Dunia & Peristiwa

Inilah 10 Negara dengan Harga Rokok Termahal di Dunia

Masyarakat sempat Indonesia dikejutkan dengan kabar soal rencana kenaikan harga rokok mencapai Rp 50.000 per bungkus pada pertengahan tahun 2016. Meski itu hanyalah gagasan dari hasil penelitian, dan memang belum diterima Pemerintah Indonesia hingga kini, namun tetap sempat membuat heboh. Padahal, harga itu masih terbilang murah jika dibandingkan dengan negara lain. Coba lihat 10 negara dengan harga rokok termahal di dunia berikut ini.


10Irlandia

negaradenganrokoktermahal10

Masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh merokok ternyata jadi salah satu perhatian penting bagi Pemerintah Irlandia. Mereka tidak ingin warganya mengalami keterpurukan kesehatan. Oleh karena itu, makanya tidak heran jika harga rokok yang dijual di minimarket di negara tersebut dibanderol cukup mahal. Harga satu bungkus rokok di Irlandia ternyata bisa mencapai Rp 90.997. Harga itu tentunya masih akan naik lagi seiring berjalannya waktu.


9Skotlandia

negaradenganrokoktermahal9

Salah satu negara dari kawasan Britania Raya ini ternyata telah melarang pemajangan rokok di setiap minimarket atau toko sejak beberapa tahun yang lalu. Pemerintah Skotlandia tentu sangat khawatir jika para remaja akan merokok di usia yang masih muda, hingga kemudian bisa mengganggu kesehatan. Untuk itu, mereka pun mengeluarkan sejumlah kebijakan, termasuk juga dengan menaikkan harga rokok hingga mencapai Rp 93.490 per bungkus.


8Islandia

negaradenganrokoktermahal8

Harga rokok di Islandia sekitar Rp 94.362 per bungkus. Kebijakan harga rokok yang mahal ini jadi salah satu cara pemerintahan negara tersebut untuk menekan jumlah konsumsi rokok. Selain itu, mereka juga mengharuskan penjualan rokok tidak boleh terlihat di toko-toko, alias dilarang melakukan jual beli rokok. Bahkan, mereka juga merencanakan kebijakan pembelian rokok hanya berdasarkan resep dokter, meski pun wacana tersebut masih diperdebatkan.


7Norwegia

negaradenganrokoktermahal7

Inilah salah satu negara yang sangat keras melarang rokok. Bahkan, Pemerintah Norwegia telah melarang untuk memajang rokok di toko-toko. Gara-gara kebijakan itu, pemerintah setempat pun sempat dituntu oleh produsen rokok terbesar di Nowegia, Philip Morris, meski pun berakhir dengan kekalahan produsen rokok Marlboro tersebut. Sedangkan soal harga, rokok-rokok di Norwegia dibanderol sekitar 75NOK, atau mencapai Rp 125.000 per bungkus.


6Swedia

negaradenganrokoktermahal6

Banyaknya warga yang beralih ke produk smokeless tobacco, membuat Pemerintah Swedia mengeluarkan kebijakan kenaikan harga rokok secara signifikan. Harganya pun kini mencapai 80SEK, atau sekitar Rp 125.000 per bungkus. Negara ini memang sama kerasnya dengan Norwegia dalam hal pembatasan rokok, meski pun rencana larangan penjualan rokok masih menjadi perdebatan. Tak heran jika, penjualnya pun sering tidak punya banyak stok rokok.


5Amerika Serikat

negaradenganrokoktermahal5

Negeri Paman Sam menjadi salah satu negara dengan harga rokok termahal di dunia. Di sana, harga rokok bisa mencapai Rp 150.000 per bungkus, terutama di Kota New York dan Los Angeles (LA). Bahkan, di LA pun telah ada peraturan hukum larangan merokok di ruang terbuka umum sejak tahun 2006 silam. Jika ada yang ketahuan melanggar aturan tersebut, maka akan didenda sebesar 500 dolar AS, atau mencapai Rp 6,5 juta, serta tuntutan hukum.


4Inggris

negaradenganrokoktermahal4

Pemerintah Inggris sudah menetapkan harga rokok sebesar 10GBP, atau sekitar Rp 170.000 pr bungkus. Selain menaikkan harga rokok demi untuk mengurangi pengguna rokok, mereka juga telah mengeluarkan peraturan tentang kemasan rokok polos, tanpa mencantumkan merek. Hal ini dilakukan untuk mencegah kaum muda dari kebiasaan merokok. Meski pun aturan soal kemasan rokok polos itu telah lebih dulu ditetapkan dan dijalankan di Australia.


3Kanada

negaradenganrokoktermahal3

Negara ini telah mendorong para warga untuk berhenti merokok demi menjaga kesehatan. Tidak hanya itu, Pemerintah Kanada juga sudah menetapkan harga rokok yang sangat mahal. Banderol setiap bungkus rokok di Kanada ternyata mencapai sekitar CA$ 16-20, atau sekitar Rp 160.000 – Rp 200.000. Bahkan, di Kota Ontario, para pembeli rokok pun juga diharuskan untuk membayar pajak rokok tersebut lebih mahal jika memang tetap ingin membelinya.


2Selandia Baru

negaradenganrokoktermahal2

Setiap rokok yang dijual di Selandia Baru dibanderol dengan harga rata-rata 17 dolar AS atau sekitar Rp 226.000 per bungkus. Harga ini terus meningkat setiap tahunnya sejak tahun 2012 lalu, karena ada peningkatan pajak rokok. Pemerintah Selandia Baru sendiri memang tengah berupaya menghilangkan peredaran rokok pada tahun 2025, sehingga harganya terus naik. Bahkan, di tahun 2020, harga rokok di sana diperkirakan mencapai Rp 960.000 per bungkus.


1Australia

negaradenganrokoktermahal1

Australia menjadi negara dengan harga rokok termahal di dunia. Pemerintahan di negara ini memiliki peraturan kenaikan pajak rokok setiap tahun sejak tahun 2012 lalu, sehingga harga rokok pun terus mengalami kenaikan. Setidaknya, sebanyak 13 AUS$ atau sekitar Rp 200.000 dari setiap bungkus rokok yang terjual masuk ke kas negara sebagai pajak. Sementara itu, saat ini harga rokok di negeri Kanguru ini sudah mencapai 25 AUS$ atau sekitar Rp 260.000.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Fauzhan Syabhil Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Fauzhan Syabhil
Guest
Fauzhan Syabhil

untung lah rokok di Indonesia gak jadi naik..
wkwkwk

error: Sorry