Olah Raga

Inilah 10 Stadion Sepak Bola Terbaik di Indonesia

Sepak bola jadi salah satu olahraga paling diminati di Indonesia, selain bulutangkis. Penikmat olahraga yang melibatkan 22 pemain dan satu wasit ini tersebar di mana-mana, hingga ke pelosok Tanah Air. Tak heran jika pertandingan sepak bola yang digelar di stadion di negeri ini selalu ramai oleh para penonton. Berikut ini 10 stadion sepak bola terbaik di Indonesia.


10Stadion Utama (Riau)

Stadion Utama dibangun pada 2009 dengan biaya Rp 1,18 triliun untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012. Stadion yang berarsitektur mirip Allianz Arena, markas Bayern Munchen di Jerman ini menggunakan sistem single seater di seluruh tribun. Tak heran jika pernah masuk nominasi stadion terbaik dunia Stadiumdb.com pada 2012.


9Stadion Batakan (Balikpapan)

Pembangunan stadion di Balikpapan, Kalimantan Timur ini memang belum selesai. Namun, jika Stadion Batakan dengan desain mirip Emirates Stadium milik Arsenal ini sudah selesai, maka akan menjadi salah satu stadion terbaik di Indonesia. Salah satu kelebihannya, stadion berkapasitas 42.000 penonton ini dilengkapi ruang ganti seperti di stadion-stadion Eropa.


8Stadion Maguwoharjo (Sleman)

Banyak yang menjulukinya sebagai ‘San Siro Mini’, karena bentuknya memang mirip dengan markas AC Milan dan Inter Milan di Italia itu. Stadion Maguwoharjo ini mampu menampung 40.000 penonton. Rumputnya juga sudah menggunakan jenis zoysia matrella (ZM), jenis rumput terbaik kelas satu untuk lapangan sepak bola. Sistem drainasenya juga sangat bagus.


7Stadion Aji Imbut (Kutai Kartanegara)

Bentuk atapnya mirip dengan Stadion Sapporo, Jepang, jenis membrane, yang membentang di tribun timur dan barat. Sedang tirbun utara dan selatannya malah tidak ada, sehingga arsitekturnya terlihat sangat unik untuk di Indonesia. Lintasan atletiknya juga berwarna biru, berbeda dengan kebanyakan. Sedang kapasitasnya sudah mencapai 35.000 tempat duduk.


6Stadion Manahan (Solo)

Inilah markas banyak tim musafir di kompetisi sepak bola Tanah Air. Alasannya, karena Stadion Manahan berkapasitas 35.000 penonton ini adalah salah satu stadion sepak bola terbaik di Indonesia. Sejumlah pertandingan penting pernah digelar di stadion ini, seperti final Piala Indonesia 2010 dan uji coba Indonesia vs Malaysia sebelum Piala AFF 2016 lalu.


5Stadion Mandala (Jayapura)

Organisasi sepakbola Asia, AFC, pernah menjadikan Stadion Mandala sebagai stadion terbaik di Indonesia pada 2011 silam. Meski tak ada yang istimewa dari bentuk arsitekturnya dan jaraknya yang jauh di ujung timur Nusantara, namun stadion ini memiliki kelebihan kualitas lampu yang sangat mengagumkan. Begitu pula kualitas rumputnya yang tak kalah bagus.


4Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Bandung)

Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Selain kualitas rumput yang nomor satu, tempat duduk di seluruh tribun pada stadion berkapasitas 30.000 penonton ini juga sudah menggunakan sistem single seater, dan bahkan sebagian tahan api, punya e-board, ruang anti peluru untuk tamu-tamu penting, hingga landasan helikopter.


3Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang)

Tidak hanya tampil sangat megah, Stadion Gelora Sriwijaya juga memiliki atap dengan desain menyerupai bentuk kapal khas kerajaan Sriwijaya. Stadion yang semula bernama Jakabaring dengan kapasitas 40.000 orang ini dibangun untuk penyelenggaraan PON XVI 2004. Kini, juga dipersiapkan untuk menyelenggarakan Asian Games 2018, ajang olahraga regional Asia.


2Stadion Pakansari (Bogor)

Oleh karena kelebihannya, Stadion Pakansari ini menjadi markas Tim Nasional Indonesia dan venue untuk pertandingan final Piala AFF 2016 lalu. Meski hanya berkapasitas 30.000 tempat duduk, namun semua tribunnya sudah menggunakan sistem single seater lengkap dengan penomorannya seperti stadion-stadion di Eropa, serta memiliki kualitas rumput kelas satu.


1Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta)

Pernah bertengger pada peringkat 75 dalam daftar 100 stadion terbaik dunia versi Four Four Two, tak salah jika menyebut Stadion Utama Gelora Bung Karno sebagai stadion sepak bola terbaik di Indonesia hingga saat ini, bahkan juga di Asia Tenggara. Kapasitasnya besar, bisa menampung 110.000 penonton. Konstruksi atapnya juga unik, dan semua tribun tertutup.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!