Sejarah

Inilah 10 Penemuan Harta Karun Terbesar dalam Sejarah Dunia

Selain mengandung banyak barang-barang tambang, ternyata bumi juga menyimpan harta karun. Tidak sedikit orang yang berburu untuk menemukan harta karun tersebut, terutama berupa timbunan emas. Namun, beberapa orang malah tidak sengaja menemukannya dan memperoleh keuntungan besar. Ini 10 penemuan harta karun terbesar dalam sejarah dunia.


10Harta Karun Emas dan ‘Ritual Ganja’ (Rusia)

Para arkeolog menemukan ruangan rahasia di sebuah gundukan makam Scythian kuno dekat Stropovol, Rusia pada 2013. Di dalamnya terdapat harta karun emas seberat 3,17 kilogram yang berasal dari 2.400 tahun silam. Artefak tersebut di antaranya dua vas berbentuk kapal, cincin, kalung, gelang, dan tiga cangkir emas, peninggalan ritual ganja masyarakat Scythian.


9Harta Karun Emas Anglo Saxon (Staffordshire, Inggris)

Pada 5 Juli 2009, pemburu harta karun amatir Teryy Herbert menemukan logam emas di wilayah Hammerwich, Staffordshire, Inggris. Pencarian dilanjutkan arkeolog dari Birmingham melalui proses ekskavasi dan menemukan 3.500 benda, termasuk 5 kg emas dan 1,3 kg perak, yang menjadi penemuan terbesar peninggalan Anglo Saxon dari abad 7 Masehi.


8Harta Karun Malagana (Kolombia)

Seorang petani di Hacienda Malagan, Cauca Valley, Kolombia, menemukan benda bersinar di dalam tanah yang digarapnya. Ternyata harta karun berupa topeng emas, aksesoris tangan, perhiasan, dan peninggalan berharga lain. Sejak itu, pada periode Oktober – Desember 1992 sekitar 5 ribu orang mencoba mencari harta karun lain, dan ditemukan sekitar 4 ton artefak.


7Harta Karun dari Makam Pemimpin Sipán (Peru)

Sebuah makam dari kebudayaan Moche di situs arkeologi Huaca Rajada, dekat Sipán, Peru dibongkar pada 1987. Ditemukan 451 emas, perak, tembaga, tekstil, dan benda-benda yang terbuat dari bulu di makam Pemimpin Sipán, imam prajurit Mochican itu. Dia berhias emas, perak, tembaga, dan ornamen, termasuk hiasan kepala besar berbentuk sabit dan topeng.


6Harta Karun di Bawah Laut (Florida, AS)

Kapal Nuestra Senora de Atocha bernilai 0,5 miliar dolar AS tenggelam di selat Florida, AS pada 4 September 1622. Dalam kapal itu terdapat harta, di antaranya 24 ton perak, 180 koin perak, 582 tembaga batangan, 125 emas batangan dan keping, 20 meriam perunggu, dan 1.200 pon peralatan dari perak. Keluarga penyelam Mel Fisher menemukannya pada 1985.


5Topeng Emas Kematian Raja Agamemnon (Yunani)

Schliemann menemukan lagi harta karun saat menggali kuburan Zaman Perunggu bersama Greek Archaeological Society pada 1976. Ketika itu dia berusaha menemukan makam Raja Mycenae, Agamemnon yang memimpin Yunani selama Perang Trojan. Namun, dia malah menemukan peninggalan petinggi Mycenae, lima di antaranya bertopeng dari emas tebal.


4Harta Karun Priam (Turki)

Proses ekskavasi Hisarlik (sekarang dikenal situs kuno Troy) oleh arkeolog Jerman Heinrich Schliemann malah menemukan harta karun Hisarlik yang dikenal brnama Treasure of Priam pada 31 Mei 1973. Harta karunnya berupa senjata, kuali tembaga, panci dan ketel perunggu, serta banyak benda dari emas dan perak, seperti hiasan kepala, kalung, dan anting-anting.


3Peninggalan Masyarakat Varna (Bulgaria)

Ekskavator bernama Raycho Marinov menemukan pemakaman dari Zaman Tembaga dan artefak emas tertua pada Oktober 1972. Lebih dari 300 makam telah digali, dan ditemukan 22 ribu artefak indah, termasuk lebih 3 ribu barang terbuat dari emas dengan berat 6 kg, dan peninggalan berharga lain dari 7 ribu tahun lalu, peninggalan pengrajin emas dari Varna.


2The Eberswalde Hoard (Jerman)

Harta karun The Eberswalde Hoard ditemukan saat ekskavasi di timur laut Berlin pada 1913. Koleksi prasejarah terbesar dan paling berharga bagi Jerman ini diperkirakan berasal dari abad 11 atau 10 SM, berupa 81 benda emas kuno, termasuk 60 perhiasan lengan berbentuk kawat spiral, 8 mangkuk emas, dan emas batangan, dengan berat total mencapai 2,6 kg.


1Harta Karun Zaman Perunggu (Stonehenge, Inggris)

Arkeolog profesional William Cunnington menemukan mahkota permata Raja Stonehenge di pemakaman dari Zaman Perunggu yang berlokasi 8 kilometer dari Stonehenge (wilayah Bush Barrow sekarang) pada 1808. Selain itu, di sana dia juga menemukan perhiasan, aksesoris emas pada jubah milik raja, dan belati dengan hiasan dari emas yang sangat detail dan rumit.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!