Bisnis, Fashion & Hobby

Ketahui 10 Hal Ini Jika Anda Ingin Menjadi Freelancer

Saat ini, muncul tren baru di dunia kerja yaitu maraknya pekerjaan yang bersifat freelancing. Sebagian orang lebih memilih untuk menjadi freelancer karena banyak hal antara lain fleksibilitas dalam pekerjaan. Tidak adanya aturan yang ketat soal tempat dan jam kerja membuat pekerja bisa lebih bebas menentukan porsi pekerjaannya. Pekerja pun bebas memilih pekerjaan apa saja yang ingin diterimanya beserta fee yang akan didapatkan. Namun, selain kebebasan yang ditawarkan, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh seseorang yang ingin menjadi freelancer supaya pilihan tersebut tidak merugikan masa depan.


10Pintar Manajemen Waktu

freelancer10

Memiliki jam kerja yang tidak terbatas adalah keuntungan bagi seorang freelancer. Namun, seringkali seseorang justru tidak bisa mengelola waktu yang dimilikinya jika tidak dibatasi oleh aturan-aturan. Mampu menjaga etos kerja adalah keharusan bagi seorang freelancer yang ingin sukses. Caranya adalah dengan mendorong diri sendiri memiliki waktu khusus yang tidak boleh didistraksi oleh apapun demi menyelesaikan proyek yang sudah disepakati.


9Punya Kualitas

freelancer9

Menjadi freelancer tentu tidak semudah yang dipikirkan. Seorang freelancer akan di-hire oleh klien jika freelancer tersebut memiliki kualitas sesuai standar yang diinginkan. Tanpa kualitas tersebut, untuk mendapatkan job tentu akan sangat sulit. Jadi, jika ingin menjadi freelancer, pastikan dan yakini kualitas apa saja yang dimiliki dan bisa ditawarkan kepada klien.


8Bisa Membangun Relasi

freelancer8

Para freelancer mendapatkan job dari relasi-relasi yang dimilikinya. Oleh karena itu, seorang freelancer harus bisa membangun relasi yang baik dengan orang-orang yang baru ditemuinya maupun dengan kenalan atau relasi lama yang berpotensi menjadi klien. Tanpa relasi yang baik dengan orang lain, seorang freelancer tentu akan kesulitan memperoleh tawaran pekerjaan.


7Pandai Berkomunikasi

freelancer7

Cara berkomunikasi akan menentukan seberapa sukses seorang freelancer. Banyak orang yang menganggap bahwa cara berkomunikasi dengan orang lain adalah hal yang sepele dan remeh. Namun, cara berkomunikasi akan menunjukkan siapa kita sebenarnya. Pilihan terbaik bagi para freelancer adalah belajar berkomunikasi dengan baik terhadap klien saat dalam proses mengerjakan job. Pahami kebutuhan klien dengan baik dan sampaikan informasi yang kita ketahui dalam bahasa komunikasi yang baik dan bisa dimengerti kedua pihak.


6Lihai Mengelola Keuangan

freelancer6

Bukan rahasia umum lagi jika keuangan adalah momok yang perlu diwaspadai oleh seorang freelancer. Seseorang yang ingin menjadi freelancer harus siap dengan berbagai risiko yang berhubungan dengan ekonomi. Pastikan kita sudah memiliki tabungan dalam jangka waktu tertentu sehingga bisa digunakan ketika pemasukan dari pekerjaan freelance tidak bisa diandalkan. Selain itu, mengelola keuangan setiap hari pun harus dilakukan agar tidak terjadi defisit.


5Punya Strategi Personal Branding

freelancer5

Menjadi freelancer adalah menjadi segalanya bagi diri sendiri, termasuk sebagai marketing yang harus menjual jasa pribadi. Oleh karena itu, seseorang yang ingin menjadi freelancer harus memiliki strategi yang mumpuni untuk membangun personal branding. Dengan personal branding yang positif, seorang freelancer akan mudah mendapatkan rekomendasi yang baik dari orang lain. Dampaknya adalah tawaran job yang menguntungkan.


4Kemampuan Bernegosiasi

freelancer4

Tidak semua orang memiliki kemampuan bernegosiasi yang baik dengan orang lain. Negosiasi sangat diperlukan dalam proses freelancer karena berhubungan dengan hal-hal yang tidak pasti. Sebut saja soal fee yang akan diterima maupun deadline atas pekerjaan yang dilakukan. Melakukan negosiasi tanpa merugikan diri sendiri atau klien harus dilakukan demi tercapainya sebuah kualitas pekerjaan yang baik.


3Tahu Informasi Terbaru

freelancer3

Mari kita pahami bahwa freelancer sangat erat kaitannya dengan update informasi terbaru. Jika ingin menjadi freelancer, informasi adalah sumber yang paling utama untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak cara yang saat ini bisa dilakukan untuk mendapatkan informasi. Salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial ataupun rajin berselancar di dunia maya.


2Mudah Dihubungi

freelancer2

Tidak memiliki kantor atau tempat kerja yang tetap akan menciptakan kesulitan baru berupa akses yang bisa dihubungi. Jika ingin menjadi freelancer, pastikan diri sendiri mudah dihubungi oleh klien yang sedang maupun akan mengadakan proyek kerjasama. Akses yang mudah akan menciptakan komunikas yang berkualitas. Dengan demikian, kita pun akan mudah mengetahui keinginan dan kebutuhan klien terhadap pekerjaan yang sedang diselesaikan.


1Menepati Deadline

freelancer1

Sanggup menepati deadline adalah faktor yang perlu digarisbawahi ketika ingin menjadi freelancer. Seringkali, ada tipe orang tertentu yang mengerjakan segala sesuatu setelah melewati kesepakatan waktu yang ditentukan bersama. Akibatnya, klien akan kehilangan kepercayaan dan berpikir dua kali untuk bekerja sama dengan freelancer yang sama di kemudian hari.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry