Musik

Inilah 10 Lagu Anak Paling Populer di Indonesia Versi Jadul

Anak-anak era 1980-an dan 1990-an mungkin bisa dibilang lebih bahagia. Pasalnya, di zaman itu ada banyak sekali lagu anak-anak yang menemani mereka bermain setiap hari. Sebut saja lagu-lagu seperti “Abang Tukang Bakso”, “Bala Bala”, atau “Aku Cinta Rupiah”. Sangat jauh berbeda dengan anak zaman sekarang yang harus terpaksa menikmati lagu-lagu dewasa, karena minimnya lagu anak-anak. Nah, berikut ini 10 lagu anak paling populer di Indonesia.


10“Idih Papa Genit”

Lagu anak yang satu ini diciptakan oleh Raja Dangdut, Rhoma Irama, dan dinyanyikan oleh putri sulungnya, Debby Irama. Lagu “Idih Papa Genit” ini hadir dengan nada dan lirik yang ringan, sehingga bisa mencuri perhatian banyak anak-anak di masa itu. Bahkan, hingga saat ini, lirik “Idih Papa Genit” pun masih sering terlontar dari mulut banyak orang, tidak peduli usianya, meski pun hanya untuk sekadar menggoda seseorang yang kebetulan bersifat sama.


9“Koboi Cilik”

Sekitar empat dekade silam, artis senior Adi Bing Slamet pun pernah menjadi penyanyi cilik dan membawakan sejumlah lagu anak yang sempat populer di masa tersebut. Salah satunya adalah lagu berjudul “Koboi Cilik”. Dengan suara yang tinggi dan lantang, serta semangat yang meluap-luap, dia menyanyikan lagu soundtrack film berjudul sama arahan sutradara Sofyan Sharna ini. Lagu ini bisa diingat banyak orang karena menyimpan pesan-pesan positif.


8“Buah Manggis”

Ira Maya Sopha jadi penyanyi cilik yang membawakan lagu anak berjudul “Buah Manggis” ini di era tahun 1980-an. Menariknya, lagu anak yang satu ini hadir dalam format funk-rock yang antik dengan seksi rhythm erat dan diselimuti suara synth yang terdengar terkontaminasi halusinogen. Tak heran jika lagu ini masuk dalam album kompilasi eklektik Indonesia Pop Nostalgia: Pan – Indonesian Pop, Folk, Instrumentals & Children”s Songs 1970s-1980s (2012).


7“Mari Bergoyang”

Dengan lirik yang sederhana, lagu anak berjudul “Mari Bergoyang” yang didendangkan oleh penyanyi cilik Dina Mariana ini mampu menghadirkan kenangan bagi anak-anak di era 1980-an. Sesuai dengan judulnya, lagu anak yang juga dimuat di album Indonesia Pop Nostalgia ini muncul dengan aransemen yang memicu setiap pendengar untuk berdansa. “Melangkah ke kanan/Melangkah ke kiri/Bergoyang bersama/Menurut irama,” demikian lirik lagu ceria ini.


6“Naik Delman”

Ibu Sud menjadi pencipta lagu anak ini, dan menjadi salah satu lagu anak paling populer di Indonesia hingga sekarang. Lagu “Naik Delman” ini juga menjadi salah satu lagu anak dengan lirik yang paling mudah dicerna. Tidak perlu waktu lama untuk membuat para pendengarnya bisa menghafal lagu ini dengan cepat. Apalagi, terdapat bagian berupa tiruan sepatu kuda pada liriknya, yang bisa menghadirkan suasana ceria saat menaiki delman bagi anak-anak.


5“Jangan Takut Gelap”

Aransemen lagu anak berjudul “Jangan Takut Gelap” ini sangat renyah. Hasil dari kolaborasi maut antara seorang anak perempuan imut berbakat bernama Tasya, dengan dua personel band terbesar pada masanya, Sheila On 7, yakni Duta dan Eros. Lirik lagu ini pun juga sangat menenangkan, yang bisa benar-benar menghapus rasa takut anak-anak terhadap suasana gelap di kamar. Irama melodi gitar akustik bernafas blues yang mengiringinya terasa merdu.


4“Helly”

Satu lagi lagu anak dari penyanyi cilik era 1980-an, Chicha Koeswoyo, seangkatan dengan Adi Bing Slamet, Ira Maya Sopha, dan Dina Mariana. Lagu “Helly” ini ditulis oleh Nomo Koeswoyo yang merupakan ayah dari sang penyanyi, serta drummer pertama grup Koes Bersaudara. Meski sudah berpuluh tahun sejak lagu ini dirilis, ternyata masih banyak anak-anak kecil yang lancar menyanyikannya. Bukti bahwa lagu anak ini bisa bertahan dari masa ke masa.


3“Kembali ke Sekolah”

Kemunculan lagu berjudul “Kembali ke Sekolah” ini di awal tahun 2000-an, menjadi penanda keberlangsungan era lagu anak dari masa 1990-an. Dengan lirik yang sangat dekat dengan anak-anak, ditambah lagi aransemen apik yang diciptakan oleh Elfa Secioria dan Vera Sylvina yang didominasi bebunyian alat gesek serta tiup, membuat lagu anak yang satu ini benar-benar menjadi fenomena di kala itu. Tak sedikit anak-anak yang hafal lagu bernada ceria ini.


2“Balonku”

Kesederhanaan lirik dari lagu yang diciptakan oleh Pak Kasur ini menjadi nilai lebih yang bisa membuatnya begitu mudah lekat di kepala anak-anak. Bahkan, bisa jadi lagu “Balonku” ini menjadi lagu anak yang paling sering pertama kali dikuasai oleh anak-anak Indonesia. Meski terkesan sangat enteng, namun untuk membuat lagu dengan kadar efektivitas yang tinggi seperti ini sebenarnya jauh lebih susas dari kelihatannya. Itu pulalah kejeniusan Pak Kasur.


1“Ambilkan Bulan”

Bisa dibilang, mendiang AT Mahmud merupakan salah seorang pencipta lagu anak paling wahid yang pernah dimiliki Indonesia. Lagu anak berjudul “Ambilkan Bulan” ini menjadi salah satu karya terbaik sepanjang karirnya. Menurut cerita, penulisan lagu ini awalnya dipicu oleh permintaan anak dari sang pencipta untuk mengambilkan bulan di langit. Meski pun sempat bingung, namun dia berhasil menjelajahi dunia fantasi anak dengan daya imajinasi tinggi.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry