Kuliner

Inilah 10 Teh Terlangka Dan Termahal Di Dunia

Hampir sebagian besar dari kita memulai hari dengan meminum secangkir teh. Jika sobat Tentik adalah seorang pecinta teh maka sobat mungkin tidak akan puas dengan sembarang teh tetapi akan selalu mencari teh yang terbaik. Sobat akan memeriksa kualitas daun, seberapa kuatkah aromanya, jenis rasa apa yang ditawarkan, dan kemudian pilih yang terbaik bahkan jika harus “membayar ekstra”. Meskipun sedikit tambahan itu mungkin tidak lebih dari beberapa puluh ribu saja, tetapi mungkin sobat Tentik akan terkejut mengetahui bahwa ternyata ada teh yang dijual dengan harga yang amat sangat tinggi. Bukan sembarang teh, ini adalah teh – teh langka dan sangat mahal yang akan saya muat di dalam artikel ini. Siap – Siap nabung untuk membelinya ya sobat!

(Harga pada artikel ini dikonversikan dengan nilai Rupiah Rp14.200 / Dolar Amerika).


10Gyokuro

Gyokuro adalah sejenis teh hijau dengan varietas eksotis nan menawan yang memiliki warna seperti batu giok. Di Jepang, Gyokuro biasanya diseduh tanpa harus dihaluskan terlebih dulu daun – daunnya.

Teh yang dihasilkan dari Gyokuro memiliki cita rasa yang manis (Tanpa gula loh sobat) dan aroma yang benar – benar khas, dimana daun teh Gyokuro ini dibudidayakan ditempat yang teduh.

Dibutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 minggu untuk mempersiapkan panen, dan untuk harga perkilonya, Gyokuro dibandrol dengan harga $650, atau sekitar 9,2 jutaan rupiah.


9Teh Bunga Tienchi

Teh Bunga Tienchi sangatlah terkenal tidak hanya ditempat ia dibudidayakan, yakni di Cina, namun juga terkenal hampir di seluruh penjuru dunia. Teh ini pun termasuk dalam kategori teh tersehat loh sobat Tentik.

Teh Bunga Tienchi dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti insomnia dan alergi, dimana teh ini juga memiliki sifat detoksifikasi yang hebat.

Rasa teh ini mirip seperti kuntum brokoli yang lembut. Teh Bunga Tienchi dibandrol dengan harga  $170 per Kilogramnya, atau sekitar 2,4 jutaan rupiah loh.


8Teh Poo Poo Pu-Erh

Teh Poo Poo Pu-Erh berasal dari provinsi Yunnan, di Cina. Teh ini berisikan campuran daun teh hitam dengan kotoran – kotoran serangga yang dikumpulkan oleh para pengumpul teh secara hati – hati. Yak, sobat Tentik tidak salah baca kok, teh hitam ini memanglah dicampur dengan kotoran serangga, tetapi ternyata teh ini memiliki rasa yang enak (katanya sih!) dan cukup terkenal di seluruh dunia karena sifat penyembuh yang dikandungnya.

Meskipun bahan dasar dari teh ini terkesan menjijikan dan murahan, ternyata teh ini dibandrol dengan harga yang cukup fantastis loh sobat Tentik, yaitu $1000 per kilogramnya, atau sekitar 14,2 juta rupiah. Wow!


7Tieguanyin

Tieguanyin adalah sejenis teh oolong yang dipanen di Tiongkok, dimana nama teh ini didapat sebagai penghargaan kepada Dewi Belas Asih, Guanyin.

Ada dua legenda yang terkait dengan Tieguanyin ini. Salah satunya adalah tentang pengabdian Wei, seorang petani miskin kepada Dewi Guanyin. Dan bagaimana dia dihargai dengan bibit tunas teh. Setelah dia menanam tunas tersebut dan mulai tumbuh tidak hanya nasib Wei saja yang berubah menjadi baik, tetapi juga nasib seluruh penduduk desa. Kisah selanjutnya adalah kisah Wang, seorang sarjana, yang menemukan tanaman teh di bawah batu Guanyin. Dia memberikan tanaman teh ini kepada Kaisar Quilong, dan setelah itu dikenal sebagai teh Guanyin. Jenis teh Guanyin terbaik saat ini bisa mencapai harga $ 3000 per kg loh, atau sekitar 42,6 jutaan rupiah. Ayo berburu Tieguanyin sobat!


6Teh Silver Tips Imperial

Ini adalah produk teh termahal yang pernah di produksi di Darjeeling. Teh ini dipanen di Darjeeling, West Bengal, oleh Makaibari Tea Estate, yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang dikenal sebagai Luxmi Tea.

Teh bermerk Silver Tips Imperial ini memiliki cita rasa dan aroma yang enak sekali. Biasanya, teh ini dibandrol dengan harga $400 atau sekitar 5,6 jutaan rupiah, namun pada tahun 2014 lalu, tiga pembeli dari Inggris, Jepang, dan Amerika pernah membeli teh ini dengan harga yang jauh dari harga aslinya mencapai $1850, atau sekitar 26,2 jutaan rupiah. Ada minat untuk berbisnis teh ini tidak sobat Tentik?


5Teh Yellow Gold Tea Bud

Lagi – lagi teh bermerk yang memiliki harga fantastis. Teh ini dibandrol dengan harga yang sangat mahal karena tiap daun tehnya dilapisi oleh emas 24 karat asli! Ini adalah jenis teh yang sangat langka karena hanya dipanen di satu tempat tertentu dan hanya dalam satu hari per tahun!

Ketika daun-daunnya mulai terbuka, daun yang dipilih akan diselimuti oleh emas yang katanya sih baik untuk kesehatan. Teh ini hanya dapat sobat Tentik jumpai di negara tetangga kita, Singapura. Karena hal inilah, teh ini memiliki harga yang (sangat) mahal perkilonya, yakni $3000 atau sekitar 42,6 jutaan rupiah.


4Teh Narcissus Wuyi

Teh Narcissus Wuyi adalah teh oolong yang namanya berasal dari tokoh mitologi Yunani bernama Narcissus. Dan teh ini dibudidayakan di pegunungan Wuyi, Cina. Teh ini teroksidasi hingga mencapai 60% dan semakin tua usia tanaman teh ini, maka rasanya akan menjadi semakin lebih enak.

Untuk memastikan teh yang sudah tua tidak mengalami kerusakan, setiap dua tahun sekali kebun teh ini dipanen dan dibakar. Hal ini pun akan memberikan kekeringan dan kelembaban yang lebih baik pada tanah perkebunan.

Harga yang dibandrol untuk teh ini pun tidak main – main loh sobat Tentik, mampu mengalahkan teh berdaun emas diatas yakni $6500 per kilogramnya, atau sekitar 92,3 jutaan rupiah. Bisa cepat kaya nih!


3Teh Kotoran Panda

Tidak seperti teh dengan campuran kotoran serangga diatas, teh ini hanya menggunakan kotoran panda sebagai pupuk saja. Seorang seniman pertama kali membudidayakan teh dengan cara ini dan ia memegang hak paten atas cara yang unik ini dalam memupuk tanaman teh , dimana teh ini dibudidayakan di provinsi Sichuan, Cina. Teh ini pun dipanen dengan cara yang unik, yakni para pemetik teh akan menggunakan kostum semi panda loh!

Ketika pertama kali  di perdagangkan secara resmi di pasar pada tahun 2012, teh ini konon  menjadi teh termahal di dunia dengan harga $70.000 perkilogramnya, atau sekitar 1 Milyaran rupiah lebih. Kalau saya sih tunggu ampasnya saja deh, belum berminat beli!


2Teh Da Hong Pao

Teh Da Hong Pao adalah teh yang istimewa, dimana teh ini adalah teh kerajaan. Teh ini ditanam dipegunungan Wuyi, Tiongkok. Teh ini dianggap sebagai bagian dari jenis teh oolong dan menjadi semakin populer ketika orang – orang tahu manfaat obat yang dimiliki teh ini saat teh ini membantu pengobatan Kaisar Ming yang sedang tidak sehat pada masa itu.

Sang Kaisar pun sangat terkesan dengan khasiat dari teh Da Hong Pao ini, sehingga ia memerintahkan agar semua semak tanaman teh ini ditutupi oleh jubah merah milik kerajaan. Inilah mengapa teh ini juga dikenal dengan nama Teh “Imperial Red Robe” (Jubah Merah Kerajaan).

Karena asal usulnya tersebut, teh ini dibandrol dengan harga yang teramat sangat mahal (diluar nalar), yakni $1,2 juta, atau sekitar 17 Miliyar rupiah per kilogramnya.


1Teh PG Tips – Kantung Berlian

Nah, daftar terakhir dari teh termahal ini diisi oleh teh yang sebenarnya biasa saja, tidak memiliki khasiat obat yang mujarab, tidak memiliki asal usul yang luar biasa, apa lagi dibudidayakan dengan cara yang unik.

Teh dari PG Tips di Inggris ini dibandrol harga mahal karena dibungkus oleh kantung teh dengan apitan berbahan dasar 2 gram perak yang dirancang oleh pendesain perhiasan terkenal, Boodles Jewellery.

Di tiap – tiap sisi kantung teh di taburi 280 berlian kecil berkualitas tinggi. Inilah yang membuat teh ini dibandrol $15.000 atau sekitar 213 jutaan rupiah per kantungnya. Ini sih lebih seperti beli perhiasan dapat bonus teh ya sobat Tentik.

 

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry