Horror Misteri

10 Kapal Hantu dengan Cerita Mistisnya yang Terkenal!

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, tak terkecuali kepercayaan terhadap legenda yang tertuang dalam berbagai bentuk salah satunya dongeng yang menceritakan asal usul suatu wilayah maupun cagar budaya terbentuk. Sebut saja Gunung Tangkuban Perahu dan Candi Prambanan. Keyakinan masyarakat akan cerita dongeng tersebut sungguh besar dan bahkan menjadi kepercayaan beberapa orang. Tapi apa jadinya bila mereka mendengar legenda mengenai kapal hantu?

Legenda mengenai kapal hantu mungkin masih terdengar asing di telinga beberapa orang terutama masyarakat Indonesia. Bisa jadi karena hal ini jarang terjadi dan menjadi legenda di wilayah nusantara. Namun bukan berarti legenda itu tidak ada dan tidak dipercayai oleh beberapa masyarakat dunia yang mengenal adanya sepuluh kapal hantu paling terkenal di dunia ini. Ini dia ulasan singkatnya.


10The Flying Dutchman

kapalhantu10

Namanya populer lewat film kartun Spongebob Squarepants dan film layar lebar Pirates of The Carribean. Bisa jadi kapal hantu satu ini merupakan legenda yang paling terkenal di seluruh dunia mengenai kisah Kaptek Hendrick Van Der Decken yang menolak memutar kapalnya ketika terjadi badai dalam perjalanannya dari Tanjung Good Hope di Afrika Selatan. Ketidak setujuannya untuk memutar kembali arah kapal mendapat protes keras dari para awak yang kemudian membuatnya frustasi dan pada akhirnya justru menembak awak kapalnya sendiri dan membuangnya ke laut.

Langit memperingatkannya bahwa ia adalah seorang kapten yang keras kepala, Kapten Hendrick lantas balik mengancam langit dengan menodongkan pistol ke arah atas. Naas, pistol tersebut justru meledak di tangannya dan berakhir dengan kutukan langit yang menyatakan bahwa ia akan selamanya ditakdirkan mengelilingi lautan dengan roh mati dari awak kapal, membawa kematian bagi siapapun yang melihat kapalnya, serta ia tidak akan pernah menemukan kedamaian.


9Octavius

kapalhantu9

Kapal ini ditemukan oleh kapal pemburu paus tahun 1775. Kru kapal penemu The Octavius kemudian menaikinya dan menemukan kenyataan bahwa seluruh awak kapal telah meninggal dengan posisi seolah mereka melihat momen kematian mereka sendiri. Sang Kapten ditemukan meninggal dalam keadaan sedang menulis catatannya sendiri.

Kapal Octavius ini diketahui memulai pelayaran tahun 1761 dengan asumsi berakhirnya kapal ini karena terperangkap dalam es melewati Alaska Utara. Setelah kejadian penemuan Kapal Octavius oleh para pemburu paus, kapal ini tidak pernah dijumpai lagi dan melanjutkan pelayarannya mengelilingi lautan.


8Baychimo

kapalhantu8

Baychimo merupakan kapal perdagangan kulit bulu di sekitar barat laut Kanada serta diketahui pelayaran terakhirnya adalah tahun 1931, diketahui sebabnya adalah kapal tersebut terperangkap dalam es di pesisit pantai kota Barrow. 4 tahun setelah kejadian tersebut tersebar rumor mengenai penampakan kapal ini sepanjang pesisir pantai Kanada.

Tahun 2005, Pemerintah Alaska memutuskan untuk membentuk operasi dengan maksud menemukan kapal hantu ini namun tidak membuahkan hasil hingga saat ini dan tidak ada yang tahu mengenai nasib kapal Baychimo.


7Lady Lovibond

kapalhantu7

Cerita yang menyelimuti kapal hantu ini juga menyeret perasaan dari kapten dan kru kapal. Kapten kapal, Simon Reed, membawa sang istri, Annette, naik di atas kapal untuk merayakan pernikahannya. Kepercayaan yang beredar saat itu adalah kesialan akan menimpa mereka yang membawa wanita ke atas kapal. John Rivers, perwira pertamanya, ternyata memendam perasaan cinta kepada Annette dan terbakar cemburu ketika melihat Reed dan Annette berdua.

Ia pun mengarahkan kapal ke Goodwin Sands yang dipercaya sebagai sebuah wilayah yang terkenal dengna kapal hantu dan kecelakaan kapal. Rumornya, Kapal Lady Lovibond ini akan muncul setiap 50 tahun sekali dengan perawakan yang dipenuhi cahaya hijau yang menyeramkan.


