Unik & Aneh

Nyata! 10 Wanita Pemain Sirkus ini Memiliki Tubuh yang Sangat Langka

Wanita selalu diibaratkan sebagai dewi dengan pesona yang memikat hati dan penampilan fisik yang menawan. Keindahan dan kemolekan tubuh wanita selalu menjadi dambaan dan impian semua orang, tetapi ada beberapa orang yang terlahir dengan keadaan yang berbeda, seperti kelainan pada fisik. Tak jarang orang-orang beranggapan bahwa keadaan itu adalah suatu bencana. Sepuluh wanita pemain sirkus di bawah ini punya pendapat berbeda tentang keadaan fisiknya. Penampilan mereka yang beda dari yang lain justru membuat mereka sukses.


10Marry Ann Bevan, The Ugliest Woman

wanitapemainsirkus10

Marry Ann Bevan lahir di London, Inggris pada 20 Desember 1874 dari keluarga sederhana dengan 8 saudaranya. Pada mulanya, Marry hanyalah seorang wanita biasa seperti kebanyakan wanita Inggris lainnya, ia berkarir sebagai perawat di rumah sakit lalu menikah dan mempunyai 3 orang anak. Tetapi, sesaat setelah ia menikah pada usia 32 tahun, penyakit aneh yang disebut Acromegaly menyerang tubuh wanita ini. Penyakit akibat kelainan hormon ini menyebabkan pembengkakan di tubuhnya dan pertumbuhan pada tulang terutama di wajah, tangan dan kaki. Setelah kematian suaminya, ia mengikuti sebuah kontes “Homeliest Woman” dan menjadi pemenang dalam kontes tersebut. Pada tahun 1920, Sam Gumpertz, seorang produser sebuah sirkus merekrutnya menjadi salah satu pemain sirkus atau freak show di Coney Island. Sejak saat itu dia dikenal sebagai The Ugliest Woman in the World.


9Josephine Clofullia, The Bearded Lady

wanitapemainsirkus9

Josephine Clofullia atau Madam Clofullia adalah seorang pemain sirkus terkenal dari Swiss. Ia lahir pada tahun 1827 dan sudah memulai karirnya sebagai pemain sirkus sejak usianya 8 tahun. Madam Clofullia terlahir dengan banyak rambut pada tubuhnya dan di usia 8 tahun, jenggot pada wajahnya mulai tumbuh. Karena keunikannya itu, ia menjadi pemain sirkus terkenal dan saat usianya 14 tahun ia mulai tour keliling eropa bersama sirkusnya P.T. Barnum’s. Banyak yang menduga jika Madam Clofullia adalah seorang laki-laki, tapi ia memiliki 2 orang anak dan juga suami yang akhirnya menjadi pemain freak show di American Museum.


8Alice Elizabeth Doherty, Minnesota Woolly Girl

wanitapemainsirkus8

Lahir pada tanggal 14 Maret 1887 di Menneapolis, Alice memiliki wajah yang ditumbuhi oleh rambut yang membuatnya menyerupai seekor singa. Kelainan yang dideritanya ini disebut dengan Hypertrichosis lanuginose, adalah kondisi langka dimana bulu-bulu halus pada wajah tumbuh tak terkontrol. Padahal sebelumnya rambut-rambut yang tumbuh hanya terdapat disekitar tengkuk Alice. Kemudian, diusianya yang ke-5 tahun, rambut-rambut tersebut mulai tumbuh pada bagian wajahnya dengan panjang sekitar 9 inci sampai ia beranjak dewasa. Alice Doherthy memulai karirnya di bidang pertunjukkan sejak usianya 2 tahun dan di-menajeri oleh ibunya sendiri. Keunikan penampilannya inilah yang membuat gadis riang tersebut terkenal. Alice sering membuat pertunjukkan solo, hingga di tahun 1800 ia memutuskan mundur dari dunia entertainment yang sebenernya bukan kemauan dirinya.


7Daisy dan Violet Hilton

wanitapemainsirkus7

Kembar siam keturunan Inggris yang bernama Daisy Hilton dan Violet Hilton ini lahir pada tanggal 5 Februari 1908. Pinggul mereka saling menyatu, dan uniknya mereka hanya memiliki 1 organ penting untuk menyeimbangkan kehidupan dua tubuh itu. Sejak usianya kanak-kanak, mereka telah bergabung dalam acara freak show di daerah tempat tinggalnya. Kepopuleran mereka mulai naik saat kembar siam cantik ini di pamerkan dalam pameran di Eropa, sampai akhirnya mereka melakukan sideshow tour di US dan menjadi pemain di American Burlesque Circuit pada tahun 1920-1930-an. Sayangnya, kisah cinta mereka tidak berakhir dengan bahagia, setelah kembaran ini menikah kontrak dengan 2 pria gay dan rahasia mereka bocor ke publik. Alhirnya mereka memutuskan untuk hengkang dari dunia sirkus dan menghabiskan hidupnya di sebuah rumah dan bekerja di sebuah toko. Lebih tragis lagi, pada tahun 1969 polisi menemukan mereka dalam keadaan tak bernyawa karena virus Hong Kong flu.


6Frances O’Connor, The Living Venus

wanitapemainsirkus6

Frances O’Connor lahir di Renville County, Minnesota 8 September 1914. Frances lahir dengan keadaan cacat tanpa kedua lengan. Walaupun begitu, hal tersebut tidak membuat hidupnya terpuruk. Frances adalah seorang yang supel dan memiliki inner beauty yang amat besar. Ia mulai belajar melakukan segala hal dengan menggunakan kakinya. Berkat keahlian Frances menggunakan kakinya dalam melakukan berbagai aktifitas, ia memulai karirnya di Wyoming bersama dengan Al G. Barnes Circus, didampingi oleh ibunya yang saat itu menjabat menjadi managernya. Setelah beberapa tahun, Frances mulai bermain di Ringling Bros dan Barnum&Bailey. Pada tahun 1940, Frances dijuluki The Living Venus De Milo karena perawakan dan penampilannya yang sangat menarik. Setelah umurnya beranjak tua, Frances lebih memilih untuk traveling ke tempat-tempat ramai dan menarik.


