Flora & Fauna

Perkenalkan, Inilah 10 Spesies Laba-Laba Terunik dan Mengagumkan!

Laba-laba adalah salah satu serangga yang paling sering manusia temui hampir diseluruh belahan dunia. Hewan ini memang biasa dikenal dengan keahlian mereka dalam membangun sarang dari jaring yang diproduksi sendiri oleh tubuh mereka, dimana membuat menjerit para kaum hawa pun adalah salah satu keahlian dari hewan yang satu ini.

Tahukah sobat? Ternyata laba-laba memiliki banyak jenis yang unik, mengagumkan, dan sensasional loh yang akan saya coba bagikan kepada sobat Tentik semua.


10Bagheera kiplingi

Laba-laba biasanya adalah seekor serangga karnivora yang akan memakan hampir semua serangga yang terjerat di jaringnya atau di dalam teritorinya. Tapi ternyata sobat, ada laba-laba pemakan tumbuhan juga loh!

Bagheera kiplingi pertama kali ditemukan di wilayah Meksiko dan Costa Rika, laba-laba ini memakan protein dari Beltian yang kaya akan lipid, ekstensi kecil yang ditemukan di ujung dedaunan akasia tempat spesies ini hidup. Ekstensi tersebut tampaknya dapat memberikan makanan yang cukup untuk hewan yang sangat unik ini tanpa harus menjadi predator layaknya spesiesnya yang lain. Vegetarian nih!


9Laba-Laba Pelikan

Laba-Laba Pelikan bisa sobat jumpai di Australia, Madagaskar, dan Afrika Selatan, yang menjadikan hewan ini sebagai standar baru “yang aneh” dalam kemajuan evolusi dari Arthropoda.

Terlihat seperti tiruan kecil dari burung Pelikan, Laba-Laba Pelikan telah secara dramatis memperpanjang bagian dari leher rahangnya, dengan kepala di atas leher yang memiliki bentuk sudut seperti pelikan asli.

Uniknya lagi ya sobat, Laba-Laba Pelikan ini lebih sering memangsa laba-laba lain. Ia menangkap mangsanya dengan menggoyangkan jaring korban seolah-olah ada mangsa yang tertangkap, begitu mangsa mendekat ia langsung menyerangnya dengan menyuntikan racun dan membawanya pergi untuk disantap. Cerdas sekali ya!


8Jotus Remus

Laba-laba lompat Australia (Jotus remus) jantan ditemukan pada tahun 2014 oleh fotografer Australia dan anggota staf Departemen Pertanian Australia, Jurgen Otto, yang merasa khawatir kalau-kalau sang pejantan akan diserang oleh betina saat musim kawin.

Laba-laba ini memiliki dayung kecil di dua kaki yang dimodifikasi khusus, yang melambai saat bermain “petak umpet” di balik daun untuk mengesankan betina (seperti permainan Ciluk ba saja ya).

Dayung tersebut adalah struktur yang menonjol sebagai aset unik di antara laba-laba lain yang telah di identifikasi oleh para ilmuwan.

Fase “ciluk ba” ini akan berlanjut hingga sang betina cenderung berada dalam posisi reseptif dan kurang rentan untuk tiba-tiba menyerang pejantan. Pada titik ini, jantan berhenti bersembunyi dan kawin dengannya setelah itu melarikan diri agar tidak di mangsa sang betina seperti kebanyakan spesies laba-laba lainnya. Cerdik juga ya!


7Laba-Laba Pasir Bermata Enam

Laba-Laba Pasir Bermata Enam (Sicarius hahni) adalah keajaiban alam yang kurang dikenal dan juga menakutkan yang berasal dari gurun pasir di wilayah selatan benua Afrika. Nama latin hewan ini didapat dari naturalis asal Jerman, Carl Wilhelm Hahn.

Laba-laba berwarna pasir ini memiliki metode berburu yang unik, ia dengan cepat mengubur dirinya sendiri di pasir untuk menunggu mangsa melewatinya dan akan langsung ia sergap.

Mengerikannya ya sobat, Laba-Laba Pasir Bermata Enam memiliki racun nekrotik, dengan efek pada manusia yang belum sepenuhnya diketahui. Gigitan laba-laba ini berakibat fatal bagi kelinci dalam waktu 5 hingga 12 jam menurut hasil tes. Sementara tidak ada kematian pada manusia yang dikonfirmasi telah terjadi, tapi kehilangan anggota tubuh dan kematian berpotensi terkait dengan spesies ini. Dengan racun hemolitik dan nekrotik yang menyebabkan kebocoran di pembuluh darah sambil menghancurkan daging melalui kematian sel langsung, menjadikannya spesies laba-laba paling berbahaya di dunia, yang semakin didukung oleh belum adanya anti racun dari laba-laba ini!


6Laba-Laba Ogre

Laba-laba tropis dan subtropis dalam genus Deinopis ini sangat unik karena memiliki wajah yang menakutkan (seperti Ogre) dan kemampuan berburu yang luar biasa.

Laba-laba ini memiliki dua Mata besar yang menyerupai sepasang teropong besar, dan enam mata kecil. mata yang lebih kecil memiliki kemampuan visual yang luar biasa seperti penglihatan malam yang luar biasa dan kejernihan pandangan, sehingga memungkinkan ia menemukan mangsa dengan tepat dan akurat.

Yang paling unik ya sobat, laba-laba ini menangkap mangsanya seperti nelayan. Ia menenun jaringnya seperti jaring nelayan lalu melemparnya untuk menangkap mangsanya, yang sedang berjalan ataupun sedang terbang didekatnya.Keren kan!


5Laba-Laba Peludah

Laba-Laba Peludah merupakan bentuk unik dari keistimewaan arakhnida. Laba-laba Peludah kekurangan “bahan” penghasil sutra yang umum bagi laba-laba biasa lainnya. Laba-Laba yang banyak hidup di hutan ini akan berlari mengejar mangsanya yang akan mereka tangkap dengan meludahkan campuran cairan lengket dan langsung menyuntikan racun yang akan melumpuhkan mangsa. Semakin besar mangsa, semakin besar jumlah lendir yang akan di “ludahi”nya ke mangsa. Ngeri-ngeri sedap ya!


4Laba-Laba Kebun Hitam dan Kuning

Laba-laba memiliki rupa yang hampir menyerupai hewan lain seperti pelikan, kalajengking, dan yang satu ini, menyerupai warna lebah penyengat.

Laba-laba ini mencari mangsa seperti kebanyakan spesiesnya, yakni membangun sarang lebar dengan jaringnya untuk menjebak mangsa yang tengah terbang melintas. Laba-Laba Kebun Hitam dan Kuning ini sebagian besar bisa sobat jumpai di wilayah Amerika Utara.

Uniknya ya sobat, Laba-Laba Kebun Hitam dan Kuning juga akan memangsa tawon dan lebah yang sangat mirip dengan penampilan mereka jika salah satu dari serangga bersengat tersebut terjebak di jaringnya. Sebuah akhir yang ironis!


3Laba-Laba Pembunuh Sowbug

Sowbug adalah sejenis kutu kayu yang sangat mengganggu manusia, dan laba-laba ini mungkin akan sangat disukai manusia karena mereka mampu membunuh Sowbug yang memiliki pelindung tubuh yang keras.

Laba-laba yang banyak hidup di wilayah Amerika Utara, Eropa, Inggris, dan Australia ini memiliki penampilan yang agak menakutkan dan kemampuan predator, dengan rongga dada kemerahan, kaki berwarna-warni, dan perut berwarna krem, laba-laba ini terlihat sangat halus dan berkilau dengan taring besar karena ukuran tubuhnya yang cukup besar.

Laba-laba ini akan mengintai dan menyergap Sowbug sebelum menyuntikkan racunnya. Taringnya yang panjang dan kuat akan mempermudah laba-laba ini untuk menembus pelindung tubuh Sowbug yang keras.


2Laba-Laba Ekor Kalajengking

Laba-Laba Ekor Kalajengking berasal dari Australia dan jika dilihat sepintar, sobat akan seperti melihat kalajengking yang tengah berjalan diatas jaring laba-laba.

Bentuk unik dari laba-laba ini hanya dimiliki oleh betina saja, dengan warna kuning dan tubuhnya yang besar.

Sang betinga memiliki organ tubuh seperti ekor Kalajengking yang memanjang dari perut yang melebihi ukuran perutnya.

Uniknya ya sobat, ketika terganggu, sang betinga akan mengeritingkan ekornya seperti kalajengking asli, mengintimidasi setiap predator yang mencoba untuk memakannya. Luar biasa ya!


1Laba-Laba Cambuk

Laba-laba cambuk (Argyrodes colubrinus) Australia memiliki delapan kaki seperti semua laba-laba normal, tetapi perut bundar khas laba-laba telah digantikan oleh bentuk seperti tongkat dengan panjang yang luar biasa dibandingkan lebar tubuhnya.

Sang betina dapat tumbuh hingga panjang 22 milimeter, sementara jantan hanya mencapai 13 milimeter saja, mungil sekali ya sobat!

Dibandingkan menunggu mangsa di jaringnya, laba-laba mungil ini lebih senang untuk terjun langsung menangkap mangsa dibawahnya. Laba-laba ini juga diketahui lebih sering memangsa laba-laba jantan dari spesies lain yang berukuran kecil.

Uniknya ya sobat, laba-laba ini sangat senang menyamar menjadi ranting patah di siang hari layaknya serangga batang. Keren!

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry