Sejarah Sosial

Inilah 10 Pemikir Ternama Dunia

Kehadiran para pemikir di dunia ini sedikit banyak turut berkontribusi terhadap kesejahteraan umat manusia. Hasil perenungan mereka yang tajam bisa digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Berikut adalah sepuluh pemikir ternama dunia yang telah memberi pengaruh besar untuk kehidupan umat manusia yang lebih baik.


10Albert Einstein

pemikirternama10

Kita tidak bisa mengabaikan nama Albert Einstein. Karyanya dalam kehidupan umat manusia sampai kini masih sangat berpengaruh. Ia memiliki peran dalam penciptaan teori kuantum dan mekanik statistik. Namun, ia lebih dikenal sebagai pencipta teori relativitas. Pengaruhnya di bidang Fisika menjadikannya salah satu dari jajaran pemikir ternama dunia.


9Galileo Galilei

pemikirternama9

Sama seperti Albert Einstein, Galileo Galilei juga berperan dalam berbagai penelitian ilmiah. Ia pun dikenal sebagai orang yang berhasil menemukan teleskop dan hal-hal yang berkaitan dengan astronomi. Oleh karena itu, Galileo Galilei dikenal dengan sebutan Bapak Astronomi Modern.


8Sir Isaac Newton

pemikirternama8

Satu lagi ahli Fisika yang menjadi pemikir ternama dunia adalah Sir Isaac Newton. Ia menulis buku berjudul Philosohiae Naturalis Principia Mathematica. Isi buku ini antara lain tentang gravitasi bumi dan hukum gerakan. Artinya berkat Newton, kita bisa memiliki dasar mengenai teori gerakan objek yang ada di bumi atau di langit.


7Socrates

pemikirternama7

Pemikir ternama dunia yang bernama Socrates ini berasal dari Athena. Di sanalah ia mendalami berbagai ilmu pengetahuan sehingga menjadikannya orang yang bijaksana. Pemikirannya yang tajam dan penuh logika adalah dasar yang ia dengungkan sepanjang kehidupannya.


6Plato

pemikirternama6

Plato mendirikan sekolah tingkat tinggi pertama pertama di belahan dunia barat bernama Akademi Platonik. Plato terkait dengan dua nama besar lainnya yaitu Socrates dan Aristoteles dimana Socrates adalah gurunya adan Aristoteles adalah muridnya. Ia terkenal dengan teori bentuk atau teori ide.


5Archimedes

pemikirternama5

Pemikir ternama dunia yang satu ini dikenal sebagai matematikawan, fisikawan, filsuf, dan astronom. Saat ini, nama Archimedes diabadikan dalam sebuah teori bernama Prinsip Archimedes. Teori ini menunjukkan bahwa volume benda yang dimasukkan ke dalam air sama dengan volume air yang tumpah.


4Blaise Pascal

pemikirternama4

Blaise Pascal lahir di Perancis dan meninggal dalam usia 39 tahun. Ia memulai karier penelitiannya pada usia yang sangat muda yaitu 12 tahun dimana ia menciptakan mesin penghitung. Salah satu ungkapan Pascal yang terkenal adalah “Hati mempunyai alasan-alasan yang tidak dimengerti oleh rasio”.


3Aristoteles

pemikirternama3

Pemikir ternama dunia bernama Aristoteles ini memiliki minat dalam banyak hal seperti fisika, etika, retorika, bahkan musik dan teater. Ia dikenal dengan teori logika dan silogisme. Aristoteles menjadi salah satu dari 3 filsuf yang sangat terkenal di dunia Barat selain Plato dan Socrates.


2Charles Robert Darwin

pemikirternama2

Dikenal dengan teori evolusi modern membuat Charles Robert Darwin mengubah pemahaman banyak orang mengenai asal usul umat manusia. Topik-topik pemikirannya yang kontroversial tersebut menjadikannya salah satu pemikir ternama dunia. Ia pun dikenal dengan teori seleksi alam yang menjelaskan apa yang terjadi atas umat manusia sepanjang eksistensinya di bumi ini.


1Copernicus

pemikirternama1

Pemikir bernama Nicolaus Copernicus ini dikenal dengan teorinya mengenai astronomi yaitu heliosentrisme. Teori ini dapat menjelaskan bagaimana bumi dan beberapa planet lain berputar mengelilingi matahari dalam sistem tata surya. Ia pun disebut-sebut haus pengetahuan sehingga ingin mempelajari banyak hal.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry