Tragedi

Niatnya Ingin Mengukir Rekor Dunia, 10 Orang Ini Malah Tewas

Beberapa rekor dunia memang mengagumkan, beberapa terkesan aneh dan lainnya rada-rada bodoh. Dari menyebrang dengan hanya bermodalkan rambut yang diikat ke kawat sampai melompati 20 bis dengan motor, inilah 10 orang yang malah tewas saat sedang ingin mengukir rekor dunia.


10Menyebrang Dengan Kawat

rekorduniatragis10

Stuntman dari India bernama Sailendra Nath Roy sebenarnya sudah memegang dua rekor dunia, dan dua-duanya berhubungan dengan rambut. Di tahun 2011, dia menyebrang sepanjang 82.5 meter hanya dengan rambut yang diikat ke kawat dan di tahun selanjutnya dia menarik sebuah kereta lokomotif dengan rambut-nya sepanjang 2.5 meter. Belum puas dengan rekornya, Sailendra ingin memecahkan rekor pertamanya. Bulan Agustus 2013, rambut Sailendra tersangkut di kawatnya. Butuh waktu sekitar 45 menit untuk tim penyelamat dapat membawa Sailendra ke tempat aman, namun nyawanya sudah tiada. Hasil otopsinya mengatakan bahwa Sailendra menderita serangan jantung.


9Terjun Bebas

rekorduniatragis9

Saat perang dingin sedang berlangsung, Nick Piantanida dari Amerika berambisi untuk mengalahkan rekor pilot Rusia yang memegang rekor terjun bebas dari tinggi 24.500 meter dari permukaan laut. Bulan Mei 1966, Nick terbang sampai ketinggian 36.000 meter dan mulai melompat dari pesawatnya. Namun setelah 17.000 meter, baju khususnya mengalami gangguan tekanan udara. Pihak kontrol Amerika sadar akan bahaya yang dia alami dan langsung mengaktifkan parasutnya. Ketika Nick berhasil sampai ke daratan, dia sudah dalam kondisi koma karena kekurangan oksigen dan meninggal empat bulan setelahnya.


8Manusia Tercepat

rekorduniatragis8

Berawal dari pekerjaan di tambang sebagai insinyur, Lowell Bayles menjadi terkenal di tahun 1920an setelah berubah haluan menjadi pilot stunt. Di acara National Air Races tahun 1931, Lowell mencoba memecahkan rekor World Landplane Speed Record. Kecepatan Lowell saat itu mendekati 482 km/jam saat tragedi melanda. Kap bensin pesawatnya lepas melewati kaca depan dan menghantam pilot tersebut sampai dia tidak sadarkan diri. Pesawat Lowell jatuh dan meledak sampai-sampai melempar tubuh Lowell sekitar 100 meter dari cockpitnya.


7Water Speed Record

rekorduniatragis7

Pada tahun 1964, warga Inggris bernama Donald Campbell adalah orang pertama yang memegang rekor di darat dan juga di air. Tapi dia masih belum puas juga. Di tahun 1967, Donald mengendarai perahu jetnya sampai 480 km/jam, Anda pasti sudah bisa menebak bagaimana akhirnya. Perahu tersebut tersentak ke atas, membanting Donald ke air dengan kekuatan penuh. Donald meninggal seketika namun jasadnya baru ditemukan 34 tahun setelahnya.


6Terkubur Hidup-Hidup

rekorduniatragis6

Meski tidak ada rekor tentang waktu terlama manusia bisa dikubur hidup-hidup, pesulap Srilanka bernama Janaka Basnayake ingin mengukir rekor tersebut untuk yang pertama kali. Tahun 2012, dia dibantu oleh teman-temannya untuk menguburnya di lubang sedalam tiga meter. Tujuh jam telah berlangsung, dan telah tiba saatnya untuk mengeluarkan Janaka. Namun yang ditemukan malah Janaka yang sudah tidak bernyawa lagi akibat mati lemas. Meski telah berupaya memberikan pernapasan buatan dan dibawa ke rumah sakit, Janaka sudah tidak tertolong lagi.


5Skydive

rekorduniatragis5

Di tahun 2014, demi mengalahkan rekor skydive dengan peserta terbanyak yaitu 110 orang, 222 skydivers terjun dari ketinggian 6000 meter. Naas, parasut milik Diana Paris (46 tahun) gagal terbuka dan dia sudah terlanjur terlalu dekat dengan tanah untuk parasut cadangannya bekerja. Diana adalah skydiver yang sangat berpengalaman setelah sebelumnya terjun sebanyak 1500 kali sepanjang hidupnya. Diana meninggal di saat itu juga.


4Festival Balon

rekorduniatragis4

Sebenarnya festival ini sangat mengagumkan dengan rekor 1.4 juta balon helium dilepaskan di waktu yang sama ke langit Cleveland, Ohio. Sayangnya, peristiwa di tahun 1986 ini ternyata memiliki konsekuensi yang sungguh serius, menyebabkan kerusakan bernilai jutaan dolar Amerika, dan juga nyawa dua orang pemancing. Helikopter milik tim SAR yang saat itu sedang dalam misi menyelamatkan dua pemancing setelah perahunya tenggelam tidak bisa terbang di antara balon-balon tersebut. Terlebih lagi, mereka kesulitan mencari pemancing tersebut karena mereka sulit membedakan antara balon yang berserakan di air dan kepala manusia.


3Diving

rekorduniatragis3

Rekor dunia penyelaman paling dalam tanpa kaki katak ataupun tabung oksigen adalah 124 meter. Mencengangkan bukan? Di tahun 2013, pemuda 32 tahun bernama Nicholas Mevoli berambisi untuk mengalahkan rekor ini dan menjadi orang Amerika pertama yang bisa menembus kedalaman lebih dari 100 meter. Para penonton menunggu dengan cemas setelah Nicholas berada di dalam air selama 3 menit dan 38 detik. Saat itu dia baru mencapai kedalaman 74 meter. Nicholas terlihat baik-baik saja ketika dia muncul kembali ke permukaan, namun lalu pingsan dan sempat diberikan pernapasan buatan selama 90 menit. Tapi nyawanya tidak tertolong lagi.


2Mengelilingi Dunia dalam 30 Hari

rekorduniatragis2

Di tahun 2014, bapak dan anak bernama Babar dan Haris Suleman mencoba mematahkan rekor mengelilingi dunia dengan pesawat ber-mesin satu. Penerbangan mereka juga dimaksudkan untuk mengumpulkan sumbangan atau dana untuk membiayai edukasi anak-anak Pakistan yang kesulitan. Mereka berencana mendarat sebanyak 25 kali saja untuk mengisi bensin sepanjang perjalanan 43 ribu km-nya, yang mereka harap dapat diselesaikan dalam waktu 30 hari. Tragedi melanda, dan mereka kehilangan kontrol di atas Samudra Pasifik menewaskan keduanya. Sampai saat ini, jasad dari Babar, ayah Haris, tidak ditemukan.


1Sepeda Motor

rekorduniatragis1

Pria berusia 45 tahun dari Iran, Javad Palizbanian, mencoba untuk mencetak rekor dunia melompati bus dengan motor di tahun 2005. Pada tahun 1975, Evel Knievel memegang rekor ini setelah melompat sepanjang 30 meter dan melewati 14 bus, dan di tahun 1999, rekor ini dipatahkan oleh Bubba Blackwell yang berhasil melompati 15 bus. Usaha Javad kali ini memang termasuk sangat ambisius, dia ingin melompati 22 bus atau sama juga dengan jarak 63 meter. Tragisnya Javad menabrak bus ke-13 dan meninggal seketika.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!