Kuliner Sejarah

Penggemar Donat Harus Tahu 10 Fakta Unik Berikut Ini

Siapa yang tak kenal donat? Kue berbentuk bulat dengan lubang ditengahnya ini memiliki tempat tersendiri dihati penggemarnya. Sensasi gigitannya yang lembut dengan aneka macam topping yang pecah di lidah membuat siapapun yang mencicipi tak mudah untuk melupakannya.

Kue donat yang selama ini sering kita makan ternyata sudah ada sejak zaman dahulu kala. Pernahkah pula Anda berpikir bagaimana bisa ada sebuah kue populer di dunia memiliki lubang di tengahnya? Seperti apa pula perkembangan donat dari masa ke masa?


10Berawal dari Olykoeks

sejarahdonat10

Cikal bakal kue donat sebenarnya sudah ada sejak pertengahan abad ke 19. Saat itu, terdapat sejenis kue yang disebut dengan olykoeks. Olykoeks merupakan kepanjangan dari oily cakes atau kue yang digoreng. Orang – orang Belanda kuno sangat menyukai kue berbentuk bulat ini dan mencampurnya dengan campuran daging.

Orang-orang Belanda kuno ini kemudian membawa Olykoeks ke Amerika. Penyajian olykoeks kala itu juga dapat disajikan dengan apel atau kismis dibagian tengah. Akan tetapi, terdapat permasalahan dalam menikmati olykoeks kala itu. Orang yang ingin menyantapnya seringkali kesal karena bagian tengah olykoeks seringkali tidak matang.


9Asal usul nama Doughnut

sejarahdonat9

Pada tahun 1847, Elizabeth Gregory dari Inggris, terkenal sebagai seseorang yang pandai membuat olykoeks yang lembut. Ternyata resep rahasianya selama ini adalah dengan menambahkan sedikit pala dengan tambahan hazelnut dan walnut dibagian tengahnya. Ia kemudian menamainya dengan dough-nut (dough, adonan) dan (nut, kacang).


8Mengapa donat bolong di bagian tengahnya?

sejarahdonat8

Asal muasal mengapa donat bolong dibagian tengahnya hingga kini menjadi perdebatan dan memiliki banyak versi. Namun, salah satu versi yang terkenal adalah ketika Elizabeth Gregory membawakan bekal doughnut untuk anaknya, Kapten Hanson Crockett Gregory yang saat itu sedang melakukan perjalanan melalui jalur laut.

Elizabeth juga membawakan resep-resep donat tersebut. Namun, saat itu, Kapten Hanson memiliki kesulitan untuk makan donat sedangkan ia sedang mengemudi kapal. Kemudian, secara cepat ia menusuk bagian tengah donat tersebut dengan senjata tajam dan mengaitkannya disela-sela kemudi kapal.

Kapten Hanson kemudian dapat dengan mudah memakan donatnya tersebut. Ia kemudian memerintahkan kepada koki-koki kapal untuk menghilangkan saja bagian tengah donat tersebut.


7Donat pada masa Perang Dunia I

sejarahdonat7

Selama Perang Dunia I, donat memiliki tempat yang istimewa dihati rakyat Amerika. Orang-orang muda Amerika yang bertempur dan berperang akan dijamu dan disajikan donat oleh orang-orang Perancis sebagai tanda dan peringatan kembalinya ke rumah.


6Doughnut Boys and Doughnut Girls

sejarahdonat6

Setelah perang dunia berakhir pun donat masih menjadi salah satu makanan terfavorit. Menurut buku Glazed America yang ditulis oleh Paul Mullins, resep donat pertama kali justru ditemukan pada tahun 1803. Donat juga tidak pernah terlepaskan dari suasana perang dunia.

Donat juga menjadi penyelamat disaat perang. Wanita-wanita yang memasak donat untuk tentara yang akan berperang kemudian dikenal dengan sebutan Doughnut Girl. Mereka juga mendistribusikan donat ke rumah-rumah. Tentara-tentara yang memakan donat ini juga merasa seperti di rumah jika memakan donat tersebut. Oleh sebab itu, mereka disebut dengan Doughnut boy.


5Donat diproduksi massal

sejarahdonat4

Setelah Perang Dunia I berlalu, donat menjadi salah satu makanan favorit. Donat kemudian diasosiasikan sebagai snack saat nonton film. Tingginya permintaan akan donat menjadikannya sebagai salah satu makanan yang dijadikan sebagai ladang bisnis.


4Mesin pembuat donat

sejarahdonat5

Saat itu, donat diproduksi dengan cara manual. Pembuatan donat dibuat dengan menggunakan tenaga manusia hingga tahun 1920. Seorang pengungsi dari Rusia yang tinggal di New York, Adolph Levitt, kemudian menggunakan mesin pembuat donat untuk pertama kalinya.

Adolph yang merupakan penjual donat goreng di toko rotinya ini didesak oleh para pelanggannya supaya dapat menciptakan mesin pembuat donat. Mengingat membuat donat dengan manual membutuhkan waktu yang cukup lama.


3Berdirinya usaha kafe donat

sejarahdonat3

William Rosenberg (1916-2002) adalah seorang pengusaha kuliner yang menjual snacks dengan menggunakan truk bekas di Massachusetts. Ia sendiri berjualan di sekitar area pabrik. Selama ia berjualan, ia menyadari bahwa 40 persen pembeli membeli donat dan kopi. Pada tahun 1948, Rosenberg mendirikan usaha kafe donat yang dinamakan Open Kettle di Massachusetts. Toko yang sederhana ini lama kelamaan berkembang menjadi pesat.

Namun, pada dua tahun kemudian, ia memutuskan untuk mengganti nama toonya menjadi ‘Dunkin Donut’. Setelah lima tahun, ia mulai mewaralabakan usahanya. Hingga kini, Dunkin Donut menjadi kafe donat raksasa dengan banyak cabang di dunia.


2National Doughnut Day

sejarahdonat2

Donat yang sudah terlanjur memiliki tempat istimewa di hati penggemarnya ini bahkan memiliki hari peringatannya tersendiri. Terdapat tiga hari perayaan donat yang berbeda-beda yaitu International Jelly Filled Doughnut Day pada tanggal 8 Juni, National Cream Filled Doughnut Day yang dirayakan tanggal 14 September, dan Buy A Doughnut Day yang diperingati pada tanggal 30 Oktober.

Di Amerika Serikat sendiri, perayaan hari donat nasional ditandai dengan membagi-bagikan donat dengan gratis kepada pelanggan.


1Perkembangan donat di Indonesia

sejarahdonat1

Restoran donat pertama kali berdiri di Indonesia pada tahun 1985 di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat. Restoran donat tersebut semakin lama semakin berkembang hingga membuka gerai dan cabang di seluruh Indonesia. Meskipun peringatan hari donat kurang populer di Indonesia, namun penggemar setia donat tergolong cukup banyak. Bahkan, di Indonesia, penyajian dan citarasa donat cukup bervariatif. Sebut saja donat bakar hingga donat kentang.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.