Dunia Medis

Inilah 10 Makanan Paling Tinggi Asam Folat

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dari makanan adalah kandungan asam folat. Fungsi utama asam folat adalah mencegah terjadinya kecacatan janin. Ibu hamil yang memenuhi kebutuhan asam folatnya dengan baik memiliki kemungkinan lebih besar untuk melahirkan anak yang normal dan sehat. Meskipun sudah ada vitamin asam folat yang bisa dikonsumsi, ada baiknya ibu hamil juga tidak mengabaikan makanan tinggi asam folat. Berikut 10 makanan tinggi asam folat yang wajib dikonsumsi ibu hamil.


10Roti Gandum

makanantinggiasamfolat10

Wheat bread atau roti gandum adalah salah satu makanan yang tinggi asam folat. Tekstur roti ini memang kasar dan berwarna coklat, tetapi tinggi serat. Warna coklat dari wheat bread bukan karena pewarna atau campuran cokelat, tetapi karena kandungan yang terdapat dalam biji gandum. Wheat bread mengandung asam folat 1,6 kali lebih banyak daripada roti biasa.


9Jeruk

makanantinggiasamfolat9

Buah jeruk ternyata memiliki banyak manfaat bagi manusia. Selain disebut-sebut mengandung banyak vitamin C, ternyata jeruk juga cocok dikonsumsi ibu hamil. Baunya yang segar tentu saja sangat disukai oleh ibu hamil yang kadang mengalami mual dan muntah. Dalam satu butir jeruk terdapat 50mcg asam folat yang membuat makanan ini digolongkan dalam kelompok makanan tinggi asam folat.


8Brokoli

makanantinggiasamfolat8

Ternyata, brokoli adalah salah satu makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil karena merupakan makanan tinggi asam folat. Brokoli mengandung asam folat sebanyak 63mcg per 100 gram. Selain asam folat, brokoli juga mengandung vitamin C dan kalsium yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Cara mengolah brokoli sangat mudah, bisa dengan direbus, dikukus, ataupun ditumis.


7Pisang

makanantinggiasamfolat7

Merupakan buah yang tumbuh subur di daerah tropis, pisang sangat mudah didapatkan. Rasanya yang manis tentu semakin membuatnya mudah disukai. Pisang adalah sumber nutrisi yang sangat baik bagi seorang ibu hamil karena kandungan yang terdapat di dalamnya. Pisang juga memiliki kandungan karbohidrat yang banyak.


6Kubis

makanantinggiasamfolat6

Selanjutnya, makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil adalah kubis karena menjadi sumber asam folat yang tinggi. Ada beragam jenis kubis yang bisa dikonsumsi seperti kubis putih, kubis ungu, dan kubis hijau. Makanan ini juga kaya serat dan mengandung anthocyanin yang bisa mencegah kanker.


5Asparagus

makanantinggiasamfolat5

Siapa yang senang makan asparagus? Makanan ini tampaknya tidak terlalu populer di kalangan masyarakat. Padahal, asparagus adalah makanan tinggi asam folat yang juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup lengkap, seperti vitamin E, vitamin K, vitamin C, mangan, dan sebagainya. Khusus untuk asam folat, di dalam asparagus terkandung 135 mcg per 100 gram


4Bayam

makanantinggiasamfolat4

Bayam mengandung asam folat setidaknya 194 mcg per 100 gr penyajian. Tingginya kandungan asam folat dalam makanan ini tentu sangat baik untuk janin maupun ibu hamil. Bayam juga bagus untuk kesehatan jantung serta bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Keuntungan lainnya adalah sayuran ini sangat mudah didapat.


3Alpukat

makanantinggiasamfolat3

Jika ingin mengonsumsi buah yang kaya akan asam folat, cobalah alpukat. Selain rasanya yang enak, buah ini mengandung setidaknya 20 mcg per 100 gr. Ada pula vitamin K, E, B5, dan potasium yang sangat bermanfaat bagi seorang ibu hamil. Alpukat bisa dikonsumsi sebagai salad atau jus yang segar kapanpun diinginkan.


2Kacang-kacangan

makanantinggiasamfolat2

Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil seperti kacang lentil, kacang polong, kacang almond, maupun kacang tanah. Semua jenis kacang tersebut sangat cocok dikonsumsi oleh seorang ibu hamil karena merupakan makanan tinggi asam folat. Terdapat kandungan yang sangat tinggi dalam kacang-kacangan tersebut. Bahkan dalam kacang lentil, kandungan asam folat hampir mencapai 45 persen.


1Bit Merah

makanantinggiasamfolat1

Bisa dibilang, buah bit bukan makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Buah ini berbentuk seperti umbi-umbian dan sering diolah menjadi salad atau jus. Di dalam bit, kita bisa menemukan kandungan seperti karbohidrat, protein, asam folat, dan sebagainya. Ada sekitar 107 mcg dalam 100 gr buah bit. Selain itu, bit juga membantu ibu hamil supaya tidak cepat lelah.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Susu ibu hamil Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Susu ibu hamil
Guest

Infonya sangat bermanfaat, sayangnya sering mual kalau lagi hamil ujungnya tidak jadi makan bergizi. Cuma bisa mengandalkan susu kehamilan atau mungkin jus buah bit layak dicoba juga.

error: Sorry