Budaya & Literatur

Inilah 10 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui Internasional

Indonesia adalah negara yang kaya akan seni dan budaya. Keberagaman masyarakatnya memungkinkan terjadinya hal itu. Namun, karena semakin modernnya gaya hidup, tingkat kepedulian masyarakat terhadap seni dan budaya itu semakin menurun. Untuk melindungi warisan budaya Indonesia tersebut, UNESCO memasukkan sepuluh hal ini dalam daftar warisan budaya.


10Wayang Kulit

foto: en.wikipedia.org

foto: en.wikipedia.org

Wayang adalah seni pertunjukan yang dimainkan oleh seorang dalang. Dalam sebuah pertunjukan, dalang bertugas menggerakkan tokoh-tokoh wayang sembari menceritakan kisah-kisah pewayangan. Kisah tersebut bersumber dari kitab Mahabarata dan Ramayana dengan sentuhan kebudayaan Indonesia. Wayang diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia pada 2008 lalu.


9Keris

foto: www.indotalisman.com

foto: www.indotalisman.com

Keris adalah senjata tradisional yang dikenal oleh beberapa suku di Indonesia. Bentuk keris ditandai dengan kedua sisinya yang tajam dan berlekuk serta ujungnya yang runcing. Keris terdaftar sebagai warisan budaya Indonesia pada 2005 lalu. Bukan hanya bersifat senjata, keris pun kini menjadi bagian aksesori busana adat.


8Batik

foto: www.bbc.co.uk

foto: www.bbc.co.uk

Batik tercatat dalam daftar UNESCO pada 2009 lalu. Batik adalah suatu seni melukis di atas kain menggunakan malam atau lilin dan canting. Ada berbagai pola batik yang bisa kita temukan pada masa sekarang, mulai dari yang tradisional maupun modern. Pola-pola tersebut menjadi ciri khas daerah pembuat batik, seperti Pekalongan atau Madura.


7Gamelan

foto: kusumalaras.org

foto: kusumalaras.org

Gamelan adalah serangkaian alat musik yang mengeluarkan bunyi-bunyian eksentrik sekaligus penuh warna. Dalam rangkaian tersebut terdapat gong, gambang, gendang, dan sebagainya. Gamelan sering digunakan untuk mengiringi acara-acara adat terutama dalam masyarakat Jawa. Benda ini ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia untuk dunia pada 2014 lalu.


6Sekaten

foto: www.tempo.co

foto: www.tempo.co

Warisan budaya Indonesia lainnya yang diakui secara internasional adalah Sekaten. Sekaten adalah perayaan yang dilakukan oleh masyarakat Jawa untuk memperingati ulang tahun nabi Muhammad SAW. Sekaten biasanya diadakan di dua tempat yaitu di alun-alun Kraton Surakarta dan alun-alun utara Yogyakarta. Sekaten tercatat pada 2014.


5Lumpia

foto: www.ramarfoods.com

foto: www.ramarfoods.com

Warisan budaya yang berbentuk makanan dan tercatat di UNESCO adalah lumpia. Lumpia adalah makanan khas dari Semarang. Meskipun awalnya lumpia adalah kuliner tradisional Tionghoa, tetapi dengan sentuhan budaya lokal, lumpia menjadi milik masyarakat yang melestarikannya. Lumpia masuk dalam UNESCO pada 2014 lalu.


4Angklung

warisanindonesia4

Pada 2010, giliran Angklung yang dicatat dalam daftar UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Angklung adalah alat musik yang dikenal dalam kebudayaan Sunda. Angklung memiliki nada yang berbeda pada setiap jenisnya. Agar mendapatkan nada yang indah, angklung harus dimainkan oleh beberapa orang.


3Tari Saman Gayo

foto: en.wikipedia.org

foto: en.wikipedia.org

Masyarakat Gayo di Aceh memiliki kebudayaan yang tak kalah istimewa. Tak heran jika tari Saman Gayo akhirnya dimasukkan sebagai warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Tarian ini biasanya dipertunjukkan pada momen-momen penting seperti menjalin silahturami dan persahabatan dan untuk menyampaikan pesan moral tertentu. Tari Saman Gayo dimasukkan dalam daftar UNESCO pada 2011 lalu.


2Noken

warisanindonesia2

Noken adalah hasil kreativitas masyarakat tradisional di Papua. Noken berfungsi sebagai tas untuk menyimpan segala macam benda. Warna dan motif noken bermacam-macam. Bagi masyarakat Papua, noken adalah bagian yang akrab dalam tradisi kehidupan mereka sehari-hari. Noken disetujui menjadi salah satu benda yang tercatat di UNESCO sebagai budaya Indonesia pada 2011 lalu.


1Subak

warisanindonesia1

Subak adalah sebuah sistem yang sarat filosofi dalam kehidupan masyarakat Bali. Disebutkan, sistem Subak yang dikenal dalam masyarakat Bali ini adalah sistem demokrasi yang pantas untuk dikembangkan. Sistem subak digunakan dalam pembagian air di pesawahan, tempat ibadat, maupun kebutuhan masyarakat sehari-hari. Subak ditetapkan menjadi warisan budaya Indonesia melalui UNESCO pada 2012 lalu.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of