6Ourang Medan

kapalhantu6

Sebuah pesan berisi kode morse diterima dari sebuah kapal kargo Belanda tahun 1947, Ourang Medan. Inti pesan tersebut adalah semua kru telah meninggal dunia termasuk si pengirim pesan. Dengan mengandalkan sinyal dari pesan tersebut, tim maritim Belanda berhasil menemukan kapal Ourang Medan.

Misi penyelamatan dimulai dan kru penyelamat begitu terkejut melihat isi kapal yang menunjukkan kru meninggal dalam keadaan aneh bahkan ada yang dalam posisi berdiri dengan melihat ke arah langit. Belum sempat memasuki lebih dalam, terjadi ledakan di Kapal Ourang Medan ini dan mengharuskan tim penyelamat kembali ke kapal penyelamat sebelum ikut tenggelam bersama kapal hantu ini.


5Caleuche

kapalhantu5

Caleuche merupakan sebuah legenda yang dipercaya dan berasal di mitologi Chilota, Chile. Caleuche digambarkan sebagai sebuah kapal hantu yang selalu datang setiap malam di dekat pulau Chiloe dan dipercaya bahwa kapal tersebut dipenuhi roh orang-orang yang telah meninggal karena tenggelam. Roh ini dipercaya dipanggil oleh Sirena Chilota, Pincoya, dan Picoy, yang merupakan 3 roh air dan dipercaya berbentuk putri duyung.


4Kapal Hantu Northumberland Strait

kapalhantu4

Kapal hantu ini digambarkan sebagai sebuah kapal sekunar dengan layar putih yang semuanya diselimuti api yang berkobar. Legenda yang dipercaya menyatakan bahwa penampakan kapal hantu ini merupakan sinyal dari adanya badai besar yang akan segera datang.

Banyak pelaut beserta kru kapal bergegas menyelamatkan kru kapal hantu tersebut setelah melihat penampakannya namun kapal hantu ini selalu menghilang ketika kapal penyelamat berusaha mencari sumbernya. Dikabarkan kapal hantu ini muncul lagi pada tahun 2008 dan disaksikan oleh seorang pemuda bernama Mathieu Giguere yang menyatakan bahwa ia telah melihat sebuah kapal putih dan seterang emas.


3Young Teazer

kapalhantu3

Young Teazer merupakan kapal sekunar Amerika yang diketahui memburu kapal perdagangan milik Kerajaan Inggris pada tahun 1813. Sayangnya, kapal ini dikejar oleh Kapal Nova Skotlandia Baru lalu kabur ke kedalaman laut. Belum selang lama, kapal ini dikejar lagi oleh Kapal Perang HMS La Hogue yang membuatnya kehilangan arah untuk melarikan diri. Keadaan seperti ini membuat kapten Kapal Young Teazer menjadi gila dan akhirnya melempar api ke ruang amunisi, membuat dirinya dan kru kapal terbunuh. Banyak saksi yang menyatakan bahwa mereka telah melihat penampakan kapal hantu ini terutama sering terlihat 3 hari menjelang bulan purnama.


2Mary Celeste

kapalhantu2

Mary Celeste merupakan sebuah kapal perdagangan yang ditemukan pada tahun 1872 dengan keadaan yang masih layak. Tetapi ada hal yang kurang dari kapal tersebut, yaitu kapal penyelamatan darurtan, catatan kapten, serta seluruh kru yang hilang secara misterius. Tidak terdapat tanda-tanda perlawanan yang mungkin muncul bilamana adanya serangan terhadap kapal ini. Misteriusnya, 13 tahun kemudian setelah melewati 17 kali pergantian pemilik, pada akhirnya kapal ini menyisakan akhir cerita yang sama, kematian tragis pada seluruh kru kapal beserta sang kapten.


1Eliza Battle

kapalhantu1

Kapal ini merupakan kapal steamboat mewah yang mengangkut para VIP beserta Presiden. Tahun 1858 kapal ini mengalami kecelakaan yang menyebabkan kebakaran seluruh kapal dan membuatnya kehilangan kontrol dan akhirnya tenggelam. Sisa kapal ditemukan berupa 28 kaki di permukaan laut, di bawah jembatan yang letaknya tidak jauh dari Alabama State Road 114.

Rumor yang beredar mengenai kapal hantu ini adalah kemunculan kapal ini saat banjir musim semi dan mendekati malam bulan pernama. Kepercayaan warga sekitar yang menyaksikan penampakan kapal ini adalah munculnya kapal Eliza Battle sebagai tanda datangnya malapetaka dan bencana yang mendekati Sungai Tombigbee.


Terlepas dari benar tidaknya cerita ini, legenda adalah legenda, yang membuatnya nyata adalah bagaimana kepercayaan pendengarnya. Anda percaya dengan legenda kapal hantu ini?

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!