Flora & Fauna Unik & Aneh

Mengerikan! Kamu Bakal Bersyukur 10 Hewan Ini Sudah Punah

Ada banyak hewan aneh dan mengerikan di dunia ini, selain juga ada hewan-hewan unik dan lucu yang disukai manusia. Namun, tidak sedikit pula yang sudah punah dan tak ditemukan lagi di dunia. Sehingga, hanya fotonya saja yang bisa membuat orang-orang mengetahuinya. Namun, 10 hewan ini pastinya akan membuat kamu bersyukur karena mereka sudah punah.


10Harpagornis Moorei

Hidup sekitar sebelum tahun 1400, hewan ini dikenal dengan nama Elang Haast dan banyak ditemukan di Selandia Baru. Dengan sayap berukuran mencapai 3 meter saat dibentangkan, tidak heran jika burung karnivora yang satu ini tampak sangat mengerikan. Dengan ukuran yang besar itu, Elang Haast bisa mudah mengangkat dan membawa terbang tubuh manusia.


9Megalodon

Jika Great White Shark atau Hiu Putih Raksasa dinilai sebagai hewan yang paling mengerikan di laut, karena bisa berukuran sampai 6 meter, maka coba bandingkan dengan Megalodon. Hewan yang satu ini juga merupakan spesies hiu raksasa yang diyakini hidup sekitar 1,5 juta tahun lalu. Ukurannya bisa mencapai 18 meter, bahkan jauh lebih besar dari bus sekolah.


8Titanoboa

Ular memang menakutkan. Tapi, tidak ada dari semua jenis ular yang lebih mengerikan dari Titanoboa. Ular ini pernah menjadi yang terbesar, terpanjang, dan terberat, yang ditemukan di era Palaeocene sekitar 60 juta tahun lalu. Sebagai ular terbesar dengan panjang mencapai 12 meter dan berat total 1.000 kg, maka Titanoboa pun bisa melahap buaya dengan mudah.


7Carbonemys

Setelah melihat hewan yang satu ini, maka anggapan bahwa kura-kura adalah hewan yang lucu dan menarik untuk dipelihara akan langsung hilang. Carbonemys merupakan kura-kura raksasa yang hidup 60 juta tahun lalu. Ketika dinosaurus punah, mereka mampu bertahan. Fosilnya yang ditemukan di Kolombia berukuran 1,8 meter dengan rahang yang sangat kuat.


6Phorusrhacid

Penemuan Phorusrhacid membuat Cheetah tidak lagi menjadi satu-satunya hewan tercepat di dunia. Meski sebangsa burung, namun tidak bisa terbang, ternyata hewan ini malah dapat berlari dengan kecepatan 110 sampai 120 km per jam. Burung prasejarah ini sendiri memiliki tinggi 3 meter, dan merupakan burung karnivora yang mengerikan sekitar 62 juta tahun lalu.


5Sarcosuchus

Saltwater Crocodile atau Buaya Air Asin dikenal sebagai hewan reptil raksasa sekaligus buaya terbesar di dunia dengan ukuran mencapai 5,2 meter, sehingga mampu memangsa apapun dengan mudah. Namun sekitar 112 juta tahun lalu ternyata ada buaya yang jauh lebih besar, berukuran 12 meter. Buaya bernama Sarcosuchus ini bahkan memiliki berat hingga 8.000 kg.


4Arthropleura

Ada yang merasa geli dan jijik dengan ulat kaki seribu. Namun jika melihat hewan kaki seribu yang satu ini, maka yang ada hanya kata mengerikan. Pasalnya, Arthropleura, atau disebut juga Giant Milipede berukuran mencapai 2,3 meter. Untung saja hewan ini sudah punah, setelah diperkirakan hidup sekitar 299-315 juta tahun lalu di Amerika Utara dan Skotlandia.


3Pulmonoscorpius

Kalajengking berukuran kecil saja sudah bisa membuat orang lari ketakutan. Lalu, bagaimana jika bertemu dengan Pulmonoscorpius? Hewan ini merupakan kalajengking raksasa dengan ukuran tubuh mencapai 30 inci. Untungnya lagi, Pulmonoscorpius yang bisa dibilang nenek moyangnya kalajengking ini hidup sekitar 330-345 juta tahun lalu, di zaman Carboniferous.


2Attercopus

Laba-laba pun tak kalah menakutkan dengan kalajengking. Tapi, tentu saja jenis laba-bala Attercopus jauh lebih mengerikan. Bayangkan saja, hewan yang dianggap merupakan nenek moyang laba-laba modern ini memiliki ekor seperti kalajengking dengan kaki delapan. Tapi Attercopus juga sudah lama punah, setelah hidup di zaman sekitar 390 juta tahun yang lalu.


1Cameroceras

Diperkirakan hidup sekitar 460 juta tahun yang lalu, hewan yang satu ini dianggap sebagai nenek moyang dari gurita dan cumi-cumi. Namun, hewan jenis moluska ini memiliki ukuran luar biasa, mencapai 6 sampai 12 meter. Hewan bernama Cameroceras ini sendiri berbentuk tubuh kerucut, dan memiliki tentakel panjang untuk menangkap ikan dan makhluk laut lain.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of