Bisnis, Fashion & Hobby Sosial

Inilah 10 YouTubers Indonesia dengan Penghasilan Terbanyak

Perkembangan internet saat ini telah mendatangkan kesempatan bagi banyak orang untuk bisa menghasilkan uang dari aktifitas onlinenya, termasuk melalui YouTube. Situs berbagi video ini memang akan membayar penggunanya jika ada pihak ketiga yang memasang iklan pada kanal milik user. Tidak heran, jika kini semakin banyak netizen yang memanfaatkannya untuk mendulang rupiah. Berikut ini 10 YouTubers Indonesia dengan penghasilan terbanyak.


10Bayu Skak

Aksinya yang kocak dengan logat bahasa khas Malang mampu mendatangkan lebih dari 600 ribu subscribers (pelanggan) pada kanal YouTube miliknya, hingga bulan September 2016 lalu. Dengan jumlah penayangan video lebih 71 juta kali, Bayu Skak diperkirakan mendapat sekitar Rp 6 juta per bulan. Video-video karyanya memang mampu membuat orang tertawa sampai terpingkal-pingkal. Kini, dia pun juga sudah mulai membintangi beberapa judul film.


9Eka Gustiwana

Jumlah subscribers kanal YouTube milik Eka Gustiwana mencapai 566 ribu, dengan jumlah penayangan video hingga 73,5 juta kali, sampai bulan September 2016 lalu. Salah satu video aransemen musik karyanya, yang diambil dari rekaman berita Arya Wiguna-Demi Tuhan, sukses meraih lebih 5 juta penonton sejak diunggah bulan Maret 2013. Penghasilannya dari YouTube pun diperkirakan mencapai Rp 10 juta per bulan, bahkan bisa lebih pada saat ini.


8Andovi dan Jovial

Duo Andovi dan Jovial ini dikenal lewat akun YouTube bernama ‘skinnyIndonesia24’. Mereka membuat video berisi tingkah atau keseharian masyarakat, terutama anak muda dengan berbagai bahasan dalam durasi tidak lebih 5 menit. Hasilnya, video-video mereka mampu menarik perhatian banyak orang. Makanya kanal YouTube mereka diikuti 687 ribu pelanggan dengan jumlah penayangan 55,2 juta kali, dan penghasilan sekitar Rp 13 juta setiap bulan.


7Arief Muhammad

Pria muda ini merupakan selebriti Twitter pemilik akun @Poconggg dan penulis buku jenaka berjudul ‘Poconggg Juga Pocong’ yang pernah jadi best seller. Selain itu, Arief Muhammad ternyata juga seorang YouTuber, yang memuat daily vlog atau vlog tentang kesehariannya. Kanal YouTube-nya itu pun berhasil menarik 373 ribu subscribers dengan jumlah penayangan 38,5 juta sampai bulan September 2016. Penghasilannya diperkirakan Rp 15 juta per bulan.


6Chandra Liow

YouTuber asal Jakarta ini punya hobi membuat video pendek yang menarik untuk disaksikan oleh banyak netizen. Makanya, kanal YouTube milik Chandra Liow dengan akun ‘Tim2one’ diikuti oleh 717 ribu subscribers dan ditonton hingga 103,7 juta kali sampai bulan September 2016 lalu. Penghasilannya pun diperkirakan bisa mencapai Rp 26 juta per bulan. Apalagi, selain aktif di YouTube, dia juga sangat populer sebagai SelebGram, alias selebriti Instagram.


5LASTDAY Production

Biasa disingkat LDP, LASTDAY Production dimiliki oleh sekelompok anak muda asal Jakarta. Mereka aktif mengunggah video fenomena pergaulan anak muda dalam kemasan sketsa parodi yang lucu dan unik. Selain itu, mereka juga sering membagikan tips untuk menjalani kehidupan sosial ala anak Jakarta. Berkat video-video tersebut, kanal YouTube dengan 686 ribu subscribers dan tayang 166,2 juta kali itu pun bisa menghasilkan Rp 33 juta per bulan.


4Edho Zell

Ada yang menyebut Edho Zell sebagai sang raja YouTuber di Indonesia, meski pun perkiraan penghasilannya memang masih kalah dibanding yang lain. Kanal YouTube-nya yang memiliki 905 ribu subscribers dan kini sudah tayang hingga 200,2 juta kali sejak tahun 2010 itu dapat menghasilkan Rp 36 juta per bulan. Kepiawaiannya dalam mengolah berbagai macam parodi menjadi sebuah video yang menarik, bisa membuat banyak orang langsung menyukainya.


3Raditya Dika

Dalam daftar 10 YouTubers Indonesia dengan penghasilan terbanyak ini, kanal milik Raditya Dika memang menjadi akun dengan pengikut paling banyak, yakni lebih 2 juta subscribers dengan jumlah penayangan video hingga 172,9 juta kali. Namun, kalau bicara soal perkiraan penghasilan, pria yang juga dikenal sebagai standup comedian, penulis, aktor dan sutradara ini masih kalah dari yang lain. Akun YouTube-nya hanya bisa menghasilkan Rp 36 juta per bulan.


2Reza Oktovian

Inilah YouTuber gaming nomor satu di Indonesia, yakni Reza Oktovian, atau biasa dipanggil Reza Arap. Dia memulai karir sebagai YouTuber, pada awalnya bersama grup Happy Holiday Indonesia yang sempat populer di situs berbagi video ini pada tahun 2012, meski kini sudah bubar. Setelah memutuskan bersolo karir, akun YouTube pribadinya mampu menarik 783 ribu subscribers dengan penayangan video 133,8 juta, dan penghasilan Rp 39 juta per bulan.


1Lifia Niala

Mereka adalah dua gadis cilik bernama Lifia dan Niala. Channel YouTube Lifia Niala berisikan berbagai macam kegiatan bermain sambil belajar, yang dikemas menarik sehingga cocok disaksikan anak-anak. Lalu, mereka jadi YouTubers Indonesia dengan jumlah penayangan video terbanyak mencapai 565 juta kali, dan penghasilan tertinggi sebesar Rp 53 juta per bulan. Sedang jumlah pengikut akunnya 464 ribu subscribers hingga bulan September 2016.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
  • Penghasilannya bikin ngiler.

error: Alert: Content is protected !!