Budaya & Literatur Pengetahuan

Paling Seru, 10 Permainan Tradisional dari Indonesia Ini Wajib Kamu Coba

Indonesia merupakan negara yang terkenal akan kekayaan alam dan budayanya. Salah satu warisan budaya yang wajib dicoba adalah permainan tradisional. Berikut ini adalah 10 permainan tradisional dari Indonesia.


10Bentengan

Pada permainan bentengan, setiap kelompok akan menjaga benteng mereka masing-masing. Oleh karena itu, setiap kelompok minimal terdiri dari dua orang. Setelah membagi kelompok, dilakukan hompimpa untuk menentukan giliran pertma. Giliran pertama akan mengejar benteng lawan duluan. Permainan betengan mengharuskan pemainnya bergerak cepat.


9Gebok

Permainan ini bisa dimainkan oleh anak laki-laki maupun anak perempuan yang terdiri dari atas dua tim. Permainan dimulai dengan menggunakan bola tenis dan susunan batu. Tim akan menang jika berhasil menyusun batu tanpa mendapat gebokan dan sebaliknya. Permainan ini membantu meningkatkan kecerdasan emosional anak dan melatih sikap sportif sejak dini.


8Ular Naga Panjang

Permainan ini bisa dimainkan lebih dari tujuh orang. Rertama, tentukan dua orang yang menjadi penjaganya, sisanya berbaris dan berjalan melewati penjaga. Setelah menyanyikan lagu ular naga hingga selesai penjaga menangkap satu orang dan begitu seterusnya hingga menjadi dua kelompok. Baru setelah itu tiap kelompok berbaris untuk menagkap ekor naga lawan.


7Lompat Tali

Permainan lompat tali biasanya menggunakan karet yang dirangkai menjadi panjang. Permainan ini biasanya dimainkan oleh lebih dari dua orang. Dua orang bertugas memegang tali dan cara bermainnya tali ditaruh mulai dari paling bawah lalu lompat dan seterusnya hingga tali sampai ditaruh di atas kepala.


6Kelereng atau Gundu

Kelereng merupakan kaca bening yang berbentuk bulat dan biasanya permainan ini dimainkan oleh anak laki-laki. Cara bermainnya cukup dengan menyentil kelereng yang dimiliki dengan target mengenai kelereng lawan. Jika berhasil, kelereng lawan pun dapat dimiliki. Permainan ini akan semakin asik jika dimainkan ramai-ramai.


5Egrang

Egrang merupakan permainan yang memerlukan keterampilan dan sudah terbiasa menjaga keseimbangan saat memainkannya. Egrang merupakan dua tongkat panjang yang bagian tengahnya diberi pembatas. Cara memainkannya yaitu dengan naik keatas pijakan pada egrang, jika jatuh maka pemain akan diberi hukuman.


4Engklek

Engklek merupakan salah satu permainan tradisional yang hingga saat ini masih sering dimainkan hampir di seluruh wilayah Indonesia meskipun mungkin namanya berbeda-beda untuk setiap daerah. Engklek dapat dimainkan oleh perempuan maupun laki-laki dan dapat dimainkan dua orang saja atau maksimal lima orang.


3Petak Umpet

Petak umpet merupakan permainan yang harus dilakukan oleh lebih dari dua orang. Cara memainkannya cukup jadikan satu orang sebagai penjaga, lalu pemain lainnya bersembunyi. Setelah itu, penjaga harus menutup matanya dan menghitung sampai sepuluh. Selagi penjaga berhitung pemain lainnya harus bersembunyi. Setelah itu, penjaga harus mencari para pemain yang bersembunyi.


2Bentik atau Gatrik

Bentik atau gatrik merupakan permainan tradisional yang dimainkan oleh dua kelompok yang mana masing-masing kelompok terdiri atas minimal dua orang. Alat yang dibutuhkan yaitu dua potong bambu berukuran kecil dan yang satunya berukuran 30 cm. Setelah itu, letakkan bambu besar diantara dua batu, lalu pukul dengan bambu kecil.


10Bola Bekel

Cara memainkan permainan tradisional ini butuh keahlian khusus karena tidak semudah yang dibayangkan. Beberapa benda yang harus dipersiapkan terlebih dahulu di antaranya adalah bola bekel dan enam biji yang disebut bekel. Permainan ini terdiri dari beberapa level. Semakin tinggi level permainan kamu, maka akan semakin sulit.

Semoga artikel ini dapat memberi manfaat serta menambah wawasan mengenai kekayaan budaya Indonesia terutama mengenai permainan tradisional di Indonesia. Selamat mencoba!

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry