Uncategorized

Kamu Berjerawat? Lakukan 10 Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Secara Alami Ini!

Semua orang tentu ingin memiliki kulit yang sehat, halus, bersih, dan bercahaya. Mungkin tidak harus kulit berwarna putih saja yang diimpikan oleh banyak orang. Yang terpenting ialah kesehatan kulit tersebut. Kalau pun kulit berwarna putih namun berjerawat, tentu tidak nyaman bukan? Hampir setiap orang pasti merasa kesal saat kulit mulai berjerawat. Masalah kulit yang satu ini memang sangat sering terjadi. Tentunya bisa membuat diri kita menjadi tidak percaya diri. Berikut ini merupakan beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa dicoba.


10Menggunakan baking soda

Ternyata baking soda terbukti bisa menetralkan keasaman kulit, sehingga bakteri yang menyebabkan jerawat tidak bisa hidup lama di wajah. Bahkan baking soda juga bisa mengikis sel kulit mati, menyerap minyak berlebih pada wajah, serta membersihkan pori-pori yang tersumbat. Kamu bisa membuat pasta baking soda dengan cara mencampurkan 2 sendok makan baking soda bersama 1 sendok makan air. Setelah semua bahan tercampur, oleskan campuran tersebut pada area kulit wajah yang berjerawat. Biarkan kurang lebih selama 15 menit. Setelah itu baru bilas dengan memakai air hangat, kemudian keringkan. Sebelum menggunakan baking soda, sebaiknya kamu melihat reaksinya terlebih dahulu. Coba oleskan sedikit pasta di area wajah. Apabila memunculkan reaksi yang membuat kulit menjadi kemerahan, maka jangan memakai baking soda untuk mengobati jerawat.


9Memanfaatkan pasta gigi

Kedengarannya memang sedikit aneh. Namun pasta gigi yang biasanya dipakai untuk menggosok gigi ini juga bisa menyembuhkan jerawat. Pasta gigi mengandung beberapa bahan aktif yang bisa mencegah iritasi pada kulit, mengurangi peradangan di wajah, hingga mengeringkan jerawat. Bahan-bahan aktif tersebut antara lain hidrogen, fluoride, dan triclosan. Apabila kamu ingin menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat, caranya cukup mudah. Pertama, oleskan pasta gigi pada jerawat di wajah. Namun hindari mengoleskan pasta gigi ke seluruh area kulit wajah. Biarkan kurang lebih selama 2 jam. Setelah itu bilas dengan memakai air dingin, kemudian keringkan. Apabila kulit kamu tergolong sensitif, maka sebaiknya jangan menggunakan pasta gigi untuk mencegah jerawat. Selain itu, pilih pasta gigi yang mempunyai kandungan floride lebih rendah, bisa juga memakai pasta gigi organik.


8Masker alpukat dicampur madu

Kamu bisa mencoba masker alami yang dibuat dari campuran alpukat dan madu. Perpaduan keduanya merupakan kombinasi terbaik untuk mengatasi masalah jerawat. Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang bisa menembus pori-pori kulit serta mengurangi peradangan pada kulit. Sedangkan madu merupakan bahan alami dengan kandungan hidrogen peroksida yang bermanfaat bagi kulit. Untuk membuat masker ini, cukup lakukan beberapa langkah berikut ini. Pertama, ambil daging buah alpukat, lalu masukkan ke dalam wadah. Haluskan daging buah alpukat tersebut hingga halus. Tambahkan satu sendok makan madu, aduk semuanya hingga tercampur rata. Tambahkan juga dengan perasan lemon (tidak wajib). Setelah tercampur semua, oleskan pada wajah yang berjerawta selama 15 hingga 20 menit, kemudian bilas dengan memakai air hangat.


7Mengoleskan air lemon

Lemon mengandung asam askorbat-L yang bisa mengurangi masalah peradangan pada kulit berjerawat. Bahkan lemon juga bisa membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat, mencerahkan kulit, dan menghilangkan noda pada wajah. Siapkan satu buah lemon, kemudian tekan sedikit lemon. Potong lemon menjadi dua bagian, lalu peras hingga keluar airnya. Oleskan air lemon pada wajah kamu, biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan memakai air dingin dan keringkan memakai handuk.


6Mengoleskan es batu

Es batu bisa dipakai untuk menghilangkan minyak berlebih serta kotoran yang menyebabkan timbulnya jerawat. Es batu memiliki fungsi menenangkan kulit serta mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh jerawat. Namun sebelum menggunakan es batu, kamu harus memastikan bahwa air yang dipakai untuk membuat es batu steril. Lalu es batu harus dibungkus dengan menggunakan kain bersih. Oleskan es batu di bagian wajah yang berjerawat, namun bisa juga dengan cara mendiamkan es batu di wajah yang berjerawat selama beberapa detik. Ulangi proses tersebut selama beberapa detik pada area berjerawat lainnya. Lakukan cara ini terus menerus hingga jerawat mengempis.


5Memanfaatkan bawang putih yang telah dihaluskan

Bawang putih merupakan bumbu dapur alami yang efektif menghilangkan jerawat karena mengandung senyawa thiacremonon sulfur. Senyawa tersebut bisa mengeringkan jerawat dan menangkal bakteri penyebab jerawat. Pertama, haluskan bawang putih. Oleskan bawang putih yang telah dihaluskan ke jerawat. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Agar hasil bisa lebih maksimal, campurkan bawang putih dengan cuka sari apel sebelum dioleskan pada wajah.


4Mengoleskan gel lidah buaya

Selama ini lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi masalah jerawat. Di dalamya ada hormon giberelin dan polisakarida yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, ada juga beberapa zat lain yang terkandung seperti mineral, antioksidan, vitamin C, dan vitamin E yang bisa mempercepat penyembuhan kulit berjerawat. Langkah-langkah yang harus dilakukan ialah memotong lidah buaya menjadi dua bagian. Kemudian potong bagian samping lidah buaya yang berduri. Iris bagian atas untuk diambil gelnya. Olekskan gel lidah buaya tersebut pada area berjerawat. Biarkan selama 3 hingga 5 menit, setelah itu baru bilas dengan menggunakan air dingin.


3Menggunakan putih telur mentah

Putih telur bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi minyak yang berlebih. Di dalamnya terdapat enzim lysozim yang bisa menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat. Putih telur juga terbukti ampuh bisa menghilangkan komedo yang sering bersarang pada hidung. Kamu cukup mengambil sebutir telur, lalu pisahkan antara kuning dan putih telur. Kocok putih telur hingga mengembang, lalu oleskan pada wajah hingga mengering. Jika sudah mengering, bilas dengan menggunakan air hangat.


2Menempelkan ketimun di wajah

Terkadang kita tidak menyadari bahwa ketimun memiliki banyak manfaat untuk kulit. Ketimun mengandung banyak antioksidan, asam amino, mineral, dan vitamin C yang berkhasiat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, melembabkan kulit, dan membersihkan jerawat. Pertama, potong ketimun menjadi tipis-tipis, lalu aplikasikan pada wajah yang berjerawat. Diamkan kurang lebih selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan menggunakan air hangat. Agar hasil lebih maksimal, kamu bisa mengonsumsi jus ketimun yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipus. Jus ini mampu membersihkan tubuh serta mengeluarkan racun dari dalam.


1Memanfaatkan kulit jeruk nipis yang dikeringkan

Vitamin C dan asam alpha hidroksi pada kulit jeruk bisa membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat dengan debu dan kotoran, bahkan mengangkat sel kulit mati juga. Langkah pertama, kamu harus mengeringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari selama beberapa hari sampai benar-benar kering. Kemudian haluskan kulit jeruk yang telah dikeringkan. Tambahkan air secukupnya pada bubuk kulit jeruk, lalu aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta kulit jeruk nipis tersebut pada wajah yang berjerawat. Lalu diamkan selama beberapa menit, bilas dengan memakai air hangat.


Beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami di atas bisa kamu coba. Namun agar bahan-bahan alami tersebut bisa berfungsi lebih baik lagi, kamu juga harus melakukan perawatan secara teratur.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of