5Koo-koo, The Bird Girl

wanitapemainsirkus5

Koo-koo the bird girl yang bernama asli Minnie Woolsey lahir pada tahun 1880 di Rabun County, Georgia. Sebelum Minnie menjadi terkenal dalam beberapa freak shows, Minnie pernah masuk di rumah sakit jiwa dan di keluarkan oleh seorang produser untuk menjadi pemain dalam freak show. Inilah lahirnya nama Koo-koo The Bird. Penampilannya yang terlihat berbeda dari kebanyakan perempuan ini disebabkan oleh penyakit yang dideritanya, yaitu kelainan pertumbuhan kerangka atau Virchow-Seckel Syndrome. Penyakit ini mengakibatkan ia terlihat pendek, kepala yang kecil seperti burung, serta hidung seperti paruh dan mata yang besar namun rabun. Minnie juga memiliki telinga yang cukup besar. Ia juga tidak memiliki gigi. Saat tampil dalam freak show, Minnie selalu menggunakan pakaian tradisional Amerika dari suku Indian. Pada tahun 1932 dia membintangi film yang berjudul Freaks.


4Ella Harper, The Camel Girl

wanitapemainsirkus4

Ella Harper adalah seorang gadis remaja yang dikenal sebagai “The Camel Girl”, lahir pada tanggal 5 Januari 1870 di Summer County, Tennessee. Gadis remaja ini memiliki kelainan pada kedua kakinya, kedua lutut gadis ini terbalik sehingga ia harus berjalan dengan kedua kaki dan tangannya, karena itu ia disebut dengan “Camel Girl” atau gadis unta. Pada tahun 1886 ia mejadi bintang dalam sebuah sirkus W.H. Harris’s Nickel Plate Circus dan fotonya selalu ada di dalam koran setempat. Ella menjadi pemain sirkus dengan bayaran tertinggi sekitar $200 per minggu saat itu.


3Myrtle Corbin, Four Legs Girl

wanitapemainsirkus3

Myrtle Corbin atau Josephine Myrtle Corbin lahir pada 12 Mei 1868 di Lincoln County, Tennessee. Myrtle lahir dengan keadaan yang sangat unik. Bayangkan saja, ia terlahir dengan 4 kaki: 2 kaki normal kanan dan kiri, lalu ekstra 2 kaki lagi namun lebih kecil yang terletak di antara kaki-kaki normalnya. Dan yang lebih uniknya lagi, semua kakinya itu bisa berfungsi, walaupun 2 kaki di tengahnya lebih lemah. Di dalam dunia medis, keadaan Myrtle ini disebut dengan Posterior Dichotomy. Di usianya yang ke-13, ia memulai karirnya di dunia sirkus. 6 tahun kemudian ia berhenti bekerja dan menikah dengan suaminya di usia 19 tahun dan melahirkan 5 orang anak.


2Mademoiselle Gabrielle, The Half Lady

wanitapemainsirkus2

Seperti julukannya, “The Half Lady” Mademoiselle hanya hidup dengan setengah tubuhnya sejak ia lahir pada tahun 1884 di Basel, Switzerland. Meski begitu, Madam Moiselle tidak pernah ambil pusing atau pun mengeluh akan keadaannya. Sebaliknya, ia berusaha menunjukkan bahwa ia adalah seseorang yang spesial. Pada tahun 1900-an ia memulai karirnya di dunia sirkus atau freak show di Paris Universal Exposition 1900 sebagai “The Half Woman”. Tak lama kemudian ia melakukan perjalanan keliling Amerika bersama dengan Dreamland Circus Side Show, Ringling Bros dan Barnum&Bailey. Di tahun 1912 sosok Madam Moiselle mulai dilirik, karena statusnya mulai naik menjadi bangsawan setelah karirnya yang gemilang di New York’s Hammerstein Theater. Sosoknya yang rupawan membuat para lelaki jatuh hati padanya. Tercatat bahwa ia telah menikah 3 kali. Setelah pernikahan ketiganya, jejak Madam Moiselle sudah tidak diketahui lagi.


1Ruth Berry, The Penguin Lady

wanitapemainsirkus1

Ruth Berry atau biasa disebut Mignon, berasal dari Bahasa Prancis yang artinya ‘cute’. Mignon lahir pada tahun 1910 dan memiliki kondisi tubuh yang mirip dengan penguin. Ketidak-normalan tubuhnya tersebut terlihat dari ukuran tubuh Mignon yang sangat mungil, kedua kakinya yang tidak memiliki lutut dan kedua tangannya yang juga mungil. Kondisi tubuhnya yang mirip dengan bentuk penguin ini disebut Phocomelia, yaitu pengerdilan pada anggota badan dan fusi digitnya, dan juga jari-jari pada tangan Mignon menyatu menyerupai sirip. Di tempat sirkus Mignon memainkan alat Marimba dan ia pernah bermain siskus pada 1933 di Chicago, 1939 dan 1940 di World’s Fairs New York. Tercatat, Mignon pernah menikah 2 kali dan memiliki 1 orang anak dengan kondisi normal dari pernikahannya yang pertama. Di tahun 1950 ia menikah dengan rekan kerjanya, setelah itu Mignon pensiun di tahun 1960.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry