Olah Raga Pengetahuan

Mungkin Ini 10 Alasan Kenapa Kamu Selalu Gagal Diet

“Diet itu dimulai besok!” Inilah ungkapan yang sampai hari ini masih menahan banyak orang dari menurunkan berat badan mereka. Menurunkan berat badan memang bukanlah hal yang gampang karena diperlukan komitmen dan kerja keras dalam perjalanannya. Dibalik setiap kegagalan diet pasti ada puncak masalahnya, dan mungkin dengan membaca 10 potensi masalah dibawah ini, kamu bisa menyiapkan rencana yang lebih baik lagi.


10Pendirian Kamu Kurang Kuat

Kalau kamu hanya ingin mengurangi berat badan karena suatu alasan cliche tertentu, maka proses ini akan sulit untuk didapatkan secara permanen. Penurunan berat badan adalah tujuan jangka panjang. Butuh waktu untuk menurunkan berat badan dan kamu perlu memotivasi diri kamu sendiri sepanjang perjalanan.

Salah satu caranya adalah dengan menemukan lebih banyak alasan untuk menjadi lebih sehat. Ingatkan diri kamu dari semua manfaat olahraga, termasuk peningkatan energi, suasana hati, dan tidur malam yang lebih baik.


9Jenis Latihan yang Kamu Kerjakan Belum Tepat

Kalau kamu tidak berolahraga dengan konsisten, menurunkan berat badan adalah hal yang sulit. Memang pada dasarnya masih sangat mungkin untuk menurunkan berat badan melalui pengelolaan makanan saja, tetapi kamu pasti akan stagnan di beberapa titik.

Pada dasarnya kamu gak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di gym; Kamu hanya perlu mengatur jadwal olahraga yang wajar yang bisa kamu ikuti setiap minggu.


8Diet Kamu Tidak Berimbang

Mengubah cara kamu makan adalah hal lain yang harus kamu lakukan untuk menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Itu berarti kamu harus berusaha mengganti makanan yang tidak sehat dengan pilihan yang lebih sehat dan melakukan hal itu di hampir sepanjang waktu kamu.

Pada akhirnya, diet bukan tentang membuang semua yang kamu sukai. Kamu masih bisa menikmati makanan favorit kamu, hanya saja tidak setiap hari.


7Lifestyle Kamu Tidak Mendukung untuk Diet

Kalau kamu menginginkan kehidupan yang sehat, kamu harus mau mengubah cara hidup kamu. Hal ini bukan berarti mengubah segalanya dalam semalam, tetapi kamu harus mulai terbuka dengan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu. Beberapa perubahan gaya hidup yang mungkin akan perlu kamu lakukan pada tahap awal diet kamu adalah mencoba untuk bangun lebih pagi dan mengontrol pilihan makanan.


6Lingkungan Penuh Makanan

Terkadang, kamu gak akan bisa mengendalikan hal-hal di sekitar kamu. Di tempat kerja, kamu mungkin akan dikelilingi oleh sederet godaan — donat, mesin otomatis, rekan kerja yang membawa makanan cepat saji, dan sejenisnya.  Tetapkan lingkungan yang mendorong pilihan-pilihan sehat kamu dan mengingatkan kamu pada tujuan awal kamu.


5Kurang Dapat Support dari Orang Terdekat

Meski menjadi sehat mungkin adalah sesuatu yang perlu kamu lakukan sendiri, namun akan sangat membantu kalau setiap keputusan kamu memiliki sistem pendukung. Dukungan untuk program penurunan berat badan dari teman dan keluarga yang mengerti apa yang kamu lakukan akan sangat membantu.

Kalau kamu memiliki pasangan yang ingin terus makan makanan yang menggoda kamu, kamu perlu rencana untuk mengatasinya sehingga kamu dapat mencapai tujuan kamu tetapi juga masih menjaga hubungan kamu. Cobalah untuk mengelilingi diri kamu dengan orang-orang yang akan mendukung apa yang Anda lakukan dan hindari orang-orang yang tidak mengerti tujuan sehat kamu.


4Kesehatan Mental Kamu Terganggu

Kalau kamu memiliki alasan lain untuk berada dalam keadaan dimana kamu memiliki kelebihan berat badan, mungkin ada rasa sakit di masa lalu – depresi atau masalah lain – yang kamu atasi dengan mengonsumsi makanan. Keadaan ini membuat seseorang pasti akan sangat sulit untuk menurunkan berat badan. Kunjungan ke psikiater dapat membantu kamu belajar lebih banyak tentang emosi dan bagaimana kamu telah mungkin melakukannya tanpa menyadarinya. Bersedialah untuk belajar agar kamu bisa membuat pilihan yang tepat.


3Targetnya Terlalu Jauh

Kalau kamu pasang targetnya terlampau tinggi, kemungkinan besar kamu akan gagal. Penurunan berat badan akna menjadi hal yang sulit dicapai kalau kamu merasa gagal terus-menerus. Tidak seorang pun akan merasa sangat termotivasi jika mereka merasa gagal sepanjang waktu.

Akan lebih baik untuk menetapkan tujuan jangka panjang, fokuskan perhatian kamu pada tujuan harian atau mingguan. Target mingguan kamu mungkin bisa dipersempit seperti melakukan tiga sesi latihan kardio. Pilih hal-hal yang kamu tahu akan dapat kamu capai sehingga kamu akan selalu sukses.


2Kamunya Ga Mau Berubah

Kamu pasti mendengar banyak tentang perubahan gaya hidup, dan pilihan sehari-hari ini yang sebenarnya akan menguji kamu. Apa yang terjadi jika kamu harus bekerja lembur dan tidak bisa pergi ke gym? Bagaimana jika kamu terjebak kemacetan ? Sejumlah hal dapat terjadi dalam sehari yang dapat membuat kamu kemudian keluar dari jalur diet.

Cara menghadapinya sangat fleksibel dan akan membantu jika kamu selalu siap. Simpan sepatu olahraga di mobil agar kamu bisa mampir di taman untuk olahraga berjalan cepat. Siapkan makanan, jadi jika kamu terjebak kemacetan, kamu bisa konsumsi makanan kecil sebelum berolahraga. Seringkali banyak orang melewatkan waktu latihan karena ada sesuatu hal yang penting muncul dan mereka akhirnya tidak siap untuk itu atau tidak mau memberi diri mereka pilihan lain.


1Kebiasaan Mentolerir Kegagalan

Diet kamu tidak akan sempurna setiap hari. Jika kamu seorang perfeksionis, ini adalah konsep yang akan sulit untuk diterima. Pada hari-hari yang berjalan baik, kamu akan makan buah dan sayuran, tidak mengonsumsi pizza, dan melakukan latihan sesuai jadwa. Pada hari-hari yang buruk, kamu mungkin akan bangun terlambat, lupa membawa makan siang, makan lebih banyak atau bahkan melewatkan waktu latihan kamu.

Hari-hari buruk normal untuk terjadi jika kamu seorang manusia. Triknya adalah jangan pernah menyerah, bahkan saat kamu sedang down. Berusahalah untuk mengatasi ketakutan akan kegagalan dan ingatlah bahwa kamu bukan pecundang hanya karena kamu melakukan beberapa kesalahan.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry