Dunia & Peristiwa Sosial

Kabarnya Ini Lho 10 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia

Kebanyakan orang yang hidup di kota kecil biasanya ingin berpindah ke kota besar setelah lulus sekolah. Lebih tepatnya ingin bekerja di kota besar karena ingin mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Misalnya saja Jakarta. Ibu kota Indonesia ini memang telah dipadati banyak penduduk dari berbagai kota di Indonesia. Banyak orang ingin mengadu nasib di kota ini. Namun sayangnya rata-rata biaya hidup di kota ini begitu mahal, bahkan di atas rata-rata biaya hidup nasional.

Mungkin kamu harus benar-benar mempertimbangkan dulu sebelum memutuskan untuk mengadu nasib di beberapa kota besar di Indonesia. Berbicara mengenai kota dengan biaya hidup yang tinggi, tentu ada juga kota-kota di Indonesia yang memiliki taraf biaya hidup yang rendah alias murah. Mau tahu kota mana saja?


10Probolinggo

Salah satu kota di Jawa Timur yang jaraknya hanya 100 km dari Kota Surabaya ini termasuk kota yang memiliki biaya hidup termurah. Dalam kurun waktu sebulan, sebuah keluarga harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 3,2 juta.


9Metro

Kota kedua yang menempati posisi kota termurah di Indonesia adalah Metro yang berada di Lampung. Kota ini sebenarnya bukan kota kecil, namun kota besar yang cukup penting di Provinsi Lampung. Keluarga yang berada di Kota Metro membutuhkan biaya hidup sekitar Rp 3,1 juta tiap bulan.


8Singaraja

Kota yang berada di Bali ini juga termasuk sebagai kota dengan biaya hidup murah di Indonesia. Untuk keluarga pada umumnya yang terdiri dari empat orang, biaya hidup yang dibutuhkan sekitar Rp 3,1 juta tiap bulannya. Selama ini Singaraja dijadikan sebagai kota berlibur bagi para wisatawan. Namun biaya hidup yang rendah membuat kota ini juga cocok dihuni secara menetap.


7Kudus

Kudus merupakan kota penghasil rokok di Jawa Tengah. Biaya hidup di kota ini terhitung murah. Dalam satu bulan saja, sebuah keluarga di Kudus hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 3 juta.


6Banyuwangi

Kota Banyuwangi yang memiliki julukan The Sunrise of Java ini memiliki taraf hidup yang murah juga. Satu keluarga yang tinggal di Banyuwangi cukup menghasbiskan biaya sekitar Rp 3 juta saja.


5Yogyakarta

Kota yang dikenal istimewa ini juga memiliki biaya hidup yang murah. Kota gudeg menyuguhkan beragam kuliner yang murah, mulai dari Rp 5.000. Dengan uang Rp 5.000, kamu sudah bisa mendapatkan makanan yang enak dan layak. Tak heran apabila banyak orang yang tertarik untuk kuliah di kota ini.


4Purwokerto

Posisi selanjutnya diduduki oleh Purwokerto. Kota ini mematok tarif hidup sekitar Rp 1 juta. Kota ini juga cocok dijadikan sebagai destinasi libur karena banyak terdapat objek wisata di dalamnya.


3Sibolga

Sibolga merupakan salah satu kota di Sumatera yang mempunyai beragam keindah alam di dalamnya, seperti pantai dan pegunungan. Pengeluaran rata-rata orang di Sibolga hanya sekitar Rp 1 – 1,5 juta tiap bulannya.


2Cirebon

Kota yang terkenal dengan udang rebon ini memiliki biaya hidup hanya Rp 600 ribu – Rp 800 ribu tiap bulannya. Kamu bisa menemukan penjual nasi kuncing dengan harga Rp 1.500 di kota ini. Namun sayangnya Kota Cirebon tidak banyak memiliki perguruan tinggi, sehingga banyak mahasiswa yang kurang tertarik untuk kuliah di kota ini.


1Solo

Posisi pertama untuk predikat kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia diraih oleh Kota Solo. Biaya hidup per bulan di kota ini hanya sekitar Rp 500 ribu. Kota dengan jargon The Spirit of Java ini juga memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Pandawa Water Park dan Keraton Surakarta.


Itu tadi beberapa kota di Indonesia yang memiliki biaya hidup paling murah di Indonesia. Apakah kamu tertarik untuk tinggal di kota-kota ini?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of