini adalah rumah tradisional Jepang yang letaknya di area terjal berbatuan perbatasan Tokyo. Yang membaut tempat ini terkenal adalah masa lalunya yang kelam, penah terjadi pembantaian besar-besaran di tempat tersebut. Keluarga besar Himuro ini dikenal sebagai penganut aliran Shinto kuno yang taat. Ada satu ritual yang harus dijalankan, yaitu The Strangling Ritual, bertujuan untuk melindungi keluarga Himuro dari kejadian dan hal-hal buruk. Ritual ini rutin dilakukan setiap 50 tahun sekali. Caranya, dengan memilih bayi perempuan yang akan dibesarkan secara diam-diam dan diisolasi dari dunia luar. Saat ritual tersebut sedang dijalankan, anak perempuan itu akan digiring keluar oleh segerombolan sapi atau kuda dengan tangan, leher serta kaki diikat pada hewan tersebut. Menurut cerita, anak perempuan ini jatuh hati pada seorang pria yang kemudian menyelamatkannya dari ritual tersebut. Kepala keluarga Himuro murka karena tahu kejadian itu dan langsung mengambil pedang untuk membunuh semua anggota keluarganya secara sadis.


8Nukekubi

hantujepang8

Nukekubi adalah hantu yang mirip dengan hantu Rokurokubi, tapi dalam bahasa China artinya adalah leher yang bisa dilepas. Yang membut hantu ini mirip dengan rokurokubi adalah sifatnya, pada siang hari Nukekubi bisa menjelma menjadi manusia biasa dan bergaul selayaknya manusia, untuk membedakan Nukekuni dengan manusia asli, bisa dilihat pada bagian lehernya. Pada bagian leher Nukekuni terdapat garis berwarna merah seperti luka. Jika malam sudah menjemput, kepala Nekukebi bisa terpisah dari tubuhnya. Saat terpisah dari tubuhnya, kepala hantu ini terbang untuk mencari mangsa. Jika kepalanya telah mendapatkan mangsanya, kepala tersebut akan berteriak lalu menggigit korban. Ketika kepala Nukekubi mencari mangsanya, tubuhnya yang terpisah akan kaku seperti benda mati yang tak bernyawa. Kalau kepala Nukekubi tidak bisa menemukan badannya hingga matahari terbit, maka Nukekubi akan mati.


7Zashiki Warashi

hantujepang7

Zashiki Warashi adalah jenis hantu rumahan, wujudnya seperti anak kecil biasa dan hobinya adalah bermain, seperti berlari kesana kemari, memainkan alat-alat musik dan benda-benda yang ada dalam ruangan. Sebutan Zashiki Warashi diambil dari istilah nama lantai tatami ‘Zashiki’ dan ‘Warashi’ atau dalam istilah lainnya adalah bocah dalam ruangan. Mitos warga Jepang, jika ada sebuah rumah yang didatangi hantu anak kecil ini, berarti keluarga tersebut makmur dan sejahtera. Dan jika hantu ini di perbolehkan menumpang sebuah rumah, rumah tersebut akan memancarkan aura yang positif dan juga penuh dengan kebahagian, jauh dari masalah-masalah.

Untuk mengetahui wujud Zashiki Warashi, kalian harus datang ke sebuah kamar di hotel Ryokufuso, yang katanya adalah kediaman aslinya. Ada sebuah rumor yang mengatakan bahwa Zashiki Warashi laki-laki akan terlihat di ruangan bertatami lantai 2 dan bagi yang melihatnya akan mendapatkan keberuntungan. Selain di hotel Ryokufuso, ada sebuah kuil khusus Zashiki Warashi yang terletak di kaki gunung Hayachine, bernama Kuil Hayachine. Di dalam kuil terdapat berbagai macam boneka Zashiki Warashi, mereka yang datang ke kuil membawa boneka itu dan meminta peruntungan.


