Flora & Fauna

Luar Biasa! Inilah 10 Ikan Yang Gemar Memangsa Hewan Daratan

Ikan adalah salah satu makhluk hidup yang menghabiskan 100% masa hidupnya didalam air, sehingga makanannya pun tidak jauh dari habitat hidup mereka yakni hewan air lainnya maupun tanaman air.

Tahukah sobat Tentik? Akan sangat aneh jika ada beberapa spesies ikan yang berburu mangsa yang hidup didaratan! Padahal banyak dari spesies ikan didunia yang tidak mampu bertahan hidup lama didarat, apa lagi mencari mangsa ya. Namun ternyata beberapa spesies ikan ini telah mengembangkan teknik khusus untuk menangkap hewan darat.


10Lele Eropa

Lele Eropa hidup di Sungai Tarn di Albi, Prancis. Lele ini telah berevolusi untuk memangsa burung merpati di tepian sungai.

Para peneliti masih tidak yakin mengapa Lele Eropa terdorong untuk memangsa burung merpati karena belum pernah didokumentasikan di antara ikan lele Eropa di tempat lainnya. Ada satu teori yang diyakini yaitu Lele Eropa ini telah memakan sebagian besar mangsa mereka didalam sungai sehingga kekurangan makanan yang memaksa mereka untuk mencari alternatif mangsa diluar sungai.

Tahukah sobat Tentik? cara berburu ikan ini hampir mirip seperti cara berburu buaya loh, dimana ikan ini akan memfokuskan serangan dengan sekali sergapan terhadap merpati yang sedang berada ditepian sungai. Setelah Lele menangkap merpati, mereka langsung dengan sigap menyeret tangkapan mereka ke dalam sungai untuk dikonsumsi. Jangan main di tepi sungai ini ya sobat, bisa disergap Lele loh!


9Ikan Pemanah

Ikan pemanah adalah ikan predator yang memiliki kemampuan unik untuk berburu mangsanya, dimana ikan ini suka sekali menyerang mangsanya, yang biasanya serangga yang sedang terbang ataupun yang sedang menempel di ranting atau dahan disekitaran tempat ikan ini hidup dengan cara “memanahnya!”.

Ikan ini telah berevolusi untuk memburu mangsa serangga yang tergantung di ranting pohon di atas air tempat ia hidup. Sesuai dengan namanya, ikan ini menyerang mangsanya tidak dengan menyergapnya, tetapi dengan cara memanahkan air ke mangsa incaran mereka dengan mulutnya.

Serangga yang terkena panahan air dari ikan ini akan langsung limbung dan jatuh ke dalam air yang akan langsung disergap oleh ikan ini. Keren sekali ya sobat Tentik!


8Paus Pembunuh

Sobat Tentik pasti tau dong ikan paus terkenal yang pernah muncul di layar lebar ini? Yap, Paus Pembunuh!

Ikan ini adalah predator puncak yang akan memburu dan memangsa hampir apa saja yang bisa mereka temukan. Mereka akan siap memangsa anjing laut, gurita, kura – kura, hiu, dan bahkan ikan paus lainnya!

Selain memakan beragam jenis hewan laut, ternyata Paus Pembunuh juga gemar memangsa burung yang sedang terbang di atas air atau hewan darat lainnya (seperti pinguin atau anjing laut) yang berkeliaran di sepanjang garis pantai loh Sobat Tentik!

Meski tubuhnya besar, ikan ini bisa melompat kuat keatas air untuk menangkap burung yang sedang terbang dan juga meluncur kuat ke pinggir pantai untuk menangkap mangsa yang akan langsung ia seret kembali kedalam laut. Ganas juga ya!


7Arwana Perak

Arwana Perak adalah salah satu ikan ganas lainnya yang hidup di perairan Amerika Selatan. Berbeda dengan kebanyakan jenis arwana lainnya, Arwana Perak ini mampu melompat keluar dari air dengan gerakan yang sangat cepat untuk menangkap burung, serangga, dan bahkan ular yang tengah bergelantungan dicabang pohon diatas air.

Arwana perak dapat tumbuh hingga mencapai panjang 1 meter dan dapat melompat hingga ketinggian 2 meter diatas permukaan air, dua kali panjang tubuhnya loh sobat Tentik.

Di habitatnya, Arwana Perak sering disebut Monyet Air karena kemampuan melompatnya yang luar biasa ini. Mangsa dari Arwana Perak yang telah didokumentasikan adalah laba-laba, kumbang, burung kecil, dan ular.


6Hiu Macan

Beberapa burung yang melakukan migrasi jarak jauh dengan menyebrangi lautan terkadang kebingunan dan kehilangan arah. Jika kondisi ini terjadi, para burung biasanya akan terus terbang sampai mereka kelelahan dan jatuh ke lautan.

Hiu Macan di Teluk Meksiko memanfaatkan dengan baik kondisi yang sering terjadi pada musim migrasi para burung ini untuk mendapatkan makanan dengan mudah.

Seorang peneliti laut Pulau Dauphin mengungkapkan bahwa lampu terang dari rig minyak di lepas pantai membuat burung yang sedang bermigrasi kebingungan sehingga menyebabkan mereka terbang terus hingga kelelahan lalu jatuh ke air dan dimangsa dengan mudah oleh Hiu Macan yang sudah menunggu dengan sabar serta gembira. Cerdas sekali ya Hiu Macan ini!


5Lele Belut

Ikan Lele Belut telah berevolusi untuk keluar dari perairan untuk memburu mangsa di daratan. Selain memangsa berbagai ikan kecil dan serangga air, Lele Belut ternyata juga menyukai kumbang loh Sobat Tentik. Hal ini sangat bagus bagi Lele Belut karena kumbang yang lezat dan kaya akan protein ini tidak akan secara sukarela mengunjungi air dan dimangsa (Iya dong!).

Ketika Lele Belut menemukan kumbang, mereka akan keluar dari air dan menggeliat didaratan. Begitu jarak ikan ini sudah didekat sang kumbang, mereka akan memunculkan bagian depan tubuhnya dan menekuk kepalanya ke arah kumbang. Dengan menggunakan rahangnya, Lele Belut menangkap kumbang dan membawanya kembali ke air untuk dimakan.

Lele Belut dapat melakukan hal menakjubkan ini berkat tulang belakang mereka yang telah berevolusi sempurna yang memungkinkan mereka untuk membungkuk dan menangkap kumbang dengan teknik yang unik untuk dilakukan oleh seekor ikan.


4Mudskipper

Mudskipper mendapatkan nama mereka untuk sebuah alasan yang bagus dan jelas, dimana dalam bahasa Indonesia bisa disebut juga sebagai Pelangkah Lumpur.

Yap, seperti namanya, ikan ini memang dapat keluar dari air untuk melangkah di atas lumpur dengan cara berjalan. Sobat Tentik tidak salah baca kok, ikan ini memang dapat berjalan diatas lumpur dengan menggunakan sirip dadanya yang kuat dan kokoh.

Ikan ini telah beradaptasi dengan baik untuk berburu serangga, cacing, dan Mudskipper yang lebih kecil (kanibal ya). Beberapa spesies dari ikan ini bahkan dapat melakukan perjalanan jauh diluar air, meskipun mereka tetap membutuhkan lingkungan yang lembab dan berawa.

Selain untuk mencari mangsa, Mudskipper melakukan beberapa hal lainnya di darat, termasuk kawin dan menandai wilayah.

Mudskippers dapat hidup di atas tanah dan didalam air karena kemampuan unik mereka untuk bernafas menggunakan insang mereka seperti ikan di bawah air dan bernafas menggunakan kulit, mulut, dan lapisan tenggorokan mereka di darat. Luar biasa sekali ya sobat!


3Ikan Harimau Afrika

Berbeda dengan Arwana Perak yang berfokus pada serangga dan burung yang sedang berada di ranting-ranting pohon di atas air loh sobat, Ikan Harimau Afrika berkonsentrasi secara penuh untuk memburu mangsa mereka yang sedang terbang dengan cepat di atas air.

Ikan ini memiliki taktik berburu burung yang berbeda. Satu taktik adalah mengejar burung dari permukaan air sebelum melompat di atas air untuk menangkapnya. Taktik lainnya adalah bersembunyi di bawah air dan melompat keluar saat burung tengah terbang melintas.

Tim peneliti dari North-West University di Potchefstroom, Afrika Selatan, mengamati seekor ikan Harimau Afrika yang melompat keluar dari air untuk menangkap burung layang – layang di sebuah danau di Taman Nasional Mapungubwe di Afrika Selatan. Para peneliti sedang mempelajari habitat dan rute migrasi dari ikan Harimau ketika mereka melihat ikan ini melompat keluar dari air untuk menangkap seekor burung yang terjadi dengan sangat cepat sehingga mereka tidak menyadari apa yang telah terjadi.


2Ikan Gabus

Ikan Gabus ternyata juga mampu berburu mangsa didaratan loh sobat Tentik. Ikan asli Asia yang dikenal mampu menjadi penyembuh luka jahitan ini secara misterius berakhir sebagai spesies yang lebih dikenal di sungai-sungai Amerika, meskipun kita juga masih sering menjumpai ikan ini di pasar – pasar tradisional di berbagai daerah di Indonesia.

Ikan Gabus dulu diimpor secara legal dari Asia ke Amerika untuk dijadikan santapan dan hewan peliharaan, yang diduga seseorang mungkin telah melepaskan ikan ini ke sungai dan mulai berkembang biak dan menyebar ke berbagai sungai di Amerika.

Di Australia, ikan Gabus sering terlihat sedang memangsa burung air, hewan pengerat, dan bahkan ular. Ikan Gabus akan keluar dari air dan menerobos dengan cepat melalui darat untuk melahap mangsanya yang mereka telan dalam sekali sergapan.


1Ikan Forel Pelangi

Ikan Forel Pelangi adalah ikan air tawar berwarna – warni bak pelangi yang tubuhnya ditutupi dengan bintik-bintik hitam. Ikan ini dikenal karena kemampuan mereka untuk melompat tinggi ke udara dan kecenderungannya untuk melawan ketika tertangkap oleh predator dan manusia.

Ikan yang memiliki penampilan cantik dan menawan ini memangsa apa saja mulai dari serangga hingga ikan kecil lainnya dan bahkan mamalia darat kecil loh sobat Tentik.

Sekitar tahun 2013, seorang peneliti menemukan 20 ekor tikus di dalam perut ikan Forel Pelangi. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa ikan ini juga akan memakan mamalia kecil lainnya yang berada di sekitaran sungai.

Para peneliti masih belum tau pasti bagaimana ikan ini menangkap hewan didaratan, tetapi mereka menduga bahwa ikan ini menyergap dengan cepat mangsa mereka ketika sedang berada terlalu dekat dipinggiran sungai.

 

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of