Dunia Medis

Kenali 10 Makanan untuk Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup agar bayi di dalam kandungannya bertumbuh dengan sehat dan normal. Namun, pada trimester pertama, ibu hamil biasanya sangat sulit makan. Namun, usahakan agar 10 jenis makanan untuk ibu hamil berikut tetap terpenuhi asupannya.


10Sayuran

makananibuhamil9

Bukan hanya ibu hamil yang membutuhkan sayuran, orang biasa pun perlu mengkonsumsi sayuran secara teratur. Dalam sayuran hijau, terdapat banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, terutama zat besi. Hal ini sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil agar tidak mengalami anemia saat sedang hamil. Banyak pula nutrisi yang dibutuhkan janin terdapat dalam sayuran.


9Buah

makananibuhamil10

Buah pun sangat cocok bagi ibu hamil. Apalagi pada trimester pertama dimana ibu hamil sangat sulit mengkonsumsi nasi atau jenis karbohidrat lainnya. Karena rasanya yang segar, buah bisa menjadi pilihan makanan untuk ibu hamil. Selain bisa mengatasi sembelit, kandungan vitamin di dalam buah sangat bermanfaat bagi janin maupun ibu yang sedang mengandung.


8Seafood

makananibuhamil8

Salah satu makanan untuk ibu hamil adalah seafood seperti ikan dan udang. Makanan ini sangat bagus dikonsumsi oleh seorang ibu yang sedang mengandung karena memenuhi kebutuhan protein dan lemak omega 3. Jika Anda ingin anak tumbuh dengan cerdas, makanlah seafood demi pemenuhan kebutuhan protein.


7Sereal

makananibuhamil7

Biasanya, wanita yang sedang hamil muda sangat sulit untuk mengkonsumsi karbohidrat dalam bentuk nasi. Namun, ibu hamil harus tetap makan untuk menjaga energi dan memenuhi asupan makanan untuk janin. Oleh karena itu makanan untuk ibu hamil yang disarankan adalah sereal jenis whole grain. Sereal ini akan menyediakan karbohidrat bagi ibu hamil sebagai sumber tenaga.


6Kacang-kacangan

makananibuhamil6

Sebagai sumber protein, kacang-kacangan sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Meskipun demikian, tidak semua jenis kacang bagus dikonsumi oleh ibu hamil muda. Jenis kacang-kacangan yang cocok dikonsumsi antara lain kacang kedelai, kacang hijau, dan kacang merah. Jenis kacang-kacangan ini mengandung asam folat yang penting bagi pertumbuhan janin.


5Air Kelapa

makananibuhamil5

Memang belum dilakukan penelitian ilmiah apakah air kelapa bermanfaat untuk ibu hamil. Namun, air kelapa yang memiliki elektrolit alami dipercaya bisa membantu ibu hamil memulihkan staminanya. Seorang ibu hamil tentu membutuhkan jumlah air yang cukup dalam tubuhnya. Air kelapa adalah salah satu pilihan yang bisa dikonsumsi.


4Vitamin

makananibuhamil4

Ibu hamil yang asupan gizinya tidak tercukupi, wajib mengkonsumsi vitamin atas saran dari dokter. Ada beberapa jenis vitamin yang bisa membantu ibu hamil untuk tetap terjaga kesehatannya. Meskipun demikian, jangan sembarangan meminum vitamin jika belum yakin apakah vitamin tersebut sudah disetujui oleh dokter.


3Telur

makananibuhamil3

Telur sangat dibutuhkan oleh ibu hamil maupun janin yang sedang dikandungnya. Setidaknya, seorang wanita hamil harus mengkonsumsi dua butir telur setiap hari untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil akan asam amino kolin. Di dalam telur, kita juga bisa mendapatkan protein dan zat besi. Telur adalah salah satu makanan untuk ibu hamil yang perlu dikonsumsi.


2Yoghurt

makananibuhamil2

Makanan untuk ibu hamil yang satu ini dibutuhkan oleh janin untuk membentuk sel-sel saraf. Yoghurt sangat kaya dengan kandungan protein dan kalsium. Rasanya pun enak dan segar. Jika Anda sedang hamil, konsumsilah yoghurt dalam porsi yang cukup supaya janin bisa berkembang dengan normal dan sehat.


1Susu Kedelai

makananibuhamil1

Susu sesungguhnya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu pertumbuhan jaringan, memperbaiki jaringan, membantu pembentukan otot, dan sebagainya. Untuk melakukan semua itu, dibutuhkan asupan protein dan mineral yang cukup. Salah satu pilihan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil adalah susu kedelai. Dari susu kedelai, ibu hamil pun akan mendapatkan vitamin D.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!