Unik & Aneh

Sadar Gak Kamu Kalau 10 Nama Barang Ini Sebenarnya Adalah Nama Merek!

Ternyata ada banyak sekali nama barang dalam kehidupan sehari-hari yang selama ini malah disebut dengan nama mereknya. Bahkan, nama itu pun hingga kini sudah akrab dan lazim diucapkan untuk menyebut benda tersebut, meski tidak banyak orang yang menyadari hal tersebut. Seperti 10 nama barang berikut ini, yang sebenarnya ternyata adalah nama merek.


10Softex

Meskipun orang-orang kemungkinan sudah tahu bahwa nama ini merupakan merek produk dari salah satu perusahaan, namun tetap saja masih ada yang menyebut pembalut dengan nama Softex tersebut. Mungkin, bisa saja karena terdengar lebih sederhana, atau biar tidak malu untuk menyebut pembalut terutama ketika berada di tempat umum dan banyak pria.


9Pampers

Oleh karena Pampers lebih dulu terkenal ketika popok bayi mulai sering dipakai oleh para orang tua di Tanah Air, maka hingga saat ini semua popok bayi selalu disebut dengan merek tersebut, meski masih ada banyak merek lainnya seperti Mamy Poko atau Merries. Padahal, kalau memang ingin lebih keren, sebutan yang benar adalah diapers dalam bahasa Inggris.


8Infocus

Semua orang lebih mengenal alat ini dengan nama infocus. Padahal, InFocus sendiri adalah nama merek dagang perusahaan asal Amerika Serikat yang menjual benda tersebut. Nama aslinya sendiri adalah proyektor. Sejauh ini, memang tidak banyak merek proyektor dari perusahaan lain yang bisa seterkenal produk InFocus, sehingga namanya pun lebih tenar.


7TOA

Banyak orang yang menyebut megafon atau pengeras suara dengan nama TOA, seperti yang tertulis pada benda tersebut. Mungkin tak sedikit pula yang berpikir nama TOA tersebut ada kepanjangannya. Padahal, TOA sendiri merupakan sebuah merek dagang dari salah satu perusahaan Jepang di bidang teknologi komunikasi, yang memproduksi telah alat tersebut.


6Tipp-Ex

Anak sekolahan di zaman komputer masih belum terlalu banyak, pasti akrab sekali dengan salah satu dari beragam alat tulis ini. Tipp-Ex bermanfaat untuk menghapus atau mengoreksi kesalahan tulisan tangan atau mesin ketik pada kertas, dengan menutupnya menggunakan cairan putih. Padahal, nama korektor itu ternyata adalah merek produk perusahaan Jerman.


5Odol

Orang-orang di Tanah Air sudah lazim menyebut pasta gigi dengan nama Pepsodent, salah satu merek yang memproduksi barang tersebut. Namun, jika menyebutnya dengan nama Odol, ternyata tetap salah juga. Tidak banyak mengetahui, bahwa Odol juga merupakan merek dagang pasta gigi dari Jerman yang dibawa oleh Belanda pada masa penjajahan.


4Pylox

Cat Pylox biasanya paling dicari saat kelulusan para pelajar SMA dan SMP, terutama di hari terakhir setelah mengikuti ujian akhir. Namun, para pelajar yang menggunakan cat ini untuk membuat berbagai tulisan kenangan di seragamnya itu pasti tidak menyadari bahwa Pylox merupakan nama merek. Benda ini sebenarnya bernama asli spray paint atau cat semprot.


3Pralon

Lebih dikenal dengan nama Pralon, pipa ini berfungsi untuk menyambungkan air dari satu titik ke titik yang lain. Padahal, namanya tersebut merupakan merek dagang dari perusahaan yang memproduksi pipa berbahan PVC tersebut. Menariknya lagi, ada pula orang-orang yang menyebutnya dengan nama Paralon. Sudah jelas nama merek, pengucapannya juga salah.


2Stabilo

Benda yang satu ini sepertinya memang sudah cocok dinamakan sebagai Stabilo, meskipun sebenarnya itu merupakan nama mereknya. Bahkan, walaupun sudah mengetahui nama aslinya, pasti akan lebih gampang itu menyebutnya sebagai Stabilo. Pasalnya, nama aslinya ‘highlighter’ kurang familiar di telinga dan susah disebut, terutama bagi warga Indonesia.


1Termos

Pasti tidak banyak yang tahu, ternyata termos adalah nama merek dari sebuah perusahaan yang sudah lama berdiri di Amerika Serikat. Perusahaan itu memang memproduksi tempat minuman air panas, dengan nama merek Thermos. Saking sudah terkenalnya, merek itu pun jadi lazim disebut sebagai nama benda yang sebenarnya bernama asli vacuum flask tersebut.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry