Sejarah

Inilah 10 Jenderal Nazi Paling Berpengaruh

Dalam dunia peperangan, seorang jenderal merupakan tokoh penting dalam melancarkan aksi-aksi pasukannya. Walaupun seringkali hanya terlihat dibelakang garis pertahanan, seorang jenderal memberi power pada anak buahnya dari belakang untuk memenangkan peperangan. Bicara mengenai peperangan, apakah Anda salah satu orang yang suka mengamati sejarah peperangan? Berikut akan saya berikan sedikit informasi mengenai sejarah perang di dunia, khususnya pasukan Nazi Jerman pimpinan Adolf Hitler dengan jenderal-jenderal pemimpin pasukan Jerman.


10Alfred-Ingemar Berndt

jenderalnazi10

Dia merupakan Jenderal dari pasukan SS Jerman. Pasukan SS adalah unit khusus dari tentara Jerman pada saat itu yang ditakuti dan disegani oleh lawan karena kekejamannya. Berpangkat Jenderal dari kesatuan SS-Brigadeführer, atau kesatuan Brigade Fuhrer. Ia sebenarnya adalah seorang jurnalis dan penulis Jerman dan kolaborator dekat Menteri Propaganda Nazi Joseph Goebbels sebelum bergabung di kesatuan dan menjadi Jenderal di SS-Brigadeführer.


9Joachim Ziegler

jenderalnazi9

Joachim Ziegler merupakan anak dari anggota polisi Rahasia Jerman atau disebut juga Gestapo pada saat itu. Lahir pada tahun 1904 dan bergabung bersama tentara Jerman pada tahun 1923. Dia adalah Komandan Brigade SS berpangkat Mayor Jenderal Waffen SS dan komandan terakhir dari 11 Divisi SS Relawan Panzergrenadier (Divisi Panser)


8Erich Von Manstein

jenderalnazi8

Dia adalah salah seorang Jenderal Jerman dan pencetus strategi perang pada Era Perang Dunia II. Erich Von Manstein menjadi salah satu komandan yang paling menonjol dalam tubuh angkatan bersenjata (Wehrmacht) Jerman Perang Dunia II. Selama Perang Dunia II ia mencapai pangkat Field Marshal. Kenapa menjadi terkenal dan disegani? Karena pihak sekutu sebagai lawan Nazi menyebutnya sebagai salah seorang Jendral terbaik Jerman, bahkan mungkin yang terpandai.


7Erwin Rommel

jenderalnazi7

Adalah seorang Jenderal yang mendapat pujian dari musuh bebuyutan-nya sendiri, yaitu Inggris. Perdana menteri Inggris pada waktu itu memuji Erwin Rommel sebagai Jenderal yang luar biasa. Sebagai penghargaan, Rommel dipromosikan menjadi Jenderal dan panglima dari 2 divisi AD Jerman yaitu Divisi Ringan ke-5 (kemudian direorganisir dan redesain sebagai Divisi Panzer ke-21) dan Divisi Panzer ke-15, yang dikirim ke Libya pada awal 1941 untuk menolong pasukan Italia yang menderita kekalahan besar di front Afrika Utara. Pasukannya inilah cikal bakal terbentuknya Deutsches Afrika Korps atau pasukan Jerman di Afrika.


6Heinz Guderian

jenderalnazi6

Jerman perlu berterima kasih dengan Jenderal yang satu ini. Selain ahli dalam strategi perang dia adalah seorang pelopor dalam pengembangan peperangan lapis baja (panzer dan tank), dan merupakan inisiator terkemuka tank dan mekanisasi di Wehrmacht (Angkatan Bersenjata Jerman).


5Wilhelm Mohnke

jenderalnazi5

Mohnke lahir di Lübeck pada 15 Maret 1911, Jenderal Wilhelm Mohnke adalah seorang jenderal yang bertahan pada detik-detik akhir penyerahan jerman terhadap sekutu. Ia bertahan dengan para jenderal lain mempertahankan Jerman di dalam bunker persembunyian. Kenapa ia menjadi terkenal, karena pada detik-detik penyerahan, Mohnke mendapat tugas dari Fuhrer untuk menjadi komandan benteng pertahanan terakhir Jerman di Berlin.


4Helmuth Otto Ludwig Weidling

jenderalnazi4

Jenderal kharismatik ini sebenarnya akan di eksekusi oleh fuhrer karena diduga menarik pasukannya tanpa ijin dari front perlawanan melawan sekutu. Namun setelah dipanggil ke markas darurat yang ada si bunker Berlin, semua tuduhan itu tidak terbukti. Bahkan Jenderal Weilding dipercaya oleh fuhrer untuk menjadi komandan tentara pertahanan yang tersisa di Berlin untuk bertahan. Weidling lahir pada 2 November 1891 di Halberstadt, Provinsi Saxony, Jerman. Ia masuk militer pada tahun 1911, pada awal karir, ia bertugas pada resimen artileri medan di Breslau.


3Robert Ritter von Greim

jenderalnazi3

Salah satu Jenderal dari angkatan udara Jerman atau disebut juga Luftwaffe. Lahir pada 22 Juni 1892 di Bayreuth, di Kerajaan Bavaria, Kekaisaran Jerman. Sebelum menjadi Jenderal pada masa Hitler, Greim adalah kadet tentara dari 1906 ke 1911. Ia bergabung dengan Tentara Kekaisaran Jerman pada 14 Juli 1911, beberapa tahun sebelum Perang Dunia Pertama. Pada masa hitler lah, tepatnya saat Jerman akan runtuh, ia diangkat menjadi komandan tertinggi pasukan udara jerman.


2Hermann Goering

jenderalnazi2

Tokoh ini bisa dibilang adalah politikus juga. Salah satu tokoh berpengaruh di pemerintahan Jerman Reich ke tiga pimpinan Adolf Hitler. Herman Goering pada masa keruntuhan Jerman melarikan diri, dan mengirim telegram kepada Hitler yang isinya untuk mengambil alih kekuasaan dari Hitler karena Hitler dianggap sudah tak berdaya pada waktu itu.  Kejadian ini membuat Hitler menjadi marah besar, dan memerintahkan untuk menangkapnya untuk di eksekusi.


1Heinrich Himmler

jenderalnazi1

Dan inilah Jenderal paling tertinggi di pasukan Jerman. Himmler paling terkenal dari yang lainnya karena ia memang memegang semua kendali kepolisian maupun tentara Jerman pada saat itu. Sebagai Reichsführer-SS, ia mengendalikan SS dan Gestapo serta menjadi organisator utama Holocaust (pemusnahan orang Yahudi). Pada detik-detik terakhir, dia berkhianat pada Hitler, dia meninggalkan Hitler dan berusaha untuk menyerah kepada sekutu yang mana itu adalah sebuah pengkhianatan besar pada Hitler.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry