Flora & Fauna Sains

Menakjubkan! Inilah 10 Kemampuan Spesial Hewan yang Luar Biasa

Seperti yang kita tahu bahwa hewan dapat melakukan beragam hal yang menarik dan terkadang menggelitik (lihat saja di berbagai postingan Instagram ya). Ada hewan yang memiliki memori super kuat, bisa berempati, bisa melenyapkan diri, hingga kemungkinan untuk “hidup abadi”. Kemampuan mereka bahkan terkesan mampu melebihi X-Men loh sobat Tentik!


10Mengenali Wajah Manusia

Salah satu kemampuan ini mungkin termasuk aneh sekaligus mengejutkan. Ternyata, ikan bisa mengenali wajah manusia loh sobat!

Ikan menakjubkan ini ialah Ikan Panah Air Tawar (Toxotes chatareus) yang hobi sekali berburu serangga di atas air dengan cara menembakkan ludah. Mereka juga bisa meludahi wajah manusia jika diiming-imingi makanan. Dan hebatnya, Ikan ini dapat mengenali hingga 44 wajah manusia loh. Keren!

Dan yang membuat para ilmuwan bingung adalah, hewan seperti anjing, kuda, dan sapi dapat mengenali wajah manusia karena memiliki bagian bernama neocortex di otaknya. Tapi Ikan Panah tidak memiliki bagian ini!


9Serangga Fotografer

Serangga kotoran ternyata menyukai fotografi. Atau, setidaknya ini adalah fotografi versi mereka. Mereka suka menari di atas kotoran yang mereka bawa ke mana-mana. Mereka lalu menangkap gambar yang terlihat di langit dan menyimpannya di dalam otak. Apa Tujuannya? Fotografi dilakukan untuk dijadikan petunjuk geografis ketika mereka bepergian sobat! Setelah melakukan tarian tersebut, mereka dapat melanjutkan perjalanan yang rutenya berupa satu garis lurus. Menurut para ilmuwan, serangga kotoran bahkan mampu mengidentifikasi letak bulan, matahari, dan bintang loh! Luar biasa ya!


8Rakit Hidup Semut

Sudah lama diketahui bahwa semut dapat membentuk rakit hidup yang mereka buat dari tubuh mereka sendiri. Namun, para peneliti baru saja menemukan fakta yang lebih mengagumkan lagi. Ternyata para semut itu tidak asal bekerja sama, mereka mampu membagi posisinya masing-masing dan tahu apa yang harus dilakukan.

Ketika ada banjir, semut-semut tidak menyatukan diri secara acak untuk membentuk rakit hidup. Mereka saling menempelkan rahang, tangan, dan kaki. Semut Perak Alpine diketahui akan berusaha menyelamatkan sang ratu dan membentuk rakit hidup dengan posisi yang sama untuk tiap semut. Mereka sudah tahu di sebelah mana mereka harus berada. Sudah ada pembagian tugas yang jelas akan menjadi bagian rakit manakah mereka nantinya!

Bahkan para semut ini dapat melindungi telur-telur mereka dengan membuat rakit hidup yang terdiri dari 3 lapisan. Para peneliti menduga pembagian tugas di antara para semut berkaitan dengan ukuran, deskripsi kerja, usia, dan kepribadian dari tiap individu semut. Ciptaan Tuhan memang selalu luar biasa ya sobat!


7Ular Bisa Menandingi Pesawat Jet

Selain ditakuti dan dihindari, ternyata ular memiliki fakta yang tak kalah menyeramkan sekaligus mengagumkan bagi banyak orang loh sobat, yaitu ular mampu menandingi pesawat jet! Maksudnya?

Sesuai deskripsinya, Ular dapat meningkatkan kecepatannya melebihi kecepatan pesawat jet. Pada sebuah percobaan yang dilakukan peneliti dengan 14 ekor Ular Tikus Texas, 6 Ular Mulut Kapas, dan 12 Ular Derik Punggung Berlian Barat yang direkam untuk dilihat kecepatannya. Seorang pilot pesawat tempur diminta untuk mengedarai pesawat jet secepat mungkin.

