Budaya & Literatur Traveling

Kunjungilah 10 Kota Sastra Dunia Ini

Saat berkunjung ke London, mau tidak mau kita akan teringat dengan setting dalam buku Charles Dickens yang berjudul Oliver Twist. Sebuah daerah atau kota memang bisa menjadi inspriasi bagi para penulis. Berikut sepuluh kota yang dinobatkan sebagai kota sastra dunia karena peran dan pengaruh mereka dalam bidang kesusastraan dunia.


10Dublin, Irlandia

kotasastra10

Irlandia terkenal dengan kekayaan budayanya yang kental. Berkunjung ke Irlandia tidaklah membosankan karena ada banyak hal yang bisa disaksikan. Dublin, ibukota Irlandia disebut sebagai City of Literature karena banyaknya karya sastra yang lahir dari kota ini. Sebut saja karya Oscar Wilde, Samuel Beckett, dan sebagainya. Kita juga bisa mengunjungi tempat-tempat yang sarat sejarah dalam dunia kesusastraan.


9Paris, Prancis

kotasastra9

Kota sastra dunia selanjutnya adalah Paris, Perancis. Begitu mudah untuk menemukan suasana artistik dan romantis di kota ini. Banyak tempat yang kental dengan nuansa seni didukung oleh kebebasan menulis dan apresiasi yang tinggi terhadap hal itu. Para penulis besar yang akrab dengan kota ini antara lain Ernest Hemingway dan F. Scott Fitzgerald.


8Stockholm, Swedia

kotasastra8

Kota sastra dunia selanjutnya adalah Stockholm. Sebagai tempat lahir Albert Nobel, Stockholm adalah tempat bagi perayaan-perayaan besar. Penghargaan Nobel terhadap berbagai bidang terutama sastra telah membangkitkan minat khusus masyarakatnya terhadap seni. Di Stockholm lahir pula para penulis terkenal seperti Stieg Larsson dan Astrid Lindgren.


7Portland, Oregon

kotasastra7

Di Portland, lahir penulis terkenal seperti Annie Proulz dan Sebastian Junger. Di kota sastra dunia ini pula, kita bisa menemukan toko buku paling besar di dunia bernama Powell’s City of Books. Ada pula berbagai event yang berkaitan dengan literatur yang diadakan di kota ini.


6Santiago, Chili

kotasastra6

Santiago adalah kota sastra dunia asal penulis besar, Pablo Neruda. Neruda menghabiskan banyak waktu di Santiago serta menghasilkan karya-karya di kota itu, seperti Crepusculario dan Dua puluh Puisi Cinta dan Nyanyian Putus Asa. Atas karyanya tersebut, Neruda mendapat hadiah Nobel.


5Edinburg, Skotlandia

kotasastra5

Di Edinburg, kita bisa berkunjung ke Museum Penulis. Di sana terdapat berbagai hal yang berkaitan dengan karya sastra terkenal. Buku-buku yang berasal dari abad ke-18 pun masih bisa ditemukan di Museum Penulis ini. Edinburg juga menjadi inspirasi bagi ratusan novel yang telah terbit.


4London, Inggris

kotasastra4

Kita bisa menemukan berbagai karya sastra di London, baik yang modern maupun klasik. Beberapa di antaranya adalah para tokoh novel seperti Oliver Twist, Harry Potter, dan sebagainya. Kita juga bisa menelusuri jejak para penulis besar sepanjang zaman melalui rencana perjalanan wisata yang tersedia.


3St. Petersburg, Rusia

kotasastra3

Jika Anda akrab dengan karya Fyodor Dostoyevsky, Anda bisa berkunjung ke St. Petersburg. Dengan berkunjung ke kota sastra dunia ini, kita bisa menelusuri jejak-jejak perjalanan para tokoh dalam novel-novel Dostoyevsky. Ada pula museum tempat Pushkin, seorang sastrawan meninggal pada usia yang masih muda.


2Melbourne, Australia

kotasastra2

Melbourne ditetapkan sebagai kota sastra karena berbagai festival sastra serta adanya toko-toko buku dan penerbit terkenal. Kita juga bisa mengunjungi perpustakaan State Library of Victoria yang telah dibangun sejak 1800-an.


1Washington DC

kotasastra1

Datanglah ke Library of Congress di Washington untuk membuktikan bahwa kota ini layak menjadi salah satu kota sastra dunia. Ini adalah perpustakaan paling besar di dunia. Beberapa penulis yang terinspirasi oleh kota ini antara lain Walt Whitman dan Langston Hughes.


 

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of