6Rokurokubi

hantujepang6

Rokurokubi sebeneranya adalah manusia, ia mendapatkan hukuman atau kutukan karena melanggar pantangan ajaran Buddha. Karena itu Rokurokubi bisa dianggap sebagai jelmaan atau siluman. Pada siang hari, dia akan terlihat seperti manusia biasa, berbaur dan bersosialisasi, bahkan memiliki seorang suami. Tapi pada malam hari, keanehan pada wanita ini akan terlihat, tubuhnya akan berubah, terutama pada bagian lehernya. Lehernya akan memanjang bahkan sangat amat panjang seperti ular dan wajahnya akan berubah menjadi menyeramkan seperti hantu. Kegemaran mereka adalah menakut-nakuti manusia, mereka akan menampakkan wujudnya pada orang-orang yang dalam keadaan mabuk dan mereka yang sedang tertidur, lalu Rokurokubi akan menghisap darah segar mereka.


5Onryou (Sadako)

hantujepang5

Onryou atau sadako adalah hantu yang terkenal sangat menakutkan di Jepang. Menurut mitos, hantu ini memiliki dendam yang besar semasa hidupnya dan setelah meninggal, dendamnya tak kunjung sirna dan akan gentayangan demi menebuskan dendamnya itu. Untuk wujud hantu ini sendiri seringkali digambarkan dengan :
• Rambut panjang yang terjuntai
• Mengenakan kimono berwarna putih
• Pergelangan tangannya menjuntai ke bawah
• Biasanya kakinya tidak menapak


4Aka Manto

hantujepang4

Di Jepang Aka Manto dikenal sebagai Aka Hanten atau Ao Hanten. Hantu laki-laki ini terkadang tidak membuat takut manusia, malah para wanita kagum karena ketampanannya dan para wanita yang tergila-gila akan ketampanan Aka Hanten akan menuruti semua perintah darinya. Untuk menutupi wajah tampannya, dia menggunakan topeng berwarna putih. Jika ada wanita atau gadis cantik bertemu dengannya, diharapkan untuk waspada karena Aka Hanten tidak segan menculik para gadis cantik dan tidak akan pernah memulangkannya lagi. Selain beberapa sebutan sebelumnya, dia juga dikenal sebagai “Red Cape” karena dia juga menggunakan red cape atau jubah berwarna merah. Jika ada perempuan yang bertemu dengannya, dia akan bertanya “Apakah ingin kupakaikan jubah merah?”. Bila jawabannya adalah “ya”, ia akan melepaskan jubahnya dan mengenakannya pada tubuh wanita itu hingga bajunya dan kulit bagian belakangnya hancur.

Ada sebuah cerita dengan versi berbeda, hantu ini disebut dengan Akagami, Aokami. Yang mana Akkai artinya merah, gami adalah kertas atau tisu. Sedangkan Ao Kami artinya Aoi adalah biru, Kami adalah kertas. Jadi, Akagami dan Aokami artinya tisu merah tisu biru. Saat ada anak perempuan yang pergi ke toilet sekolah dan letaknya paling pojok, biasanya akan terdengar suara misterius, “Mau kertas merah apa kertas biru?”. Jika jawab merah kita akan dikuliti hidup-hidup dan membuat badan menjadi berwarna merah darah. Sedangkan jika menjawab biru, dia akan mencabik tubuh korbannya dan membuat semua darah di tubuh keluar hingga tubuh menjadi biru.


3Torei No Hanako

hantujepang3

Toire No Hanako atau hanako adalah hantu yang terkenal di kalangan remaja sekolah di Jepang. Hanako adalah hantu yang terkenal menghuni salah satu bilik kamar mandi perempuan di sekolah, biasanya di bilik nomer 4. Ciri-ciri Hanako yakni berambut pendek berbentuk bob dan mengenakan rok berwarna merah.

Mitos yang beredar tentang cerita ini sangat beragam, salah satunya bahwa Hanako adalah siswa korban bullying teman-temannya lalu dia memutuskan untuk bunuh diri di kamar mandi perempuan di sekolah, tepatnya di bilik nomer 4 dan hantunya mulai mengganggu siapa saja yang masuk ke dalam bilik tersebut. Ada juga yang mengatakan bahwa Hanako adalah seorang anak yang dibunuh oleh ibu kandungnya sendiri, ibunya menderita kelainan jiwa dan mulai melakukan hal-hal yang membahayakan. Dan di bilik nomer 4 itulah sang ibu membunuh anaknya sendiri. Versi yang berbeda juga menceritakan bahwa Hanako terkena serangan jantung mendadak saat ia tengah bersembunyi di bilik nomer 4 ketika bermain petak umpet dengan teman-temannya. Biasanya hantu yang berniat menakuti manusia akan muncul pada malam hari, tapi tidak dengan Hanako, dia akan muncul di siang hari saat matahari menyinari bumi. Saat-saat jam sekolah dan istirahat biasanya Hanako akan muncul dan menakuti para gadis yang datang ke toilet. Karena mitos ini, anak-anak yang suka membully temannya di sekolah sering kali memasukkan temannya ke bilik 4. Ada juga cara memanggil Hanako jika kalian penasaran ingin bertemu dengan Hanako. Ucapkan “Hanako-chan” di dalam kamar mandi, lalu berputak 3x dan tidak lama Hanako akan muncul. Jika ingin meyakinkan itu hantu Hanako atau bukan, ketuklah pintu bilik nomer 4 sebanyak 3x dengan memanggil namanya dan lihat apa yang terjadi!


2Kashima Reiko-San

hantujepang2

Caution : Di percaya bahwa siapa saja yang membaca ini dan sudah tahu tentang cerita ini, maka Kashima Reiko-san akan muncul. Jika Anda seorang penakut, lebih baik untuk tidak membaca ini demi keselamatan Anda sendiri.

Kashima Reiko-san atau yang sering disebut teke-teke adalah hantu yang melegenda di perkantoran dan sekolah-sekolah Jepang, teke-teke adalah hantu wanita yang tidak memiliki kaki, mereka menghantui kamar mandi sekolah atau kantor. Menurut cerita, Kashima Reiko-san adalah seorang wanita yang tinggal di Hokkaido, Jepang. Saat malam hari, dia diserang oleh sekelompok orang tak dikenal yang menyiksanya dengan sadis dan meninggalkan tubuhnya yang terluka parah begitu saja. Setelah berteriak meminta bantuan beberapa kali, tidak ada satu pun yang mendengarnya, sampai akhirnya ia terpaksa merangkak dan menyeret tubuhnya sepanjang jalan hingga dia tergeletak pingsan di rel kereta. Kereta pun melewati rel tersebut dengan kecepatan tinggi menyebabkan kedua kakinya terpotong. Saat itulah, hantu penasarannya menghantui masyarakat untuk balas dendam. KArena itu hantu ini sering muncul di toilet-toilet dan kamar mandi pada tengah malam.

Note : Jika ada yang bertemu dengannya, dan ditanya, “Dimana kaki saya?”, jawabannya sangat simple, “Di Expressway Meishin”. Jika dia bertanya lagi “Siapa yang bilang begitu?”, jawab saja “Kashima Reiko-san mengatakan kepada saya”.


1Kuchisake Onna

hantujepang1

Kuchisake-onna adalah sebutan untuk hantu wanita yang mulutnya sobek sangat besar. Hantu ini adalah hantu siluman wanita dalam legenda dan mitos masyarakat Jepang. Wujud hantu ini adalah seorang wanita yang terlihat menarik, tetapi ia selalu memakai masker di wajahnya untuk menutupi mulutnya yang sobek itu. Menurut sejarah, Kuchisake-onna adalah seorang wanita yang sangat cantik, ia hidup di zaman Heian dan menjadi seorang istri samurai. Wajahnya yang cantik tertutup oleh sifatnya yang sombong dan kepribadian buruknya, dan juga ia sangat suka berselingkuh. Hingga suatu hari, sang samurai menjadi murka karena perbuatannya. Mulutnya dibelah hingga robek mencapai kuping kiri dan kanan. Kemudian sang suami pun berkata dengan nada mengejek, “Siapa yang akan bilang kau cantik?”. Lukanya yang parah itu sempat diobati dokter dan juga dioperasi, tapi semuanya gagal. Sejak saat itu kemana pun ia pergi selalu menggunakan penutup wajah dan semua orang mulai mengejeknya dan melemparinya dengan batu. Beberapa waktu kemudian ia meninggal. Itulah asal mulanya si hantu bermulut sobek ini. Nah, jika ada yang bertemu dengan hantu ini, pasti hantu ini akan bertanya, “Watashi kirei? (Apakah aku cantik?)” , jika jawaban yang diberikan adalah “ya” maka kuchisake-onna akan membuka maskernya dan bertanya lagi,”KORE DEMO (Bahkan bila seperti ini?)”. Jika jawaban yang diberikan adalah tidak, ia akan marah dan membunuh dengan menggunakan benda-benda tajam.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!