Teknologi

Mengenal Tombol Pada Remote AC Beserta Fungsinya

Cuaca yang semakin panas membuat Anda tidak nyaman di rumah. Kipas angin sudah tidak mampu lagi menghalau gerah yang melAnda. Mungkin karena asalan itulah Anda akhirnya memutuskan untuk membeli AC Polytron terbaru. AC memang perangkat yang tepat untuk menurunkan suhu di dalam ruangan.

Ketika Anda membeli AC, biasanya Anda akan mendapatkan remote AC. Sama seperti remote TV, remote AC juga digunakan untuk mengatur AC, mulai dari mengatur suhu hingga untuk menghidupkan dan mematikan AC.

Jika Anda adalah orang yang belum terbiasa dengan remote AC atau baru memegang AC karena sebelumnya hanya menggunakan tombol yang ada di body AC, bisa saja Anda merasa bingung dengan fungsi masing-masing tombol.

Tombol Remote AC dan Fungsinya

Tidak usah bingung atau berkecil hati jika Anda bingung dengan remote AC Polytron terbaru Anda. Berikut ini merupakan beberapa tombol yang ada pada remote AC secara umum serta akan diuraikan mengenai fungsi dari masing-masing tombol.


1Tombol power On/Off

Tombol ini digunakan untuk menyalakan dan mematikan perangkat AC. Dengan adanya tombol ini di remote AC, Anda tidak perlu menekan tombol power yang ada di badan AC.


2Display atau layar remote

Perbedaan remote AC dengan remote perangkat elektronik lainnya adalah adanya layar atau display. Layar atau display yang ada di remote AC berfungsi untuk menampilkan pengaturan pada AC, seperti suhu dan mode.

Selama AC menyala, selama itu pula display akan terus menyala. Jika AC mati, display akan ikut mati. Jadi Anda tidak perlu bingung bagaimana cara menghidupkan atau mematikan display remote AC. Display akan nyala atau mati secara otomatis bersamaan dengan dinyalakan atau dimatikannya AC.


3Tombol temperature

Tombol temperatur atau biasa disingkat Temp. pada remote AC dibagi menjadi dua, yaitu atas dan bawah. Tombol yang atas digunakan untuk menaikkan suhu, sedangkan yang bawah digunakan untuk menurunkan suhu.

Yang perlu Anda ingat, semakin rendah suhu yang Anda atur pada AC, semakin dingin AC tersebut. Begitu juga sebaliknya. Jadi kalau tidak ingin kedinginan karena AC Polytron terbaru Anda, Anda hanya butuh mengaturnya pada suhu 22 derajat celcius.


4Tombol timer

Tombol timer digunakan untuk mengatur waktu penggunaan AC. Contohnya, ketika Anda ingin tidur, Anda bisa mengatur timer pada AC. Pada waktu yang sudah Anda atur tersebut, AC akan mati secara otomatis.


5Tombol mode

Tombol mode biasanya dibagi menjadi tiga, yaitu Cool, Dry, dan Fan Mode. Cool mode digunakan untuk mengatur suhu agar lebih dingin. Sedangkan Dry Mode digunakan untuk mengurangi kelembaban udara sehingga suhu yang dihasilkan tidak terlalu dingin. Fan Mode digunakan untuk menyalakan fan indoor tanpa fan outdoor dan menghasilkan udara yang tidak lebih dingin dari Cool Mode.

Ada juga mode Auto. Dengan mode ini, AC akan mendeteksi suhu di dalam ruangan dan memilihkan mode yang paling cocok untuk ruangan Anda.


6Tombol swing

Tombol swing digunakan untuk mengatur arah aliran udara yang dihasilkan oleh AC. Dengan menekan tombol swing, udara akan dialirkan ke semua arah secara merata.
Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan, fungsi dari masing-masing tombol AC? Sekarang saatnya Anda mempraktikkan pengetahuan yang didapatkan. Tapi kalau Anda belum memiliki AC, ya beli dulu saja agar bisa langsung praktik.

Sekarang membeli AC tidak perlu ke toko elektronik. Anda bisa membelinya secara online melalui Bukalapak. Ada banyak pilihan AC di sana termasuk AC Polytron terbaru. Anda tinggal memilih perangkat yang Anda mau dan lakukan pembayaran. Kemudian tinggal duduk manis dan barang yang Anda pesan akan diantar dengan selamat sampai ke rumah Anda. Mudah, kan?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Sorry