Teknologi

Nggak Hanya Smartphone, Xiaomi Juga Pernah Produksi 10 Perangkat Unik Ini

Bisa dibilang, Xiaomi itu produk smartphone paling laris saat ini. Hampir semua pengguna smartphone terutama di Indonesia pasti memakai produk smartphone dari pabrikan yang berlokasi di Beijing, Tiongkok ini.

Namun, siapa sangka kalau pabrikan yang cukup populer dengan smartphone seri Mi Note dan Redmi ini juga pernah sukses membuat produk selain smartphone? Iya, selain smartphone ternyata perusahaan yang dipimpin oleh Hugo Bara itu pernah berhasil memproduksi perangkat-perangkat rumah tangga. Berikut beberapa di antaranya.


10Timbangan Mi Scale

Xiaomi pernah lho memproduksi sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengukur berat sebuah benda itu. Gak sembarangan, timbangan yang diklaim pintar itu kabarnya bisa mengukur benda mulai berat 5kg sampai 150kg. Uniknya, timbangan pintar ala Xiaomi yang resmi diluncurkan tahun lalu ini bisa dihubungkan ke aplikasi Mi Fit yang bisa di-instal di berbagai smartphone baik Android maupun iOS.


9Perangkat pengukur tekanan darah iHealth

Pabrikan asal Tiongkok ini diketahui juga pernah meluncurkan sebuah perangkat yang dapat digunakan untuk mengukur tekanan darah. Perangkat yang dibuat bersama dengan perusahaan asal Silicon Valley bernama iHealth Labs itu kabarnya bisa mengukur tekanan darah dan denyut jantung pengguna lewat alat semacam dock yang terhubung ke smartphone.

Saat kamu memasang alat pengukurnya (yang penampakannya mirip dengan alat pengukur tekanan darah biasa ini), maka secara otomatis smartphone yang terlebih dahulu diletakkan di dock khusus bakal menampilkan data seputar tekanan darah dan denyut jantung. Menarik kan?


8Mi Water Purifier

Nggak ketinggalan, pabrikan asal Tiongkok ini juga pernah meluncurkan produk penjernih air bernama Mi Water Purifier pada tahun 2015. Perangkat yang mengadopsi teknologi reverse osmosis ini bila dihubungkan dengan aplikasi smartphone yang bisa bikin kamu melihat efektivitas penjernihan air. Selain itu, kamu juga bakal mendapat notifikasi yang memberitahumu kapan alat penyaring pada perangkat perlu diganti atau dibersihkan.


7Mi Air Purifier

Selain bikin penjernih air, di tahun 2014 Xiaomi juga pernah bikin penjernih udara bernama Mi Air Purifier lho! Asyiknya, perangkat ini diklaim punya kemampuan untuk membersihkan 406m persegi udara dalam waktu satu jam.

Cara kerjanya pun mudah, setelah menghubungkan perangkat dengan smartphone, maka kamu bisa mengatur kecepatan kipas di dalamnya. Serta mendapat notifikasi apabila kipas di dalam perangkat tersebut sudah harus diganti.


6Sepeda Xiaomi QiCycle R1

Nggak ketinggalan, Xiaomi juga pernah memproduksi sepeda pintar yang merupakan produk hasil kerja sama dengan startup iRiding. Sepeda pintar besutan Xiaomi ini kabarnya dilengkapi dengan sensor yang dapat mengirimkan data kebugaran ke aplikasi yang telah terinstal di smartphonemu. Hal unik lain dari smartphone ini juga adalah bobotnya yang cukup ringan jika dibanding dengan sepeda lainnya yakni hanya 6kg saja. Xiaomi juga membekali sepeda buatannya ini dengan teknologi Shimano Ultegra Di2 electronic alias perpindahan gear elektronik dan rem dengan ketahanan panas tingkat tinggi.


5Mi Bluetooth Gaming Controller

Untuk memanjakan penggemarnya yang doyan main games, Xiaomi diketahui pernah memproduksi perangkat bernama Mi Bluetooth Gaming Controller yang fungsinya sudah tentu untuk bermain games. Perangkat ini pas digunakan bersama dengan produk Xiaomi lainnya yakni Mi Box TV. Kamu bisa bebas memainkan games di mana dan kapan saja pakai gaming controller yang mengandalkan konektivitas bluetooth ini. Seru banget lah!


4Router Mi WiFi

Menjawab kebutuhan pasar, beberapa waktu lalu Xiaomi pun memproduksi perangkat router bernama Mi WiFi. Uniknya, selain bisa dijadikan router ternyata Mi WiFi juga bisa dijadikan tempat penyimpanan data yang bisa diakses secara wireless.


3Ninebot Mini

Produk selain smartphone lainnya yang pernah diproduksi oleh Xiaomi adalah Ninebot Mini. Perangkat yang diproduksi bersama dengan startup asal Tiongkok diklaim punya kecepatan maksimal 16km per jam dan bisa berjalan 30 km tanpa harus diisi dayanya. Uniknya, bila dihubungkan dengan smartphone, maka kamu bisa melihat informasi kecepatan dan kondisi Ninebot Mini serta menggerakannya dari jarak jauh. Keren bukan!


2Mi Box TV

Xiaomi juga gak ketinggalan memproduksi perangkat setup box bernama Mi Box TV. Perangkat yang ukurannya cuma sebesar kotak adaptor chager smartphone ini kabarnya dapat mengubah televisi biasamu menjadi televisi pintar alias Smart TV. Lewat Mi Box TV ini juga kamu bisa menikmati film atau siaran TV dari berbagai layanan video streaming. Asyik kan?


1MIJIA Induction Heating Pressure Rice Cooker

Produk selain smartphone lain yang pernah diproduksi oleh Xiaomi adalah penanak nasi alias rice cooker bernama MIJIA. Kabarnya, penanak nasi buatan Xiaomi ini memiliki keistimewaan. Salah satunya adalah pengguna bisa mengatur kelembutan nasi yang akan dimasak gak peduli seberapa jelek kualitas berasmu. Sebelum memasak, perangkat ini kabarnya bisa memindai bungkus beras untuk mengetahui jenis, merek, dan asal beras. Barulah, dari proses pindai itu penanak nasi bakal melakukan pengaturan otomatis cara memasak yang sesuai dengan beras.


Beberapa barang masih diproduksi oleh Xiomi, tapi beberapa sudah dihentikan. Unik banget kan? Coba deh sebutin guys, dari 10 produk buatan Xiaomi selain smartphone di atas mana saja yang menjadi favoritmu? Atau bahkan sudah pernah kamu gunakan?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry