Flora & Fauna

Inilah 10 Reptil Terunik Dan Juga Aneh Diseluruh Pelosok Bumi

Reptil adalah salah satu hewan yang paling sering dijumpai oleh manusia dikehidupan sehari-hari. Sebut saja cicak, sobat Tentik pasti pernah dong melihat cicak dirumah sobat sekalian?

Tahukah sobat? Dunia reptil memiliki banyak sekali ragam penampilan, dari yang terlihat lucu, mengerikan, dan bahkan sangat aneh. Nah, dalam artikel kali ini, saya mau berbagi jenis-jenis reptil yang memiliki penampilan yang unik dan juga aneh. Silahkan dibaca ya sobat.


10Kadal Spiderman

Nama sesungguhnya dari kadal yang banyak terdapat di Afrika ini ialah Kadal Batu Berkepala Merah. Kadal ini adalah salah satu reptil paling spektakuler yang pernah ada dimuka bumi ini.

Kadal batu jantan dapat mengembangkan warna yang cemerlang pada wajah dan tubuhnya selama terkena sinar hangat. Provokasi agresi karena konflik teritorial juga dapat menyebabkan kadal batu jantan cepat memerah dengan warna yang lebih cerah. Kontras antara wajah merah dan tubuh biru cemerlang telah menyebabkan hewan ini menjadi sangat terkenal sehingga dijuluki sebagai Kadal Spiderman.


9Iguana Laut

Kita semua tahu, adaptasi adalah salah satu kekuatan makhluk hidup paling kuat di alam. Perubahan evolusi dapat menyebabkan hewan unik muncul dari genetik hewan yang lebih khas.

Iguana Laut adalah salah satu hewan yang mampu beradaptasi di kepulauan Galapagos dengan kemampuannya untuk menyelam dan memakan rumput laut, dimana ia adalah satu-satunya kadal laut di muka bumi ini.

Iguana Laut sering bersembunyi di bebatuan ataupun karang di antara pantai dan pulau terpencil. Warna iguana laut ialah coklat, merah muda halus, dan hijau yang membuatnya terlihat menonjol di antara bebatuan.


8Gharial

Adaptasi hewan selalu terjadi sejak beberapa juta tahun silam, dimana terjadinya perbuahan bentuk fisik bukanlah rahasia umum dikalangan para peneliti dan bahkan dikalangan para masyarakat awam.

Gharial adalah buaya yang memiliki ukuran cukup besar, bisa mencapai 6 meter panjangnya, tetapi tidak menimbulkan ancaman bagi manusia.

Gharial memiliki moncong yang ramping dengan banyak gigi yang mempermudahnya untuk memakan hampir seluruh ikan.

Namun sayang sekali sobat, Gharial saat ini sangat terancam punah!


7Ular Viper Badak

Ular berbisa (viper) adalah salah satu predator yang paling efektif dan ditakuti di planet ini, bahkan oleh manusia. Ular Viper Badak memiliki corak tubuh yang sangat unik seperti sulaman dengan warna cerah yang membuatnya diakui sebagai salah satu ular paling cantik di dunia. Tanduk diujung moncongnya menambah daya tarik yang eksotis. Warna adalah fitur adaptif yang membantu ular berbaur.

Ular Viper Badak bergerak lambat karena sangat gemuk untuk seekor ular, menciptakan penampilan yang berat dan mengesankan. Meski begitu, sobat Tentik harus hati-hati loh sama ular ini, karena bisa racunnya sangat berbahaya dan mematikan!


6Boa Karet

Boa Karet memiliki bentuk tubuh yang terlihat gemuk dan licin, dimana keunikan ular ini ialah kemampuannya untuk mengontrol suhu tubuh mereka, yang tidak biasa terjadi pada reptil. Boa Karet dapat hidup hingga 70 tahun dan dapat ditemukan di berbagai habitat.

Tahukah sobat? Boa Karet juga dijuluki “ular berkepala dua” karena ia memiliki ekor yang besar yang sekilas akan terlihat seperti kepalanya loh. Ada-ada saja ya sobat!


5Ular Naga

Ular Naga adalah salah satu dari jenis ular dalam genus yang berbeda. Ular aneh ini adalah spesies langka loh sobat. Ular nokturnal ini sangat gemar sekali memakan katak.

Nama ular ini didapatkan karena penampilannya yang seperti naga versi mini, dengan tonjolan-tonjolan unik disepanjang bagian atas tubuhnya.

Ular Naga adalah reptil asli dari Thailand, Burma, dan juga Indonesia loh sobat. Ular ini mulai menarik lebih banyak perhatian di komunitas ilmiah karena penampilannya yang aneh dan sejarahnya yang menakjubkan.


4Mata Mata

Kebanyakan kura-kura adalah hewan yang tampak tidak berbahaya dan juga lucu. Tapi, tidak dengan kura-kura yang satu ini ya sobat. Mata Mata adalah kura-kura karnivora yang hidup di sungai Amazon, Amerika Selatan, bersama dengan ikan piranha dan ular piton raksasa.

Mata Mata tampak seperti hewan prasejarah dengan leher yang berukuran panjang yang memungkinkannya untuk menyambar mangsa yang lewat. Burung air, reptil lainnya dan ikan dapat ditangkap dengan mudah dengan rahang kuatnya yang juga dilengkapi dengan gigi yang tajam. Mau pelihara satu gak sobat?


3Ular Pemakan Telur Afrika

Ular biasanya dikenal karena keganasan dan serangan cepatnya. Namun, Ular Pemakan Telur Afrika mengambil pendekatan yang jauh lebih perlahan dan terkesan santai untuk urusan makan.

Ular ini biasanya menyelinap ke sarang burung untuk mencari telurnya dan menelan telur tersebut utuh dengan rahangnya yang berengsel.

Ular ini tidak memiliki gigi seperti ular kebanyakan, tapi memiliki bagian dalam tubuh seperti gigi yang ada di sepanjang tulang punggungnya. Ketika telur ditelan, “gigi tulang belakang” tersebut akan memecahkan telur saat akan mendekati perut. Unik sekali ya.


2Kadal Tanpa Kaki

Apakah sobat akan bilang kadal ini adalah ular? Yap, memang sepintas akan terlihat tidak ada bedanya dengan ular, meskipun tetap saja reptil ini adalah kadal!

Kadal Tanpa Kaki memiliki kekuatan menggigit yang cukup kuat dan keterampilan berburu yang memungkinkan mereka untuk menjatuhkan berbagai macam mangsa tanpa kesulitan.

Kadal Tanpa Kaki lebih banyak memakan siput dan mereka sering menyeka hidung mereka di tanah untuk membersihkan diri dari lendir setelah makan.


1Penyu Tempurung Lunak Cina

Biasanya, penyu ataupun kura-kura lebih dikenal karena memiliki tempurung yang sangat keras layaknya perisai. Namun, Penyu Tempurung Lunak Cina ini memiliki tempurung yang kasar dan berbentuk seperti gumpalan yang sama sepertinya namanya, tempurungnya lunak. Dimana lebih terlihat seperti katak raksasa aneh ya sobat?

Penyu ini melakukan adaptasi fisik yang sangat aneh yakni memiliki kemampuan untuk buang air kecil melalui mulut mereka! Apa!

Penyu ini mendapatkan perhatian lebih dari para ilmuwan karena kemampuan mereka untuk mengeluarkan urea dari mulut saat terendam air. Metode ini mencegahnya dari kehilangan air dan penumpukan garam yang berlebihan untuk membantu Penyu ini untuk hidup di lingkungannya yaitu di air payau.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry