Teknologi

Inilah 10 Smartphone Terbaik Tahun 2016 Versi AnTuTu

Ada banyak merek smartphone yang meramaikan pasar dunia sepanjang tahun 2016. Setiap ponsel cerdas itu tentunya muncul dengan membawa kelebihan, untuk menarik perhatian konsumen dan memenuhi kebutuhan penggunanya. Dari sekian banyak, pasti ada beberapa yang unggul, baik dari fisiknya, dan terutama kemampuannya. Nah, berikut 10 smartphone terbaik tahun 2016 versi AnTuTu, software pengukur kinerja atau benchmark asal Taiwan.


10ZTE Axon 7

Smartphone dari China ini mengantongi nilai rata-rata 143.463, jauh unggul dibandingkan produk raksasa elektronik dunia, seperti Apple iPhone 6s Plus atau Samsung Galaxy Note 7 dan Galaxy s7 Edge. Kinerja ZTE Axon 7 ini dibekali dengan chipset Snapdragon 820 milik Qualcomm, dengan prosesor quad-core dan pengolah grafis Adreno 530. Kapasitas RAM yang cukup besar, yakni mencapai 4 GB, membuat performanya pun semakin mantap.


9Xiaomi Mi 5s Plus

Produk perusahaan yang kini menjadi distributor smartphone terbesar ketiga di dunia ini punya RAM 6 GB pada salah satu variannya, sedang yang lain dibekali RAM 4 GB. Tak heran jika performa Xiaomi Mi 5s Plus berlayar 5,7 inci ini cukup bagus, sehingga meraih nilai rata-rata 143.788. Chipset yang dibawanya pun terbaru, Snapdragon 821, yang didukung prosesor quad core dengan inti lebih besar dari milik ZTE Axon 7, dan pengolah grafis Adreno 530.


8Asus Zenfone 3

Satu lagi ponsel cerdas keluaran China, sama seperti ZTE dan Xiaomi. Asus Zenfone 3 dengan dua varian, yakni layar 5,3 inci dan 5,5 inci ini sebenarnya mengusung dapur pacu model lama, meski keduanya punya spesifikasi yang sama. Yaitu, dibekali dengan chipset keluaran lama, Snapdragon 625, dan pengolah grafis Adreno 506. Namun, nilai rata-ratanya malah lebih tinggi, 144.610. Mungkin karena disokong prosesor octa-core yang punya delapan inti.


7Xiaomi Mi 5s

Nilai rata-rata yang diraih Xiaomi Mi 5s ini lebih tinggi dibanding dengan saudara kembarnya, Mi 5s Plus, yakni 145.093. Padahal, kedua smartphone yang sama-sama dirilis pada Oktober 2016 itu dibekali dengan dapur pacu yang tidak jauh berbeda. Bahkan, inti prosesor pada ponsel cerdas ini sedikit lebih sempit dengan pilihan RAM yang lebih kecil jika dibanding dengan saudaranya itu. Mungkin, ukuran layar yang mempengaruhi, karena hanya 5,15 inci.


6OnePlus 3

Sama seperti empat produk sebelumnya, salah satu smartphone terbaik tahun 2016 versi AnTuTu ini juga dari Negeri Tiongkok. OnePlus 3 berhasil meraup nilai rata-rata 147.495. Dapur pacunya sendiri terdiri atas chipset Snapdragon 820, dengan prosesor quad-core dan pengolah grafis 530. Namun, kapasitas RAM yang dibawanya memang luar biasa, 6 GB, ditambah lagi dengan memori internal 64 GB. Wajar saja, jika performanya cukup yahud.


5Motorola Moto Z

Ponsel cerdas ini adalah produk dari salah satu perusahaan tertua dI industri telekomunikasi dunia, Motorola, yang sempat dibeli Google dan kini diambil alih Lenovo. Mereka kembali menarik perhatian berkat Motorola Moto Z, yang mencatat nilai rata-rata 148,820. Prosesor quad-core dan pengolah grafis Adreno 530 yang dibawanya memang terbilang cukup gahar. Kelemahannya mungkin pada chipset yang masih menggunakan edisi lama, Snapdragon 820.


4LeEco Le Pro3

Kemunculan produk dari perusahaan China ini dalam daftar lima besar cukup mengejutkan, dengan nilai rata-rata 159.911. Pasalnya, mereka termasuk pemain baru. Tapi, kemampuan LeEco Le Pro3 ini memang memukau, berkat chipset Snapdragon 821, yang juga dipakai oleh smartphone merek raksasa seperti Samsung. Dapur pacunya didukung prosesor quad-core dengan pengolah grafis Adreno 530. Tidak heran jika performa 3D-nya jadi yang terbaik.


3OnePlus 3T

Hanya chipset Snapdragon 821 yang membedakannya dengan OnePlus 3. Meski pun begitu, performa CPU OnePlus 3T yang mengantongi nilai rata-rata 163.013 ini malah tak masuk lima besar. Kelebihannya ada pada UX yang hanya kalah dari duo Apple di posisi puncak, sedang kemampuan 3D malah unggul dari dua produk raksasa Amerika Serikat itu, sama seperti saudara tuanya. Alhasil, smartphone terbaik 2016 kategori Android pun diraihnya.


2Apple iPhone 7

Perangkat keluaran perusahaan Amerika Serikat ini dibekali dengan jeroan berupa chipset Apple A10 Fusion, prosesor quad-core 2,34 GHz dan pengolah grafis PowerVR Series7XT Plus, yang berjalan di sistem operasi iOS 10.0.1. Sedang kapasitas RAM-nya sebesar 2 GB. Dengan spesifikasi itu, Apple iPhone 7 dengan layar 4,7 inci ini sukses meninggalkan para pesaingnya, berkat nilai rata-rata 172.001. Bahkan, performa CPU dan UX-nya lebih baik dari sang juara.


1Apple iPhone 7 Plus

Inilah smartphone terbaik tahun 2016 versi AnTuTu, dengan nilai rata-rata 181.316. Namun, jika melihat nilai CPU, UX, dan 3D dari Apple iPhone 7 Plus ini, malah masih kalah dibanding ponsel cerdas lain dalam lima besar. Spesifikasi dapur pacu yang dibawanya sama dengan saudara kembarnya, Apple iPhone 7, hanya berbeda pada RAM yang berkapasitas 3 GB. AnTuTu menyebut perangkat berlayar 5,5 inci ini unggul berkat dukungan chipset A10-nya.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry