Traveling

10 Wisata Alam di Jakarta yang Bisa Anda Kunjungi Saat Liburan

Kebanyakan warga Jakarta biasanya kebingungan saat masa liburan tiba. Mereka kesulitan mencari destinasi wisata yang menarik dan tidak membosankan, tapi tidak jauh dari kota. Nah, meski pun Jakarta merupakan kawasan perkotaan terbesar di Indonesia yang dipadati banyak gedung pencakar langit, ternyata ada beragam objek wisata menarik dan alami yang bisa jadi pilihan. Berikut ini 10 wisata alam di Jakarta yang bisa Anda kunjungi saat liburan.


10Seaworld Indonesia

wisataalamjakarta10

Taman wisata air ini berada di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Dengan berlibur ke lokasi ini, Anda bisa menikmati keindahan bawah laut dengan berbagai spesies hewan laut melalui sejumlah akuarium raksasa yang menyimpan puluhan ribu jenis satwa laut, yang terdapat di Seaworld Indonesia ini. Objek wisata alam bawah laut ini sangat cocok bagi anak-anak, yang bisa belajar banyak hal tentang laut dan makhluk hidup yang menghuninya.


9Pantai Ancol

wisataalamjakarta9

Berlibur di Taman Impian Jaya Ancol mungkin sudah biasa. Namun, sesekali Anda jangan datang ke Gelanggang Samudera, Dunia Fantasi (Dufan), atau wahan hiburan lainnya yang ada di sana. Tetapi, pilihlah untuk bersantai di tepi Pantai Ancol, yang menjadi salah satu ikon wisata pantai di Jakarta. Lokasi ini sangat cocok bagi yang Anda yang suka panorama pantai dan laut. Ancol sendiri memang sudah menjadi objek wisata terfavorit di Jakarta.


8Teluk Jakarta

wisataalamjakarta8

Tidak jauh dari kawasan Ancol, Anda juga bisa menikmati keindahan alam lautan lepas di Teluk Jakarta. Kawasan ini masih termasuk dalam wilayah Kepulauan Seribu yang memang sudah terkenal sebagai objek wisata alam populer di ibukota. Tempat ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk melepas penat dari rutinitas harian. Anda bisa menyewa kapal boat dari Ancol, atau kapal milik nelayan dari Teluk Gong, Tangerang, dan kemudian berkeliling laut.


7Kebun Binatang Ragunan

wisataalamjakarta7

Destinasi wisata yang satu ini juga tidak kalah populer dibandingkan dengan Ancol. Hampir setiap masa liburan, Kebun Binatang Ragunan selalu ramai oleh wisatawan lokal. Selain bisa menyaksikan berbagai jenis satwa yang dilindungi, Anda juga dapat menikmati keindahan alam dengan udara yang cukup sejuk di kebun binatang ini. Ribuan pepohonan tinggi yang menjulang semakin menambah pesona pemandangan dan keindahan di objek wisata ini.


6Kandank Jurank Doank

wisataalamjakarta6

Salah satu wisata alam di Jakarta yang bisa Anda kunjungi ini sebenarnya merupakan sebuah sekolah alam yang diperuntukknabagi anak-anak di sekitar lokasi tersebut, yakni di daerah Ciputat. Namun, selaim sebagai tempat edukasi anak-anak, sekolah yang bernama Kandank Jurank Doank ini juga bisa mejadi destinasi wisata alam yang menarik bagi keluarga Anda. Kawasan ini didirikan selebritis Dik Doank pada tahun 1993 lalu dan terbuka untuk umum.


5Tanah Tingal

wisataalamjakarta5

Tanah Tingal merupakan salah satu destinasi edukatif di Jakarta, yang fokus pada kegiatan-kegiatan kreatif dan berinteraksi langsung dengan alam, sehingga sangat cocok untuk anak-anak. Lokasi wisata alam di lahan seluas 10 hektar ini berada di wilayah Ciputat, tak jauh dari pusat Jakarta. Kawasan ini dipenuhi dengan ribuan pohon berbagai jenis, yang menawarkan keindahan dan ketenangan alam, dengan pemandangan yang pasti akan menyejukkan hati.


4Taman Wisata Alam Angke Kapuk

wisataalamjakarta4

Tepat di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, juga terdapat sebuah objek wisata alam yang bernama Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Kawasan ini menyajikan pemandangan pohon-pohon bakau yang sangat memukau. Anda bisa menikmati hijaunya pepohonan, sambil berjalan-jalan atau bersepeda bersama keluarga. Selain itu, pengunjung taman wisata alam ini juga bisa melakukan kegiatan lain, seperti naik perahu atau menanam mangrove.


3Taman Suropati

wisataalamjakarta3

Lokasi ini merupakan salah satu objek wisata alam terdekat di Jakarta, karena berada di dalam kota. Taman Suropati yang dulunya bernama ‘Burgemeester Bisschopplein’ ini berada di daerah Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di pertemuan tiga jalan utama, yakni Menteng Boulevard (Jalan Teuku Umar), Orange Boulevard (Jalan Diponegoro) dan Nassau Boulevard (Jalan Imam Bonjol). Di taman yang indah ini, terdapat banyak sekali pepohonan rindang.


2Kepulauan Seribu

wisataalamjakarta2

Bagi Anda yang suka wisata laut, kawasan Kepulauan Seribu wajib menjadi destinasi wisata yang harus dikunjungi saat liburan. Wilayah kepulauan yang terdiri atas seratusan pulau, baik yang berpenghuni maupun pulau kosong ini menyimpan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pasir putih dan bangunan bersejarah di sejumlah pulau utama, seperti Pulau Onrust, Pulau Bidadari, Pulau Pramuka, dan lainnya.


1Pulau Tidung

wisataalamjakarta1

Sebenarnya, pulau ini masih termasuk dalam Kepulauan Seribu. Namun, Pulau Tidung jauh lebih ramai dikunjungi wisatawan lokal dibanding dengan pulau-pulau lainnya di kawasan itu. Pulau ini terdiri atas dua pulau, yakni Tidung Besar dan Tidung Kecil, yang dihubungkan oleh jembatan bernama Jembatan Cinta. Anda pun bisa menikmati keindahan bawah laut, berjemur di pantai, bersantai di bawah pohon rindang, atau melihat sun rise di pulau ini.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.