Budaya & Literatur

Inilah 10 Novelis Romantis Paling Terkenal

Siapa yang suka baca buku? Salah satu jenis fiksi yang sangat digemari adalah novel. Saat ini, ada banyak sekali pilihan novel yang ditawarkan di toko-toko buku. Dengan pilihan sebanyak itu, tentu bingung kan menentukan mau membaca buku apa. Sebelum memilih buku, ada baiknya kita mengenali penulisnya terlebih dahulu. Dengan mengenal siapa penulisnya, kita bisa mengetahui jenis buku apa yang ditawarkannya. Misalnya, ada penulis yang khusus menulis tentang kisah-kisah horror, thriller, maupun romantis. Berikut adalah sepuluh novelis romantis paling terkenal di dunia.


10Jane Austen

foto: rachelberman.merytonpress.com

foto: rachelberman.merytonpress.com

Bisa dibilang, Jane Austen adalah penulis wanita yang sangat berpengaruh. Bukan hanya pada masanya, tetapi hingga kini pun nama Jane Austen masih sering didengungkan. Karya-karyanya dianggap sebagai masterpiece yang berisi tentang cerita roman yang menyentuh hati. Misalnya saja Pride and Prejudice, Persuasion, dan sebagainya. Tidak mengherankan jika dimana-mana Jane Austen memiliki fans garis keras.


9Margaret Mitchell

foto: forbookssake.net

foto: forbookssake.net

Margaret Mitchell adalah seorang penulis wanita Amerika. Novelnya yang paling terkenal adalah Gone With The Wind. Dalam novel ini, Mitchell menggambarkan keadaan Amerika pada masa perang. Melalui karyanya tersebut, Mitchell memperoleh Pulitzer pada tahun 1937. Selain itu Margaret Mitchell juga menulis beberapa karya lain seperti The Big Four dan Ropa Carmagin.


8Stephenie Meyer

foto: variety.com

foto: variety.com

Bila dihubungkan dengan karya fiksi romantis populer, nama Stephenie Meyer tidak boleh dikesampingkan. Meyer adalah novelis romantis terkenal yang telah meraup banyak untung dari penjualan buku-bukunya. Nama Stephenie Meyer mulai dikenal publik sejak ia mempublikasikan karyanya berjudul Twilight. Kisah romantis dalam Twilight beserta seri lanjutannya menjadi idola para remaja di seluruh dunia, apalagi setelah dituangkan di layar lebar.


7Nicholas Sparks

foto: hollowverse.com

foto: hollowverse.com

Bukan hanya wanita yang bisa menulis novel romantis. Lihat saja Nicholas Sparks yang merupakan seorang novelis sekaligus penulis skenario dari Amerika Serikat. Kurang lebih, Sparks telah menulis 18 novel yang semuanya berisi kisah cinta yang menyentuh. Karya-karya Sparks yang menarik antara lain A Walk to Remember, Message in A Bottle, dan sebagainya. Sebagian besar karya-karyanya pun telah difilmkan.


6Cecelia Ahern

foto: www.irishexaminer.com

foto: www.irishexaminer.com

Meskipun terbilang muda, Cecelia Ahern bisa menjadi salah satu novelis romantis terkenal yang patut diperhitungkan. Wanita yang lahir pada 30 September 1981 telah menulis beberapa novel romantis, antara lain P.S I Love You dan Where Rainbows Ends. Cecelia mulai menulis pada 2004 lalu.


5Barbara Cartland

foto: www.express.co.uk

foto: www.express.co.uk

Barbara Cartland adalah novelis romantis terkenal yang produktif. Hal ini tampak dari puluhan karya yang ditulisnya. Penulis wanita yang berasal dari Inggris ini memang mengkhususkan karya-karyanya pada ranah fiksi romantis. Lihat saja dari judul-judul novelnya yang khas dan romantis. Beberapa novel yang ditulisnya antara lain This is Love, Who Can Deny Love, dan The Goddes of Love


4Nora Roberts

foto: www.famousauthors.org

foto: www.famousauthors.org

Penulis wanita satu ini dikenal memiliki beberapa nama pena, seperti Jill March atau Sarah Hardesty. Tidak tanggung-tanggung, hingga kini Roberts telah menulis lebih dari 200 novel romance. Roberts mulai menulis pada 1981 dan terus menulis dengan produktif. Dari hasil tulisannya, Nora Roberts telah menangguk banyak sekali keuntungan. Ia juga termasuk penulis yang populer karena karyanya yang nongkrong di daftar Best Sellers dalam waktu lama di New York Times.


3Jackie Collins

foto: authors.simonandschuster.com

foto: authors.simonandschuster.com

Novel pertama Jackie Collins adalah The World is Full of Married Man. Novel ini menjadi kontroversi pada saat penerbitannya karena kontennya yang dianggap tidak layak baca. Namun Jackie Collins terus menulis dan menelurkan berbagai karya lain yang menarik hati para penggemarnya. Sekitar 29 novel berhasil ditulis oleh Collins dan memberinya keuntungan yang besar.


2Danielle Steel

foto: http://themooexchange.com/

foto: http://themooexchange.com/

Penulis lain yang juga masuk dalam jajaran novelis romantis terkenal adalah Danielle Steel. Seperti Nora Roberts, Steel pun telah menulis puluhan novel romance. Prestasi yang telah dicapai Steel adalah masuk dalam Guinness Books of World Records karena masuk dalam daftar buku-buku bestseller di New York Times selama 381 minggu. Wow, lebih dari 7 tahun.


1Emily Bronte

foto: hardcoversandheroines.com

foto: hardcoversandheroines.com

Emily Jane Bronte adalah novelis klasik yang lahir di Thornton pada 1818. Karya satu-satunya yang diterbitkan adalah Wuthering Heights. Novel ini diterbitkan pada 1847 dan menuai banyak respons. Hingga kini, Wuthering Heights menjadi salah satu bacaaan wajib bagi para penikmat sastra baik di Inggris maupun di tanah air. Jadi, siapa bilang menerbitkan satu karya saja tidak bisa terkenal?


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry