Alam & Luar Angkasa

Mars dan 10 Fakta Paling Menarik dari Planet Merah Ini

Mars, salah satu planet yang terdapat dalam system tata surya kita dengan ukuran 53% lebih kecil dari Bumi. Letaknya yang tak jauh dari Bumi, membuat planet merah ini selalu menjadi perbincangan yang menarik bagi para astronom. Bahkan, planet Mars telah menjadi tujuan utama koloni manusia untuk menguji coba kehidupan di luar bumi pada tahun 2025, melalui sebuah program yang bermana Mars One. Maski begitu, planet Mars masih menyimpan banyak misteri yang belum banyak diketahui orang lainnya. Berikut ini adalah 10 fakta menarik planet Mars yang layak kamu ketahui:


10Terdapat Sumber Air di Planet Mars

Pada tahun 2018, para ilmuwan berhasil menemukan bukti bahwa si planet merah ini memiliki sumber air. Hal ini terungkap setelah ilmuwan menyakini ada sebuah danau yang berada dibawah lapisan es kutup selatan planet.

Sebelumnya, para ilmuwan telah menemukan bukti tanda-tanda adanya air di Mars, namub ini merupakan pertama kalinya mereka menemukan titik sumber air berada. Penemuan danau air di Mars dilakukan menggunakan radar Marsis miliki European Space Agency (ESA).

Instrumen Marsis memeriksa permukaan bawah planet dengan mengirimkan sinyal, lalu memantulkannya lagi. Danau yang berisi air tersebut berada di kedalaman 1,5 km bawah lapisan es.


9Mars memiliki Dua Bulan, Phobos and Deimos

Layaknya Bumi, Mars ternyata juga memiliki bulan, bukannya satu tapi ada dua bulan yang mengorbit planet merah ini, Phobos dan Deimos. Kedua bulan Mars ini ditemukan dalam waktu yang berbeda oleh astronom Amerika Asaph Hall.

Bulan pertama bernama Deimos ditemukan pada 12 Agustus 1877, sedangkan bulan kedua Phobos ditemukan enam hari setelahnya. Penelitian lebih lanjut tentang kedua bulan dari Mars ini diadakan pada 1971, melalu NASA Mariner 9 yang menjadikannya sebagai pesawat luar angkasa pertama yang mengorbit Mars.


8Ada Serpihan Mars yang Jatuh ke Bumi

Di masa lalu, Mars pernah ditabrak oleh asteroid besar. Mars yang memiliki gaya gravitasi rendah membuat beberapa serpihan tabrakan itu terlontar keluar angkasa. Puing-puing planet Mars ini telah bergerak selama jutaan tahun di tata surya, sehingga membuat beberapa serpihan dari planet merah ini tersedot ke Bumi. Puing dari planet Mars ini menguntungkan para ilmuwan untuk mempelajari Mars, sebelum benar-benar mengirimkan manusia ke sana.


7Bongkahan Es

Dengan julukan sebagai kembaran Bumi, Mars juga memiliki bongkahan es yang terdapat di kutubnya. Meskipun begitu, atmosfer yang tipis memberikan peluang kecil bagi air untuk mengalir, sehingga air tersebut hanya tersedia dalam bentuk bongkahan es yang solid. Es di kutup utara Mars memiliki bentang seluas 3,2 km.


6Mendarat di Mars Bukanlah Hal yang Mudah

Sampai hari ini, belum ada satu orang pun manusia yang dikirimkan NASA ke Mars. Hal ini cukup logis mengingat tingkat kesuksesan misi yang sangat rendah. Dari banyaknya misi mengirimkan roket ke Mars, hanya 17 misi yang sukses, 24 misi lainnya gagal, dan terdapat 2 misi yang sukses mengorbit ke Mars, namun gagal mendaratkan komponennya. Terlepas dari kegagalan tersebut, misi ambisius untuk mendatarkan manusia di Mars pada tahun 2025 masih terus dilanjutkan.


5Mars Punya Lembah Terbesar di Tata Surya

Terletak diwilayah khatulistiwa, Mars ternyata memiliki lembah terbesar di tata surya. Lembah ini bernama Valles Marineris yang memiliki panjang lebih dari 4.000 km, lebar 200 km, dan kedalaman lebih dari 7 km. Valles Marineris hampir lima kali lebih dalam, sekitar empat kali lebih panjang dan 20 kali lebih lebar dari Grand Canyon.


4Mars Memiliki Badai Debu Terbesar di Tata Surya

Mars juga dikenal dengan planet yang memiliki badai debu terbesar di tata surya. Jika badai debu terjadi, hal tersebut dapat mengakibatkan seluruh permukaan Mars tertutup hingga berbulan-bulan. Alasan dibalik ganasnya badai debu di Mars adalah musim ekstrim yang terletak dalam orbit berbentuk oval di sekeliling Matahari lebih panjang dari pada kebanyakan planet lainnya di tata surya.


3Mars memiliki Gunung Tertinggi di Tata Surya

Keganasan Mars semakin terasa dengan ditemukannya gunung berapi yang dinobatkan sebagai gunung tertinggi di tata surya. Gunung berapi tersebut bernama Olympus Mons. Gunung berapi ini memiliki luas 600 km, dengan tinggi sekitar 21 km. Olympus Mons diyakini telah terbentuk selama miliaran tahun dan memiliki begitu banyak lava vulkanik yang masih aktif.


2Tanpa Perlindungan Khusus, Mars Dapat Membunuh Para Astronot

Membuka helm pelindung bagi seorang astronot di Mars bukanlah ide yang baik. Ini karena Mars dipenuhi oleh CO2 yang membuatnya memiliki atmosfer 61 kali lebih rendah dari Bumi. Selain itu, Mars juga memilik suhu yang ekstrem yang berada pada kisaran -63o C.


1Catat Tanggalnya, Tahun Baru di Mars akan Dimulai pada 23 Maret 2019

Mars merupakan planet yang lebih jauh dari Bumi, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk mengelilingi Matahari. Untuk menyelesaikan satu kali orbit, Mars membutuhkan waktu sekitar 687 hari, beda dengan Bumi yang hanya membutuhkan waktu 365 hari. Tahun baru di Mars akan terjadi pada tanggal 23 Maret 2019 mendatang.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of