Unik & Aneh

Keren! 10 Karya Seni Graffiti dan Street Art Ini Benar-Benar Menakjubkan

Coretan-coretan baik di dinding jalanan maupun tempat-tempat umum tertentu tidak sulit untuk dijumpai. Baik berupa gambar maupun tulisan-tulisan yang masing-masing memiliki maknanya tersendiri. Pada umumnya seniman jalanan pembuat graffiti dan street art ingin menyampaikan pesan-pesan tersembunyi dalam karya mereka.

Graffiti sendiri memiliki sejarah perkembangan yang sama dengan peradaban manusia. Graffiti (sgraffiti) berarti menggambar di atas permukaan yang datar. Sedangkan sgraffio (berasal dari bahasa Italia) berarti goresan. Sementara itu dalam Bahasa Yunani graphein berarti menulis. Kemudian pada tahun 1960 di New York munculah ‘tagging’.

Tagging berarti menuliskan nama seseorang di dinding. Berbeda dengan graffiti, street art adalah seni yang dipertontonkan secara visual di ruang publik dibandingkan dengan galeri. Istilah street art pertama kali muncul tahun 1980 an dan mengalami perkembangan.

Sebagian karya graffiti dan street art di ruang publik mengagumkan dan mencengangkan. Bahkan, ide-ide mereka sangat kreatif dan tak terpikirkan oleh kebanyakan orang sebelumnya. Seperti apakah karya seni graffiti dan street art yang mengagumkan tersebut? Simak selengkapnya.


10Tropic Effect

karyasenimenakjubkan10

Tropic Effect adalah patung manusia setengah badan yang terbuat dari kayu dan akar di Yogyakarta. Patung ini terletak tepat di titik nol Jalan Malioboro. Patung yang terdiri dari akar-akar yang menjulur ini sangat indah dan artistik. Bahkan akar-akar tersebut tersusun sangat rapi dan mirip dengan manusia asli.

Pembuatan Tropic Effect ini memiliki makna tersendiri. Tropic Effect mengisyaratkan supaya manusia sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Visualisasi akar-akar yang menjulur ke bawah menggambarkan sifat keserakahan manusia.

Tropic Effect ini dirancang oleh Anna Suzanne bersama Basuki Prahoro, Felix S Wanto, Ghouse Modhin, I Wayan Cahya, Herry Maizul, Agung Sukindra, Nawa Yanuardi, dan Michael Maxon. Seniman-seniman tersebut tergabung dalam Khatulistiwa Art Team, sebuah komunitas seni.


9Fallen Soldiers

karyasenimenakjubkan9

Bagaimana jadinya jika Anda terjebak dalam sebuah lapangan besar dengan para tentara yang bergelimpangan? Eits, tunggu dulu! Tentara-tentara pada gambar di atas bukanlah yang sebenarnya. Melainkan karya street art dari Jamie Wardley dan Andy Moss. Dinatu 60 orang relawan dan 500 orang penduduk lokal, mereka bersama-sama membuat siluet tentara dengan jumlah 9000 tentara di atas lahan berpasir.

Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati Hari Kedamaian Internasional. Meskipun beberapa jam setelahnya siluet tersebut tersapu angin, namun seniman, relawan, dan masyarakat setempat sangat terkesan dan menjad momen tak terlupakan.


8Aakash Nihalani and New Hope

karyasenimenakjubkan8

Karya diatas merupakan karya yang simpel namun bermakna dan berkarakter. Menggambarkan sekawanan burung putih yang masuk melewati jendela dan keluar melewati jendela yang lain. Penonton yang melihatnya seakan-akan menerka-nerka sendiri makna dibalik karya tersebut menurut versi masing-masing. Karya ini merupakan hasil kolaborasi antara seniman New York Aakash Nihalani dan New Hope saat diselenggarakannya SCOPE Art Fair.


7M City

karyasenimenakjubkan7

Artis jalanan di Istanbul Turki baru-baru ini menghasilkan sebuah mahakarya unik dengan gambar berwarna hitam dan putih. Karya tersebut menceritakan banyaknya mobil polisi yang satu per satu tersedot oleh UFO raksasa. Karya di atas sangat disukai oleh siapun yang melihatnya karena ide yang unik dan lain daripada yang lain.


6Narcissus

karyasenimenakjubkan6

Karya seni dengan menggunakan prinsip refleksi di atas merupakan karya seorang seniman muda Spanyol, Borondo. Karya tersebut diberi judul ’Narcissus’. Seperti diketahui bahwa pada mitologi zaman dahulu, seseorang bernama Narcissus teramat senang mencintai dan mengagumi dirinya sendiri. Obsesi Narcissus pada diri sendiri lantas membuatnya menenggelamkan dirinya sendiri lantaran ia melihat refleksi bayangannya di permukaan air.


5Maya Hayuk

karyasenimenakjubkan5

Bentuk garis dan geometri jika dikreasikan ternyata dapat menjadi sebuah karya yang indah. Begitu pula dengan karya seniman yang satu ini, Maya Hayuk. Warna-warna yang digunakan sangat mencolok dan enak dipandang. Maya hayuk adalah salah satu seniman yang cerdas dalam mempermainkan warna, khususnya bidang geometri.


4Case Ma’Claim and Pixel Pancho

karyasenimenakjubkan4

Karya seni di atas berasal dari kerja sama dua orang seniman yaitu Case Ma’Claim dan Pixel Pancho. Pembuatan karya ini memang sengaja dan difasilitasi. Meskipun mengerjakan sebuah hasil karya bersama-sama, namun mereka tetap dapat menunjukkan kekuatan, bakat, dan karakter masing-masing.


3Pixel Pour 2.0

karyasenimenakjubkan3

Karya diatas menceritakan sebuah keran raksasa yang mengeluarkan air. Namun uniknya, air yang keluar merupakan balok berwarna biru indah yang disusun sedemikian rupa sehingga terlihat cantik. Karya menakjubkan tersebut diciptakan oleh Kelly Goeller.

Kelly Goeller dulunya bekerja d sebuah studio animasi bernama KNeeon yang memproduksi konten-konten original musik, iklan, video klip, dan film. Karya ini dapat Anda temukan di Jalan Mercer di New York. Karya yang mengagumkan ini dinamai Pixel Pour 2.0.


2Miina Akkijyrkka’s Cows

karyasenimenakjubkan2

Jika Anda menyukai film Transformer, mungkin saat ini Anda akan benar-benar menemuinya di dunia nyata. Seorang pematung Miina Akkijyrkka telah berhasil menyulap kendaraan bekas menjadi beberapa buah figur patung sapi raksasa yang menakjubkan.


13D Pavement Chalk

karyasenimenakjubkan1

Anda tentu takjub dan kaget jika suatu saat menemukan street art tiga dimensi dengan gambar seperti di atas. Karya tersebut lebih sering dikenal dengan sebutan Pavement Chalk. Trotoar dengan sudut dan luas tertentu akan digambar dan diberikan warna. Selan itu, seniman juga tidak boleh lupa untuk memainkan ilusi dalam pandangan mata.

Pada gambar di atas, seakan-akan seseorang tersebut sedang terjebak dan ditolong oleh batman dari ketinggian tertentu. Padahal, gambar yang digoreskan di atas trotoar tersebut memiliki sifat permukaan yang datar-datar saja. Karya di atas merupakan buah karya dari seniman luar biasa Julian Beever.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of