Pada kecepatan 9 Gs (9 kali lebih cepat dari gaya gravitasi), pilot itu bisa kehilangan kesadaran. Sebaliknya ular dapat bergerak hingga 28 Gs. Ular sendiri diketahui dapat menerkam mangsa dalam kecepatan 50 hingga 90 milidetik. Padahal, Manusia berkedip dalam jangka waktu 200 milidetik loh! Ini sih Sonic Reptil namanya ya!


6Berudu Tanpa Air

Katak Menari India atau Micrixalus herrei hidup jauh di bawah tanah di dalam sungai. Katak jantan akan menari untuk menarik perhatian betina sekaligus mengintimidasi lawan.

Menariknya, berudunya yang hidup di dalam tanah nampak seperti belut yang datar dengan ekor yang berotot untuk membantu mereka menggali ke dalam. Seperti yang biasa kita tahu, berudu kebanyakan hidup di dalam air, tapi spesies katak ini berbeda. Berudu katak ini sudah biasa hidup di dalam tanah. Unik sekali ya sobat!


5Hiu yang Bersinar dalam Gelap

Ada hiu jenis baru yang ditemukan di Pantai Pasifik. Seluruh tubuhnya berwarna hitam legam dan hiu ini tinggal di kedalaman 1,6 kilometer dengan tubuh yang bersinar dalam gelap!

Para peneliti menyebutnya sebagai Hiu Lentera Ninja. Ada 40 spesies hiu lainnya yang bersinar dalam gelap. Tubuh mereka memiliki photophores yang membuat mereka bersinar. Hiu Ninja memilikinya di sekitar area kepala. Beberapa dugaan dari ilmuwan mengenai sinar tubuh para hiu di antaranya ialah digunakan untuk menjebak mangsa sekaligus berkomunikasi dengan kawanannya.


4Ikan Gua yang Bisa Memanjat

Ada spesies ikan gua yang dapat memanjang dinding dengan pinggulnya. Ikan itu adalah Cryptotora thamicola. Ikan ini tidak memiliki mata tapi sanggup bepergian, bahkan memanjat bebatuan yang airnya sedikit.

Tulang pinggul ikan ini sedikit mirip dengan milik hewan berkaki empat. Bisa jadi, ikan ini adalah salah satu rahasia alam mengenai evolusi makhluk hidup berkaki empat. Kita tunggu saja kabar terbaru dari para ilmuwan ya sobat.


3Katak yang Teksturnya Bisa Berubah

Seekor katak unik telah ditemukan di pegunungan Andes. Katak itu memiliki kemampuan kamuflase yang tidak biasa loh!

Pada tahun 2009, sekelompok peneliti menemukan katak yang permukaan tubuhnya berduri. Tetapi di hari berikutnya, bagian luar tubuhnya menjadi begitu lembut. Kemampuan seperti ini belum pernah ditemukan pada hewan amfibi lainnya. Hebatnya lagi, katak ini dapat meniru “tekstur” benda apa saja di dekatnya. Ini sih keren banget namanya!


2Membuat Mulut Baru

Kemampuan hewan satu ini mungkin bukan menakjubkan lagi, tetapi lebih ke arah mengerikan!

Ia adalah Hydra vulgaris, makhluk air tawar tanpa mulut dan tidak memiliki tulang. Ia memiliki tubuh menyerupai tabung. Tubuhnya dilengkapi tentakel berduri yang digunakan untuk melumpuhkan mangsa. Anehnya lagi, makhluk ini dapat membelah dirinya begitu saja tanpa terluka. Ia juga dapat membuat mulut baru, padahal ia awalnya tidak memiliki mulut. Aneh sekali ya!


1Hidup Abadi

Hydra secara konsisten terus membelah diri dan melakukan regenerasi. Mereka tak memiliki tanda-tanda mengalami penuaan. Bila tidak dimangsa atau karena faktor lingkungan lainnya, ada kemungkinan bahwa hydra akan terus hidup selamanya (abadi).

Hal tersebut telah dibuktikan dengan penelitian yang melibatkan 2.300 hydra di dalam air dengan kondisi baik. Tiap hydra diberi pakan terbaik. Meski ada sebagian yang mati, hingga delapan tahun kemudian, masih ada 80% hydra yang tumbuh subur dan tak ada tanda-tanda mengalami penurunan kualitas hidup. Bisakah manusia seperti hydra nantinya? Abadi!

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry